UNMUNM

International Journal of Language EducationInternational Journal of Language Education

TOEFL telah digunakan sebagai persyaratan bagi mahasiswa non‑native bahasa Inggris untuk melanjutkan studi di luar negeri, mendapatkan pekerjaan yang sesuai, dan lulus dari universitas. Mahasiswa sering menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan tes membaca TOEFL. Penelitian kuantitatif ini menyelidiki kesulitan mahasiswa sarjana dan strategi mereka dalam menyelesaikan tes pemahaman bacaan TOEFL. Data diperoleh dengan mengumpulkan lembar kerja mahasiswa atas tes TOEFL dan menyebarkan kuesioner terkait strategi pengambilan ujian yang digunakan oleh mahasiswa. Tiga puluh mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Syiah Kuala terlibat sebagai partisipan. Hasil menunjukkan lima aspek membaca yang sulit dihadapi mahasiswa. Selain itu, strategi mereka dalam menyelesaikan bagian pemahaman bacaan ujian TOEFL juga ditemukan. Temuan ini dibahas lebih lanjut dalam makalah ini.

TOEFL sering digunakan sebagai pengukuran tingkat kompetensi mahasiswa dalam menguasai bahasa Inggris.Ujian ini penting untuk memperoleh beasiswa, pekerjaan, dan lulus dari universitas.Untuk mencapai harapan tersebut, mahasiswa perlu menyadari kesulitan yang mungkin mereka hadapi dan menerapkan strategi tertentu guna mengurangi kesulitan TOEFL.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan terbesar pada pertanyaan detail implisit, menafsirkan kata melalui konteks, serta mengidentifikasi ide utama. Oleh karena itu, penelitian lanjutan dapat membandingkan efektivitas pelatihan strategi menyelesaikan pertanyaan detail implisit dengan penggunaan teknik berpikir kritis dalam situasi simulasi ujian. Selanjutnya, studi eksperimental dapat menilai pengaruh kombinasi latihan pemahaman dengan konteks dan strategi literal‑translation terhadap skor reading comprehension, sehingga diperoleh data kuantitatif mengenai metode yang paling memberi dampak. Terakhir, penelitian eksploratif dapat mengeksplorasi bagaimana peningkatan frekuensi latihan skimming dan scanning sebelum membaca teks dapat mengurangi waktu penugasan dan meningkatkan persepsi kendala waktu mahasiswa selama ujian TOEFL. Dengan tiga pendekatan ini, peneliti dapat mengisi kekosongan dalam literatur strategi pengajaran, memberikan wawasan praktis bagi pengembangan kurikulum, dan memperkuat dasar bukti bagi peningkatan skor TOEFL mahasiswa.

File size383.95 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test