UGMUGM

Gadjah Mada International Journal of BusinessGadjah Mada International Journal of Business

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji model pembelajaran berbasis teknologi yang dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan metode kualitatif dan survey terhadap 100 siswa, temuan menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran meningkatkan keterlibatan siswa hingga 40% serta hasil belajar rata-rata sebesar 20%. Namun, terdapat keterbatasan dalam ketersediaan infrastruktur teknologi di daerah pedesaan yang memengaruhi penerapan model ini secara merata.

Model pembelajaran berbasis teknologi efektif dalam meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa.Penerapan model ini lebih optimal di daerah urban dan menengah-ke atas karena akses infrastruktur yang memadai.Keterbatasan utama terletak pada ketersediaan perangkat teknologi di daerah pedesaan.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran untuk pelajar dengan kebutuhan khusus. Kedua, pembelajaran berbasis teknologi perlu dikaji lebih lanjut dengan menggabungkan pendekatan hybrid antara tatap muka dan daring. Ketiga, pengembangan platform pembelajaran berbasis AI bisa menjadi arah studi untuk personalisasi materi belajar.

File size419.93 KB
Pages40
DMCAReportReport

ads-block-test