NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL

Jurnal Ilmiah Global EducationJurnal Ilmiah Global Education

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan kompetensi berpikir kritis siswa, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran fisika berbasis saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development), dan model pengembangan modul yang digunakan adalah model 4-D (four D model) yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan . Modul pembelajaran berbasis saintifik disusun agar peserta pembelajaran secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui 5 tahapan (mengamati), menanya (menwawancarai), mencoba (mencoba), menalar (menalar), dan mengkomunikasikan (communicating). Modul dinilai berdasarkan kelayakan materi, media, dan bahasa serta uji coba terbatas dan uji coba luas kepada siswa dan tahap penyebaran dalam forum MGMP. Pengumpulan data menggunakan angket analisis kebutuhan, angket validasi modul, angket respon uji coba (terbatas dan luas), angket respon disebarluankan, dan tes berpikir kritis. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) modul fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan kompetensi berpikir kritis siswa memiliki ciri yaitu tahapan pembelajaran pada modul disesuaikan dengan tahapan pembelajaran saintifik pada setiap tahapannya dan memuat soal tes berpikir kritis, (2) modul dikategorikan layak dengan hasil penghitungan (ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru, dan rekan) menunjukkan nilai rata-rata yaitu 85 > cut off 84. Selain itu, didukung oleh respon positif siswa dan hasil sosialisasi yang dilakukan dalam forum MGMP dengan kategori modul sangat baik. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa modul fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan kompetensi berpikir kritis siswa yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber sumber belajar fisika.

Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada tema fluida dinamis merupakan modul pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan sintaks pembelajaran berbasis saintifik.Modul dikatakan layak karena telah melalui beberapa uji kelayakan.Berdasarkan uji kelayakan, modul dikategorikan layak yang didukung dengan hasil perhitungan yang menunjukkan nilai rata-rata 85 lebih besar dari penilaian cut off 84, begitupula dengan hasil respon siswa pada uji terbatas dan luas setelah menggunakan modul mendapatkan respon mengkategorikan modul “sangat baik.Didukung juga dengan hasil uji disseminate yang dilakukan pada guru-guru MGMP Fisika SMA/MA sekabupaten Lombok Timur, mengkategorikan modul “sangat baik.

Sesuai dengan fokus penelitian pada pengembangan modul fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan berpikir kritis, satu ide penelitian lanjutan adalah meneliti bagaimana efektivitas modul serupa pada materi fisika lain seperti gerak atau termodinamika, dengan tujuan membandingkan tingkat peningkatan kompetensi siswa di berbagai subjek. Ide kedua adalah mengkaji dampak jangka panjang dari penggunaan modul saintifik pada siswa di jenjang pendidikan yang berbeda, seperti SMP atau universitas, untuk melihat apakah modul dapat disesuaikan dengan tingkat umur dan maturitas kognitif yang beragam. Sedangkan ide ketiga adalah mengintegrasikan teknologi digital dalam modul saintifik, misalnya melalui platform online interaktif, guna mengeksplorasi apakah kombinasi ini dapat meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas pembelajaran fisika dalam era digital, sekaligus mengatasi keterbatasan cetak tradisional yang ditemukan dalam pengembangan modul sebelumnya.

  1. #kritis siswa ipas#kritis siswa ipas
File size115.64 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test