UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar struktur aljabar dalam meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa dan (2) mengetahui kemampuan pembuktian matematis mahasiswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development approach dengan menggunakan model 4-D (Four-D Models). Subjek penelitian adalah mahasiswa IKIP PGRI Pontianak yang mengambil matakuliah struktur aljabar pada semester ganjil tahun akademik 2014/2015 yang terdiri atas satu kelas. Data dianalisis melalui perpaduan deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahan ajar struktur aljabar yang telah disusun tergolong valid baik dari segi kecermatan isi, ketercernaan, penggunaan bahasa, maupun perwajahan, dengan beberapa catatan perbaikan, (2) penggunaan bahan ajar struktur aljabar dapat mengembangkan kemampuan pembuktian matematis sebesar 18,84%.
Bahan ajar struktur aljabar yang dikembangkan valid secara isi, ketercernaan, bahasa, dan perwajahan, namun hanya mampu meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa sebesar 18,84%, yang tergolong rendah.Penggunaan bahan ajar saja tidak cukup untuk meningkatkan kemampuan pembuktian.perlu dipadukan dengan model pembelajaran yang aktif, seperti pembelajaran penemuan yang dipandu.Untuk mencapai hasil optimal, pembelajaran harus melibatkan diskusi kelas, presentasi pembuktian, dan interaksi dosen-mahasiswa yang mendukung konstruksi pemahaman konseptual.
Penelitian lanjutan dapat menguji seberapa efektif model pembelajaran penemuan yang dipandu dibandingkan dengan metode tradisional dalam meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa saat menggunakan bahan ajar struktur aljabar ini. Selain itu, perlu diteliti bagaimana pengaruh diskusi kelas terstruktur yang mendorong mahasiswa menjelaskan argumen pembuktian mereka terhadap peningkatan kualitas logika dan bahasa dalam bukti matematis. Terakhir, sebuah studi longitudinal dapat dilakukan untuk melihat apakah penguatan berkelanjutan terhadap enam kategori pembuktian—langkah awal, alur, konsep, argumen, ekspresi kunci, dan bahasa—dalam setiap pertemuan mampu membangun kebiasaan berpikir matematis yang lebih mendalam dan bertahan lama di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya meningkatkan skor tes tetapi juga membentuk kompetensi berpikir kritis yang melekat.
| File size | 624.31 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNUSAUNUSA Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelasMetode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas
UNYUNY Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA. Peningkatan ini ditandai dengan nilai post-testModel pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA. Peningkatan ini ditandai dengan nilai post-test
UNYUNY Kertas ini memenuhi Standar Nasional Indonesia untuk kertas tulis. Kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kertas yang ramah lingkungan. KertasKertas ini memenuhi Standar Nasional Indonesia untuk kertas tulis. Kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kertas yang ramah lingkungan. Kertas
UNMUNM Penggunaan outline secara signifikan meningkatkan kualitas pengembangan ide pada esai mahasiswa dibandingkan tanpa outline. kedaliannya tidak memengaruhiPenggunaan outline secara signifikan meningkatkan kualitas pengembangan ide pada esai mahasiswa dibandingkan tanpa outline. kedaliannya tidak memengaruhi
Useful /
UNUSAUNUSA SARS‑CoV‑2 berinteraksi dengan hemoglobin dalam sel darah merah, menyebabkan pemutusan rantai hemoglobin dan hemolisis. Indeks eritrosit yang meliputiSARS‑CoV‑2 berinteraksi dengan hemoglobin dalam sel darah merah, menyebabkan pemutusan rantai hemoglobin dan hemolisis. Indeks eritrosit yang meliputi
UNUSAUNUSA Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan heparin intravena pada dosis profilaksis menurunkan kadar D‑Dimer, nilai PT, dan APTT pada pasien COVID‑19,Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan heparin intravena pada dosis profilaksis menurunkan kadar D‑Dimer, nilai PT, dan APTT pada pasien COVID‑19,
UNUSAUNUSA Uji statistik selanjutnya memperlihatkan signifikansi data morfologi spermatozoa normal sebesar 0,001, data kepala spermatozoa abnormal 0,956, dan dataUji statistik selanjutnya memperlihatkan signifikansi data morfologi spermatozoa normal sebesar 0,001, data kepala spermatozoa abnormal 0,956, dan data
UNMUNM Berdasarkan konsep budaya kolaboratif Hargreaves dan Fullan (2012), penelitian ini menemukan bahwa kolegialitas buatan (contrived collegiality) lebih dominanBerdasarkan konsep budaya kolaboratif Hargreaves dan Fullan (2012), penelitian ini menemukan bahwa kolegialitas buatan (contrived collegiality) lebih dominan