UIADUIAD
Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan PendidikanAl-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan PendidikanSalah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya minat belajar siswa, sehingga berdampak pada kualitas pendidikan dan itu semua terjadi bukan karena tanpa sebab, melainkan ada faktor yang mempengaruhinya. Belajar adalah kegiatan manusia yang sangat penting dan harus dilakukan selama hidup, karena melalui belajar dapat melakukan perbaikan dalam berbagai hal yang menyangkut kepentingan hidup, dengan kata lain melalui belajar dapat memperbaiki nasib, menggapai cita-cita yang diidambakan. Belajar itu sendiri adalah suatu usaha atau kegiatan, yang bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri seseorang, mencakup perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan serta keterampilan dan sebagainya. Orang dapat dikatakan belajar ketika terjadi perubahan dalam dirinya dan bersifat permanen dan bukan bersifat sementara. Perubahan adalah perubahan ke arah yang lebih baik, dari tidak tahu menjadi tahu. Dalam belajar terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi siswa dalam belajar, baik internal (dalam) maupun eksternal (luar). Faktor internal berasal dari siswa itu sendiri berupa fisiologis dan psikologis. Sedangkan faktor eksternal adalah berasal dari luar berupa lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Dalam menerjemahkan perubahan yang terjadi dan faktor yang mempengaruhi dalam belajar, penulis mencoba menjabarkan mengenai hal-hal terkait dengan belajar itu sendiri dan berbagai faktor yang mempengaruhinya mulai dari jenis belajar sampai pada bagaimana usaha mengatasi kesulitan belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa dan kualitas pendidikan. Selain itu, menjabarkan pula apa saja yang menjadi problem dalam belajar siswa.
Belajar merupakan proses perubahan yang permanen dalam perilaku seseorang sebagai akibat interaksi antara stimulus dan respons.Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dibedakan menjadi faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa, seperti kesehatan, intelegensi, dan motivasi, serta faktor eksternal dari luar diri siswa, yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Penelitian lanjutan dapat meneliti bagaimana pengaruh aplikasi teknologi digital sebagai faktor eksternal dalam meningkatkan minat belajar siswa di lingkungan sekolah saat ini, dengan fokus pada studi banding antara penggunaan aplikasi pendidikan dan metode belajar konvensional. Selain itu, penelitian baru bisa mengkaji efek spesifik dari motivasi intrinsik anak terhadap hasil belajar jangka panjang, melalui pendekatan longitudinal pada siswa sekolah dasar yang menghadapi tantangan ekonomi keluarga. Penelitian ketiga bisa mengeksplorasi interaksi antara faktor psikologis internal seperti kecerdasan emosional dan tekanan lingkungan sosial, untuk mengidentifikasi strategi pencegahan kesulitan belajar di kalangan remaja yang tinggal di lingkungan masyarakat pedesaan versus perkotaan. Dengan menggabungkan ketiga ide ini, penelitian dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang bagaimana faktor-faktor tersebut saling memengaruhi secara holistik. Validitas temuan akan lebih kuat jika melibatkan sampel besar dan diversifikasi demografi peserta. Penerapan temuan ini bisa membantu sekolah dalam merancang program pendidikan yang lebih adaptif. Penting untuk mempertimbangkan etika penelitian terutama dalam melibatkan anak-anak sebagai subjek. Dukungan kolaborasi antara guru, orang tua, dan psikolog diperlukan untuk implementasi saran penelitian ini. Akhirnya, penelitian lanjutan semacam ini tidak hanya menambah pengetahuan akademik, tetapi juga memberikan solusi praktis untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara nasional.
| File size | 762.55 KB |
| Pages | 23 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING (2). Bagi guru, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran. (3). Bagi sekolah, diharapkan dapat meningkatkan ha1 i tas pendidikan Prosedur penelitian(2). Bagi guru, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran. (3). Bagi sekolah, diharapkan dapat meningkatkan ha1 i tas pendidikan Prosedur penelitian
PTTIPTTI Namun, minat baca anak juga harus didukung oleh sinergi antara orang tua dan guru. Implementasi kegiatan Taman Baca di Kemlakagede Village melibatkan prosesNamun, minat baca anak juga harus didukung oleh sinergi antara orang tua dan guru. Implementasi kegiatan Taman Baca di Kemlakagede Village melibatkan proses
DDIPOLMANDDIPOLMAN Gunakan jenis eksperimen semu eksperimental eksperimental. Untuk mengetahui pengaruh komunikasi matematis yang dimiliki peserta didik setelah diterapkanGunakan jenis eksperimen semu eksperimental eksperimental. Untuk mengetahui pengaruh komunikasi matematis yang dimiliki peserta didik setelah diterapkan
IAIQHIAIQH Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yakni menggambarkan profil kemampuan literasi sains siswa selama proses pembelajaran. Teknik pengumpulanPenelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yakni menggambarkan profil kemampuan literasi sains siswa selama proses pembelajaran. Teknik pengumpulan
ARIPIARIPI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dasar tingkat perkembangan Gross Motor Skill Activities siswa kelas I di SDN 6 Demuk, Kecamatan Pucanglaban,Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dasar tingkat perkembangan Gross Motor Skill Activities siswa kelas I di SDN 6 Demuk, Kecamatan Pucanglaban,
LENTERANUSALENTERANUSA Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan di SMK Logistik Kabupaten Sumedang dengan tujuan untuk mengevaluasi tingkat pemahaman siswa tentangKegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan di SMK Logistik Kabupaten Sumedang dengan tujuan untuk mengevaluasi tingkat pemahaman siswa tentang
UNISLAUNISLA Data diperoleh dengan menggunakan tes bahasa Inggris, kuesioner, dan wawancara sebagai instrumen. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas sepuluhData diperoleh dengan menggunakan tes bahasa Inggris, kuesioner, dan wawancara sebagai instrumen. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh
METROMETRO Kajian mereka tentang manusia tidak pernah tuntas. Manusia menurut sebagian mereka, ilmuan hanya dikaji secara instrument dan terbatas dalam mengkaji manusia,Kajian mereka tentang manusia tidak pernah tuntas. Manusia menurut sebagian mereka, ilmuan hanya dikaji secara instrument dan terbatas dalam mengkaji manusia,
Useful /
DDIPOLMANDDIPOLMAN Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola komunikasi guru agama dalam pembinaan akhlak siswa SMP DDI Polewali Mandar, serta untuk mengetahui efektivitasPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola komunikasi guru agama dalam pembinaan akhlak siswa SMP DDI Polewali Mandar, serta untuk mengetahui efektivitas
UIADUIAD Etika didefinisikan sebagai filsafat moral atau ilmu akhlak yang mengajarkan cara hidup bahagia serta berfungsi sebagai pengobatan spiritual. Agama dianggapEtika didefinisikan sebagai filsafat moral atau ilmu akhlak yang mengajarkan cara hidup bahagia serta berfungsi sebagai pengobatan spiritual. Agama dianggap
UIADUIAD Proposisi adalah pendirian terbagi atas analitik, sintetik, kategorik, hipotetik, dan modalitas. Postulat merupakan asumsi tak terbukti yang mensyaratkanProposisi adalah pendirian terbagi atas analitik, sintetik, kategorik, hipotetik, dan modalitas. Postulat merupakan asumsi tak terbukti yang mensyaratkan
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP Negeri 1 Patumbak. Penelitian dilakukan pada semesterPenelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP Negeri 1 Patumbak. Penelitian dilakukan pada semester