UIADUIAD

Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan PendidikanAl-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan

merupakan perwujudan pendidikan melalui perluasan pelayanan pendidikan untuk kepentingan masyarakat. menjadi sebuah gerakan penyadaran masyarakat untuk terus belajar sepanjang hayat dalam mengatasi tantanan kehidupan yang beubah-ubah semakin berat. Secara konseptual model adalah model penyelenggaraan pendidikan yang bertumpu pada prinsip “dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat pendidikan dari masyarakat maksudnya pendidikan yang memberikan jawaban kebutuhan masyarakat. Pendidikan oleh masyarakat artinya masyarakat dapat diposisiskan sebagai penyelenggara pendidikan atau pelaku pendidikan itu sendiri, masyarakat diberikan kebebasan.

Dasar hukum pendidikan ini diatur dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, namun implementasinya masih terhambat oleh kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.

Penelitian lanjutan dapat difokuskan pada bagaimana sekolah berbasis masyarakat mampu beradaptasi dengan tantangan globalisasi dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal ke dalam kurikulum pendidikan. Misalnya, apakah pendidikan yang melibatkan masyarakat sebagai penyelenggara dapat lebih efektif dalam membangkitkan kesadaran moral siswa dibandingkan sekolah formal yang didanai pemerintah. Selain itu, studi empiris bisa menyelidiki potensi komunitas lokal sebagai tenaga pendidik alternatif, seperti tokoh-tokoh adat atau pemuka agama yang memiliki pengetahuan mendalam tentang kebutuhan masyarakat setempat. Dengan demikian, penelitian ini dapat membuka wawasan tentang peningkatan kualitas pendidikan yang inklusif dan relevan dengan konteks sosial budaya daerah. Namun, ada tantangan dalam mengukur dampak jangka panjang dari model ini terhadap keberdayaan ekonomi dan sosial masyarakat. Oleh karena itu, penelitian eksperimental yang membandingkan kinerja siswa dari sekolah berbasis masyarakat dan sekolah negeri bisa dilakukan untuk melihat perbedaan dalam perkembangan keterampilan berpikir kritis dan solidaritas sosial. Akhirnya, para peneliti dapat mengembangkan kerangka kerja baru yang menekankan partisipasi aktif masyarakat dalam evaluasi dan perencanaan pendidikan, sehingga model pendidikan ini tidak hanya teoritis tetapi juga praktis diterapkan di berbagai wilayah Indonesia yang beragam budayanya. Melalui pendekatan ini, diharapkan mampu menjadi solusi untuk mengatasi kesenjangan pendidikan dan mendorong pembangunan berkelanjutan. Salah satu aspek krusial adalah mempertimbangkan faktor ekonomi, dimana dana dana dari masyarakat sendiri seringkali terbatas, sehingga penelitian tentang sumber pendanaan alternatif seperti kolaborasi dengan pemerintah daerah perlu diperdalam. Dengan mengalirkan berbagai ide ini ke dalam satu penelitian interdisipliner, kita dapat menemukan cara baru untuk membuat pendidikan lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama di daerah pedesaan yang seringkali terlupakan dalam kebijakan pendidikan nasional. Pada akhirnya, penelitian seperti ini akan berkontribusi pada reformasi pendidikan yang lebih humanis dan berbasis kearifan lokal, yang tidak hanya mendidik tetapi juga memperkuat ikatan sosial antarwarga.

  1. #peran aktif masyarakat#peran aktif masyarakat
  2. #sosial budaya masyarakat#sosial budaya masyarakat
Read online
File size616.8 KB
Pages7
DMCAReport

Related /

ads-block-test