UNMUNM

International Journal of Language EducationInternational Journal of Language Education

Penelitian ini meneliti nilai pembelajaran presentasi kelompok mingguan terhadap kemampuan fonologis mahasiswa tahun kedua jurusan Bahasa Inggris di sebuah universitas di Vietnam. Melalui studi kualitatif pada 17 mahasiswa yang terlibat dalam presentasi politik selama satu semester, peneliti memantau dan mentranskripsi presentasi untuk menilai perubahan pada pelafalan bunyi, stres kata, serta sikap peserta terhadap metode tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta menyadari manfaat presentasi kelompok, mengalami peningkatan dalam pelafalan, kepercayaan diri, dan kosakata politik, meskipun perbaikan bervariasi tergantung pada sikap individu.

Proyek presentasi kelompok terbukti menjadi perangkat pedagogik yang efektif untuk melatih pelafalan, meningkatkan kepercayaan diri, dan memperluas kosakata politik mahasiswa Vietnam.Meskipun terdapat perbaikan pada bunyi vokal, konsonan, dan stres kata, beberapa peserta masih mengalami kesulitan khususnya dalam penempatan stres dan pengucapan suku kata lemah.Hasil ini menegaskan pentingnya umpan balik terarah, pengelolaan kelompok berkemampuan campuran, dan kriteria penilaian yang konsisten untuk memaksimalkan manfaat presentasi dalam pembelajaran bahasa.

Penelitian lanjutan sebaiknya mengeksplorasi integrasi umpan balik teknologi berbasis audio visual pada proses presentasi kelompok, sehingga dapat memberikan koreksi pelafalan secara real‑time dan meningkatkan kesadaran fonologis peserta. Selanjutnya, perlu dilakukan studi longitudinal yang membandingkan dampak komposisi kelompok berkemampuan campuran selama beberapa semester, untuk menilai bagaimana interaksi antar tingkatan kemampuan memengaruhi perkembangan fonologi secara berkelanjutan. Selain itu, penelitian dapat membandingkan efektivitas umpan balik sejawat versus umpan balik guru terhadap perbaikan stres kata dan intonasi, menggunakan analisis akustik untuk mengukur perubahan yang terjadi, sehingga dapat merumuskan strategi feedback yang paling optimal dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di Vietnam.

File size283.34 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test