UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar struktur aljabar dalam meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa dan (2) mengetahui kemampuan pembuktian matematis mahasiswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development approach dengan menggunakan model 4-D (Four-D Models). Subjek penelitian adalah mahasiswa IKIP PGRI Pontianak yang mengambil matakuliah struktur aljabar pada semester ganjil tahun akademik 2014/2015 yang terdiri atas satu kelas. Data dianalisis melalui perpaduan deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahan ajar struktur aljabar yang telah disusun tergolong valid baik dari segi kecermatan isi, ketercernaan, penggunaan bahasa, maupun perwajahan, dengan beberapa catatan perbaikan, (2) penggunaan bahan ajar struktur aljabar dapat mengembangkan kemampuan pembuktian matematis sebesar 18,84%.
Bahan ajar struktur aljabar yang dikembangkan valid secara isi, ketercernaan, bahasa, dan perwajahan, namun hanya mampu meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa sebesar 18,84%, yang tergolong rendah.Penggunaan bahan ajar saja tidak cukup untuk meningkatkan kemampuan pembuktian.perlu dipadukan dengan model pembelajaran yang aktif, seperti pembelajaran penemuan yang dipandu.Untuk mencapai hasil optimal, pembelajaran harus melibatkan diskusi kelas, presentasi pembuktian, dan interaksi dosen-mahasiswa yang mendukung konstruksi pemahaman konseptual.
Penelitian lanjutan dapat menguji seberapa efektif model pembelajaran penemuan yang dipandu dibandingkan dengan metode tradisional dalam meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa saat menggunakan bahan ajar struktur aljabar ini. Selain itu, perlu diteliti bagaimana pengaruh diskusi kelas terstruktur yang mendorong mahasiswa menjelaskan argumen pembuktian mereka terhadap peningkatan kualitas logika dan bahasa dalam bukti matematis. Terakhir, sebuah studi longitudinal dapat dilakukan untuk melihat apakah penguatan berkelanjutan terhadap enam kategori pembuktian—langkah awal, alur, konsep, argumen, ekspresi kunci, dan bahasa—dalam setiap pertemuan mampu membangun kebiasaan berpikir matematis yang lebih mendalam dan bertahan lama di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya meningkatkan skor tes tetapi juga membentuk kompetensi berpikir kritis yang melekat.
| File size | 624.31 KB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-54 |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Namun, di antara jutaan orang yang berbicara bahasa Inggris di Vietnam, banyak yang membuat kesalahan dalam pelafalan. Hal ini menciptakan ciri khas yangNamun, di antara jutaan orang yang berbicara bahasa Inggris di Vietnam, banyak yang membuat kesalahan dalam pelafalan. Hal ini menciptakan ciri khas yang
UNYUNY kedua, anak dengan kemampuan asosiasi tinggi memiliki literasi awal yang lebih baik dibandingkan yang memiliki kemampuan asosiasi rendah. ketiga, terdapatkedua, anak dengan kemampuan asosiasi tinggi memiliki literasi awal yang lebih baik dibandingkan yang memiliki kemampuan asosiasi rendah. ketiga, terdapat
UNYUNY Kontrol waktu bermain, khususnya menjaga agar durasi tidak melebihi tiga jam per hari, memungkinkan mahasiswa mempertahankan hubungan sosial di dunia nyataKontrol waktu bermain, khususnya menjaga agar durasi tidak melebihi tiga jam per hari, memungkinkan mahasiswa mempertahankan hubungan sosial di dunia nyata
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-efficacy, kemudian dianalisis secara non-parametrik. Hasil menunjukkanData dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-efficacy, kemudian dianalisis secara non-parametrik. Hasil menunjukkan
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi limbah kulit pisang sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan kertas. Metode yang digunakan meliputiPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi limbah kulit pisang sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan kertas. Metode yang digunakan meliputi
UNYUNY Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 BanguntapanJenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan
UNYUNY Metode kuasi eksperimen dengan desain pretest–posttest nonequivalent control group digunakan pada 72 siswa kelas XI di Kota Tasikmalaya. Data dikumpulkanMetode kuasi eksperimen dengan desain pretest–posttest nonequivalent control group digunakan pada 72 siswa kelas XI di Kota Tasikmalaya. Data dikumpulkan
UNYUNY Penggunaan perangkat (silabus dan RPP) pada uji coba terbatas memperoleh respon sangat baik dari observer serta respon sangat setuju dari peserta didik,Penggunaan perangkat (silabus dan RPP) pada uji coba terbatas memperoleh respon sangat baik dari observer serta respon sangat setuju dari peserta didik,
Useful /
UNYUNY Dengan rancangan kuasi-eksperimen kuantitatif, penelitian memanfaatkan observasi dan survei sebagai teknik pengumpulan data, dengan daftar cek dan SkalaDengan rancangan kuasi-eksperimen kuantitatif, penelitian memanfaatkan observasi dan survei sebagai teknik pengumpulan data, dengan daftar cek dan Skala
UNUSAUNUSA Hasil menunjukkan nilai p untuk natrium, kalium, dan klorin masing-masing adalah 0,719; 0,976; dan 0,772. Penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaanHasil menunjukkan nilai p untuk natrium, kalium, dan klorin masing-masing adalah 0,719; 0,976; dan 0,772. Penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Studi mengindikasi media sosial memengaruhi perkembangan kognitif anak secara bermacam-macam. Durasi terbatas penggunaan media sosial sebaiknya diimbangiStudi mengindikasi media sosial memengaruhi perkembangan kognitif anak secara bermacam-macam. Durasi terbatas penggunaan media sosial sebaiknya diimbangi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Data kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains dikumpulkan melalui tes berupa soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaranData kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains dikumpulkan melalui tes berupa soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran