POLTEKHARBERPOLTEKHARBER

Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis BrainstormingJurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Live learning experience bagi siswa di tingkat sekolah dasar dengan menggunakan media visual mampu menambah wawasan dan pengalaman belajar. Namun kegiatan tersebut tidak dapat dilaksanakan di masa pandemi COVID-19 karena mayoritas sekolah menerapkan pembelajaran daring. Berdasarkan hasil observasi, terdapat beberapa keterbatasan dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Selain itu, penggunaan media pembelajaran sains masih kurang diterapkan dalam pembelajaran dan mengingat pentingnya meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris bagi peserta didik, maka dipandang perlu untuk mengadakan suatu pelatihan guna meningkatkan keterampilan mengembangkan media pembelajaran visual pada pelajaran sains yang terintegrasi dengan Bahasa Inggris bagi guru sekolah dasar. Kegiatan ini bertujuan agar guru sekolah dasar mampu membuat media pembelajaran visual yang mudah dibuat dan digunakan pada saat pandemi.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut.Paparan mengenai penggunaan media pembelajaran IPA terintegrasi Bahasa Inggris memberikan penjelasan kepada para peserta pentingnya mengintegrasikan kedua pelajaran tersebut.Dengan kombinasi pembelajaran tersebut, siswa diberikan pemahaman IPA sekaligus menambah pengetahuan berbahasa Inggris.Materi yang diberikan pada pelatihan pengembangan media pembelajaran IPA Terintegrasi Bahasa Inggris mampu memberi pengetahuan baru kepada peserta serta meningkatkan kreativitas peserta untuk dapat mengembangkan mendia pembelajaran IPA Terintegrasi Bahasa Inggris yang kreatif dan inovatif serta dapat digunakan selama masa pandemi.Tim pelaksana Abdimas memperoleh manfaat berupa mengetahui bagaimana menggunakan keilmuan yang dimiliki dengan berperan dalam mengenalkan dan memberikan pemahaman terhadap ilmu dan informasi baru dalam memberikan pendampingan dan pelatihan pada para peserta, terutama guru terutama selama masa pandemi ini.

Berdasarkan hasil pengabdian ini, kami menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat fokus pada pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif, terutama dalam mengintegrasikan Bahasa Inggris dengan pembelajaran sains. Selain itu, penelitian juga dapat dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran yang telah dikembangkan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sains dan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Terakhir, penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi strategi-strategi pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa selama masa pandemi.

  1. #buku pelajaran bahasa inggris#buku pelajaran bahasa inggris
  2. #kemampuan bahasa inggris#kemampuan bahasa inggris
Read online
File size212.05 KB
Pages6
DMCAReport

Related /

ads-block-test