UIADUIAD

Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan PendidikanAl-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya minat belajar siswa, sehingga berdampak pada kualitas pendidikan dan itu semua terjadi bukan karena tanpa sebab, melainkan ada faktor yang mempengaruhinya. Belajar adalah kegiatan manusia yang sangat penting dan harus dilakukan selama hidup, karena melalui belajar dapat melakukan perbaikan dalam berbagai hal yang menyangkut kepentingan hidup, dengan kata lain melalui belajar dapat memperbaiki nasib, menggapai cita-cita yang diidambakan. Belajar itu sendiri adalah suatu usaha atau kegiatan, yang bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri seseorang, mencakup perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan serta keterampilan dan sebagainya. Orang dapat dikatakan belajar ketika terjadi perubahan dalam dirinya dan bersifat permanen dan bukan bersifat sementara. Perubahan adalah perubahan ke arah yang lebih baik, dari tidak tahu menjadi tahu. Dalam belajar terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi siswa dalam belajar, baik internal (dalam) maupun eksternal (luar). Faktor internal berasal dari siswa itu sendiri berupa fisiologis dan psikologis. Sedangkan faktor eksternal adalah berasal dari luar berupa lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Dalam menerjemahkan perubahan yang terjadi dan faktor yang mempengaruhi dalam belajar, penulis mencoba menjabarkan mengenai hal-hal terkait dengan belajar itu sendiri dan berbagai faktor yang mempengaruhinya mulai dari jenis belajar sampai pada bagaimana usaha mengatasi kesulitan belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa dan kualitas pendidikan. Selain itu, menjabarkan pula apa saja yang menjadi problem dalam belajar siswa.

Belajar merupakan proses perubahan yang permanen dalam perilaku seseorang sebagai akibat interaksi antara stimulus dan respons.Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dibedakan menjadi faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa, seperti kesehatan, intelegensi, dan motivasi, serta faktor eksternal dari luar diri siswa, yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Penelitian lanjutan dapat meneliti bagaimana pengaruh aplikasi teknologi digital sebagai faktor eksternal dalam meningkatkan minat belajar siswa di lingkungan sekolah saat ini, dengan fokus pada studi banding antara penggunaan aplikasi pendidikan dan metode belajar konvensional. Selain itu, penelitian baru bisa mengkaji efek spesifik dari motivasi intrinsik anak terhadap hasil belajar jangka panjang, melalui pendekatan longitudinal pada siswa sekolah dasar yang menghadapi tantangan ekonomi keluarga. Penelitian ketiga bisa mengeksplorasi interaksi antara faktor psikologis internal seperti kecerdasan emosional dan tekanan lingkungan sosial, untuk mengidentifikasi strategi pencegahan kesulitan belajar di kalangan remaja yang tinggal di lingkungan masyarakat pedesaan versus perkotaan. Dengan menggabungkan ketiga ide ini, penelitian dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang bagaimana faktor-faktor tersebut saling memengaruhi secara holistik. Validitas temuan akan lebih kuat jika melibatkan sampel besar dan diversifikasi demografi peserta. Penerapan temuan ini bisa membantu sekolah dalam merancang program pendidikan yang lebih adaptif. Penting untuk mempertimbangkan etika penelitian terutama dalam melibatkan anak-anak sebagai subjek. Dukungan kolaborasi antara guru, orang tua, dan psikolog diperlukan untuk implementasi saran penelitian ini. Akhirnya, penelitian lanjutan semacam ini tidak hanya menambah pengetahuan akademik, tetapi juga memberikan solusi praktis untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara nasional.

  1. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
  2. #minat siswa sekolah#minat siswa sekolah
Read online
File size762.55 KB
Pages23
DMCAReport

Related /

ads-block-test