STAIQSTAIQ

Jurnal Pena IslamJurnal Pena Islam

Penelitian ini mengkaji kompetensi pedagogik guru di SMA IT Rahmaniyah Al-Islami Cibinong Bogor melalui penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan di sekolah. Penelitian ini dilakukan dari bulan Oktober hingga April selama tahun ajaran 2021-2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru di sekolah tersebut mencakup berbagai aspek, seperti mengelola pembelajaran, pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan peserta didik. Faktor-faktor ini sangat penting untuk diterapkan dan dikembangkan oleh para guru di lingkungan pendidikan. Studi ini menyimpulkan bahwa kompetensi pedagogik memainkan peran mendasar dalam lembaga pendidikan, yang berdampak pada guru dan siswa. Studi ini merekomendasikan untuk mengadakan program pelatihan untuk meningkatkan elemen-elemen yang terkait dengan kompetensi pedagogik dan untuk mengatasi kesenjangan yang ada melalui pelatihan khusus.

Kompetensi pedagogik guru di SMA IT Rahmaniyah Al-Islami sudah cukup baik, meskipun ada beberapa kendala seperti pengembangan peserta didik yang kurang optimal akibat pembelajaran daring, penguasaan teknologi yang belum mumpuni, kurangnya koordinasi, keterlambatan mulai KBM, dan pengelolaan pembelajaran yang monoton.Kendala-kendala ini diatasi melalui evaluasi dalam rapat dewan guru, himbauan tentang tanggung jawab dan manajemen waktu, penyusunan jadwal pelatihan seperti micro teaching dan teknologi, serta teguran baik kepada guru yang bersalah.Secara keseluruhan, ruang lingkup kompetensi pedagogik mencakup kemampuan mengelola pembelajaran, pemahaman peserta didik, perencanaan, pelaksanaan dialogis, pemanfaatan teknologi, evaluasi, dan pengembangan peserta didik.

Penelitian lanjutan bisa menjelajahi bagaimana dampak negatif pembelajaran daring selama pandemi terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan pengembangan siswa di sekolah Islam, sehingga dapat mencari cara baru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik secara digital di masa depan. Selain itu, sebuah studi bisa mempertanyakan apakah program pelatihan berkala bagi guru dapat mengurangi masalah koordinasi antar pihak dan keterlambatan mulai proses belajar mengajar, yang sering menyebabkan siswa bosan dan kurang termotivasi dalam lingkungan pendidikan. Terakhir, penelitian baru juga bisa mengkaji efek evaluasi pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif terhadap penurunan peristiwa siswa kabur sekolah atau menggunakan kata-kata kasar, untuk menciptakan metode penilaian yang lebih menarik dan efektif bagi semua peserta didik. Ide ini mengembangkan rekomendasi pelatihan dalam paper dengan fokus lebih spesifik pada implikasi jangka panjang dan dampak nyata di sekolah Islam seperti yang diteliti. Dengan pendekatan ini, penelitian lanjutan dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang bagaimana kompetensi pedagogik guru mempengaruhi perilaku siswa dan efektivitas pendidikan secara keseluruhan, sambil menghindari masalah yang muncul dari kurangnya penguasaan teknologi atau koordinasi di lingkungan sekolah yang serupa. Para peneliti bisa menggunakan metode observasi berkelanjutan atau survei besar untuk mengukur perubahan kompetensi guru setelah intervensi baru, yang tidak hanya terbatas pada pelatihan saja tetapi juga eksplorasi inovasi seperti integrasi alat digital dalam evaluasi harian.

  1. #kompetensi guru tahfidz#kompetensi guru tahfidz
  2. #kompetensi pedagogik guru#kompetensi pedagogik guru
Read online
File size286.23 KB
Pages13
DMCAReport

Related /

ads-block-test