UIADUIAD

Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan PendidikanAl-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan

Pendidikan nilai pada hakikatnya adalah memanusiakan manusia, membentuk generasi bangsa yang lebih unggul dan berkepribadian humanis, intelektual dan spiritual. Pada realitasnya kini pendidikan belum dapat dimaksimalkan peranannya dalam membentuk nilai peserta didik tersebut. Pengaruh negatif lingkungan serta kemajuan globalisasi turut menggeser kadar nilai peserta didik dari waktu kewaktu, sehingga degradasi moral pun kian tak terbendung. Penyakit sosial yang kian hari mewarnai dunia pendidikan dan lingkup suatu masyarakat. Maka pendidikan nilai disini sangat urgen diperlukan sebagai langkah terdepan dalam membawa kondisi generasi bangsa kearah yang lebih bernilai dan berkarakter. Pendidikan Islam yang didalamnya mengandung unsur kegiatan pembelajaran PAI merupakan mata pelajaran yang sangat mendominasi dalam pembentukan nilai ilahiyah. Pembelajaran PAI merupakan kegiatan pembelajaran yang lebih menekankan pada arah pembentukan kepribadian peserta didik melalui ranah psikomotorik, kognitif maupun afektif, sehingga pembelajaran PAI dianggap berpotensi dalam kerangka pendidikan nilai bagi peserta didik.

Pendidikan Islam pada hakekatnya adalah proses pemeliharaan dan penguatan sifat dan potensi insan menimbulkan kesadaran untuk menemukan kebenaran.Hal ini tentunya bertujuan mengembangkan potensi serta meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan membentuk karakter seseorang atau kelompok yang menghargai dan menjunjung tinggi kebenaran.Dalam mencapai cita-cita tersebut, tentunya dengan melalui pendidikan yang berbasis pendidikan agama Islam.Pembelajaran PAI dipandang sangat urgen dalam kerangka pendidikan nilai saat ini, hal ini dikarenakan pembelajaran PAI merupakan salah satu langkah tepat dalam merespon benturan dan penyakit-penyakit sosial masa kini.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap pendidikan nilai, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai metode yang efektif untuk mengintegrasikan pendidikan nilai dalam kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah. Selain itu, bagaimana peran orang tua dalam mendukung proses pendidikan nilai di rumah juga patut diteliti agar terjalin sinergi antara pendidikan formal dan informal. Terakhir, eksplorasi tentang dampak penggunaan teknologi informasi terhadap nilai-nilai yang diajarkan dalam pendidikan agama Islam harus dilakukan untuk memastikan relevansinya di era globalisasi ini.

  1. #pendidikan nilai#pendidikan nilai
Read online
File size789.68 KB
Pages20
DMCAReport

Related /

ads-block-test