UNMUNM
International Journal of Language EducationInternational Journal of Language EducationPenelitian ini meneliti nilai pembelajaran presentasi kelompok mingguan terhadap kemampuan fonologis mahasiswa tahun kedua jurusan Bahasa Inggris di sebuah universitas di Vietnam. Melalui studi kualitatif pada 17 mahasiswa yang terlibat dalam presentasi politik selama satu semester, peneliti memantau dan mentranskripsi presentasi untuk menilai perubahan pada pelafalan bunyi, stres kata, serta sikap peserta terhadap metode tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta menyadari manfaat presentasi kelompok, mengalami peningkatan dalam pelafalan, kepercayaan diri, dan kosakata politik, meskipun perbaikan bervariasi tergantung pada sikap individu.
Proyek presentasi kelompok terbukti menjadi perangkat pedagogik yang efektif untuk melatih pelafalan, meningkatkan kepercayaan diri, dan memperluas kosakata politik mahasiswa Vietnam.Meskipun terdapat perbaikan pada bunyi vokal, konsonan, dan stres kata, beberapa peserta masih mengalami kesulitan khususnya dalam penempatan stres dan pengucapan suku kata lemah.Hasil ini menegaskan pentingnya umpan balik terarah, pengelolaan kelompok berkemampuan campuran, dan kriteria penilaian yang konsisten untuk memaksimalkan manfaat presentasi dalam pembelajaran bahasa.
Penelitian lanjutan sebaiknya mengeksplorasi integrasi umpan balik teknologi berbasis audio visual pada proses presentasi kelompok, sehingga dapat memberikan koreksi pelafalan secara real‑time dan meningkatkan kesadaran fonologis peserta. Selanjutnya, perlu dilakukan studi longitudinal yang membandingkan dampak komposisi kelompok berkemampuan campuran selama beberapa semester, untuk menilai bagaimana interaksi antar tingkatan kemampuan memengaruhi perkembangan fonologi secara berkelanjutan. Selain itu, penelitian dapat membandingkan efektivitas umpan balik sejawat versus umpan balik guru terhadap perbaikan stres kata dan intonasi, menggunakan analisis akustik untuk mengukur perubahan yang terjadi, sehingga dapat merumuskan strategi feedback yang paling optimal dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di Vietnam.
| File size | 283.34 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNMUNM Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, program Bahasa Inggris direkomendasikan dengan tiga pilihan desain: berbasis Necessities (TSA), berbasis PSA, atauBerdasarkan hasil analisis kebutuhan, program Bahasa Inggris direkomendasikan dengan tiga pilihan desain: berbasis Necessities (TSA), berbasis PSA, atau
UNMUNM Sebuah kuesioner diberikan kepada 95 mahasiswa EFL junior untuk mengidentifikasi tipe kecerdasan dominan mereka di sebuah universitas swasta di Irak. BerdasarkanSebuah kuesioner diberikan kepada 95 mahasiswa EFL junior untuk mengidentifikasi tipe kecerdasan dominan mereka di sebuah universitas swasta di Irak. Berdasarkan
UNMUNM Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di RSUD Kabupaten Banyuwangi sebanyak 1. 200 orang, dengan sampel sebanyak 92 respondenPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di RSUD Kabupaten Banyuwangi sebanyak 1. 200 orang, dengan sampel sebanyak 92 responden
UNMUNM Temuan ini memberikan dasar ilmiah untuk strategi pengelolaan lingkungan dalam pencegahan penyakit tanaman padi. Fusarium menyebar optimal dalam kondisiTemuan ini memberikan dasar ilmiah untuk strategi pengelolaan lingkungan dalam pencegahan penyakit tanaman padi. Fusarium menyebar optimal dalam kondisi
Useful /
UMMUMM Kewenangan tersebut diberikan semata-mata untuk menghindari pengajuan kepailitan yang diajukan oleh kreditor atau pemegang saham kepada perusahaan efekKewenangan tersebut diberikan semata-mata untuk menghindari pengajuan kepailitan yang diajukan oleh kreditor atau pemegang saham kepada perusahaan efek
UNMUNM Kulit pisang memiliki kandungan selulosa tinggi sehingga layak menjadi bahan baku kertas. Proses delignifikasi efektif meningkatkan kualitas serat untukKulit pisang memiliki kandungan selulosa tinggi sehingga layak menjadi bahan baku kertas. Proses delignifikasi efektif meningkatkan kualitas serat untuk
UNMUNM Uji coba model di kelas Speaking menunjukkan peningkatan signifikan pada kompetensi lisan mahasiswa, terlihat dari pergeseran nilai dominan kategori DUji coba model di kelas Speaking menunjukkan peningkatan signifikan pada kompetensi lisan mahasiswa, terlihat dari pergeseran nilai dominan kategori D
UNMUNM Temuan penelitian ini menunjukkan adanya korelasi negatif kecil namun signifikan antara reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa.meskiTemuan penelitian ini menunjukkan adanya korelasi negatif kecil namun signifikan antara reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa.meski