UNMUNM
International Journal of Language EducationInternational Journal of Language EducationPenelitian ini menganalisis entitas dan proses penulisan esai baik menggunakan maupun tidak menggunakan outline. Tujuannya adalah untuk mengetahui kualitas pengembangan ide pada dua esai dengan outline, dua esai tanpa outline, dan menilai perbedaan signifikan antara kedua kondisi tersebut. Metodologi eksperimental dengan desain faktor dan pengukuran berulang digunakan. Hasil menunjukkan bahwa strategi menggunakan outline secara signifikan lebih baik dibandingkan tanpa outline, serta temuan tersebut konsisten ketika dibandingkan dengan klasifikasi menggunakan maupun tidak menggunakan outline. Oleh karena itu, penulis sangat menekankan pentingnya strategi pra‑penulisan untuk menghasilkan kualitas pengembangan ide yang baik.
Penggunaan outline secara signifikan meningkatkan kualitas pengembangan ide pada esai mahasiswa dibandingkan tanpa outline.kedaliannya tidak memengaruhi perbedaan signifikan antara metode entity dan process.Di samping itu, kedua metode entity dan process, baik dengan maupun tanpa outline, tidak menunjukkan perbedaan signifikan.Karena itu, disarankan agar outline menjadi strategi pra‑penulisan penting bagi mahasiswa sebelum menulis esai, dan penelitian lebih lanjut mengenai aspek lain penulisan esai diperlukan.
Saran penelitian lanjutan pertama sebaiknya meneliti apakah variasi dalam detail alur outline—misalnya outline hierarki berlapis versus outline berbasis kata kunci—memengaruhi kualitas pengembangan ide pada mahasiswa menulis esai. Penelitian ini dapat dilaksanakan dengan perancangan eksperimen antara dua jenis outline, kemudian menilai peringkat pengembangan ide melalui penilaian trait primari. Saran kedua bertujuan untuk menerapkan studi longitudinal, meneliti apakah penggunaan outline secara regular meningkatkan keterampilan menulis esai secara berkelanjutan di kalangan sarjana setelah satu semester berturut‑turut. Model kuasi‑eksperimental dapat memanfaatkan pre‑ dan post‑tes serta observasi penulisan. Saran ketiga menyarankan evaluasi efektivitas perangkat lunak pembuat outline otomatis dibandingkan dengan metode manual, dengan mengukur kepuasan siswa, waktu pengerjaan, dan mutu struktur esai yang dihasilkan. Analisis semantik dan statistik tenaga kerja dapat menawarkan wawasan tambahan. Perbandingan antara konteks acak kelas dan kelas dengan fokus outline dapat menilai variabel demografis seperti jenis kelamin dan jurusan. Dalam semua studi tersebut penting bagi peneliti untuk menjaga reliabilitas penilai dan validitas instrumen penilaian.
| File size | 510.21 KB |
| Pages | 9 |
| Short Link | https://juris.id/p-4U |
| DMCA | Report |
Related /
UNHASUNHAS Sistem ini, meski dilaksanakan di lapangan terbuka, bertentangan dengan prinsip pemilu umum yang rahasia namun tetap menegaskan hubungan budaya politikSistem ini, meski dilaksanakan di lapangan terbuka, bertentangan dengan prinsip pemilu umum yang rahasia namun tetap menegaskan hubungan budaya politik
UNMUNM Penelitian ini memberikan kontribusi pada pendidikan bahasa dengan mendukung inovasi pedagogis yang selaras dengan tujuan pembangunan global. PendekatanPenelitian ini memberikan kontribusi pada pendidikan bahasa dengan mendukung inovasi pedagogis yang selaras dengan tujuan pembangunan global. Pendekatan
UNHASUNHAS Meskipun demikian, tantangan utama masih terletak pada biaya investasi yang tinggi dan keterampilan sumber daya manusia yang terbatas. Penelitian ini merekomendasikanMeskipun demikian, tantangan utama masih terletak pada biaya investasi yang tinggi dan keterampilan sumber daya manusia yang terbatas. Penelitian ini merekomendasikan
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar struktur aljabar dalam meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa dan (2) mengetahuiPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar struktur aljabar dalam meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa dan (2) mengetahui
UNMUNM Kualitas kertas ini memenuhi standar SNI untuk kertas kemasan ringan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kulit pisang dapat dimanfaatkan secara efektif sebagaiKualitas kertas ini memenuhi standar SNI untuk kertas kemasan ringan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kulit pisang dapat dimanfaatkan secara efektif sebagai
UNMUNM Empat dimensi kualitas pelayanan yaitu reliability, responsiveness, assurance, dan tangible terbukti memengaruhi kepuasan, sedangkan empathy tidak signifikan.Empat dimensi kualitas pelayanan yaitu reliability, responsiveness, assurance, dan tangible terbukti memengaruhi kepuasan, sedangkan empathy tidak signifikan.
UNMUNM Instrumen yang digunakan terutama instrumen manusia dan dokumentasi. Hasil tinjauan pustaka yang ekstensif menunjukkan bahwa 1) salah satu ciri utama Content-BasedInstrumen yang digunakan terutama instrumen manusia dan dokumentasi. Hasil tinjauan pustaka yang ekstensif menunjukkan bahwa 1) salah satu ciri utama Content-Based
UNMUNM TOEFL telah digunakan sebagai persyaratan bagi mahasiswa non‑native bahasa Inggris untuk melanjutkan studi di luar negeri, mendapatkan pekerjaan yangTOEFL telah digunakan sebagai persyaratan bagi mahasiswa non‑native bahasa Inggris untuk melanjutkan studi di luar negeri, mendapatkan pekerjaan yang
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan penilaian validator, LMEC yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran Mobil Listrik;Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan penilaian validator, LMEC yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran Mobil Listrik;
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Terakhir, penelitian dapat membandingkan efektivitas bermain peran dengan metode cerita atau gambar sebagai alat edukasi anti-korupsi, untuk mengetahuiTerakhir, penelitian dapat membandingkan efektivitas bermain peran dengan metode cerita atau gambar sebagai alat edukasi anti-korupsi, untuk mengetahui
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematisHasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
UNMUNM Melalui studi kualitatif pada 17 mahasiswa yang terlibat dalam presentasi politik selama satu semester, peneliti memantau dan mentranskripsi presentasiMelalui studi kualitatif pada 17 mahasiswa yang terlibat dalam presentasi politik selama satu semester, peneliti memantau dan mentranskripsi presentasi