UIADUIAD
Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan PendidikanAl-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan PendidikanPendidikan nilai pada hakikatnya adalah memanusiakan manusia, membentuk generasi bangsa yang lebih unggul dan berkepribadian humanis, intelektual dan spiritual. Pada realitasnya kini pendidikan belum dapat dimaksimalkan peranannya dalam membentuk nilai peserta didik tersebut. Pengaruh negatif lingkungan serta kemajuan globalisasi turut menggeser kadar nilai peserta didik dari waktu kewaktu, sehingga degradasi moral pun kian tak terbendung. Penyakit sosial yang kian hari mewarnai dunia pendidikan dan lingkup suatu masyarakat. Maka pendidikan nilai disini sangat urgen diperlukan sebagai langkah terdepan dalam membawa kondisi generasi bangsa kearah yang lebih bernilai dan berkarakter. Pendidikan Islam yang didalamnya mengandung unsur kegiatan pembelajaran PAI merupakan mata pelajaran yang sangat mendominasi dalam pembentukan nilai ilahiyah. Pembelajaran PAI merupakan kegiatan pembelajaran yang lebih menekankan pada arah pembentukan kepribadian peserta didik melalui ranah psikomotorik, kognitif maupun afektif, sehingga pembelajaran PAI dianggap berpotensi dalam kerangka pendidikan nilai bagi peserta didik.
Pendidikan Islam pada hakekatnya adalah proses pemeliharaan dan penguatan sifat dan potensi insan menimbulkan kesadaran untuk menemukan kebenaran.Hal ini tentunya bertujuan mengembangkan potensi serta meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan membentuk karakter seseorang atau kelompok yang menghargai dan menjunjung tinggi kebenaran.Dalam mencapai cita-cita tersebut, tentunya dengan melalui pendidikan yang berbasis pendidikan agama Islam.Pembelajaran PAI dipandang sangat urgen dalam kerangka pendidikan nilai saat ini, hal ini dikarenakan pembelajaran PAI merupakan salah satu langkah tepat dalam merespon benturan dan penyakit-penyakit sosial masa kini.
Dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap pendidikan nilai, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai metode yang efektif untuk mengintegrasikan pendidikan nilai dalam kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah. Selain itu, bagaimana peran orang tua dalam mendukung proses pendidikan nilai di rumah juga patut diteliti agar terjalin sinergi antara pendidikan formal dan informal. Terakhir, eksplorasi tentang dampak penggunaan teknologi informasi terhadap nilai-nilai yang diajarkan dalam pendidikan agama Islam harus dilakukan untuk memastikan relevansinya di era globalisasi ini.
| File size | 789.68 KB |
| Pages | 20 |
| DMCA | Report |
Related /
UIADUIAD Sejarah pendidikan Islam pada hakekatnya sangat berkaitan erat dengan sejarah Islam. Periodesasi sejarah pendidikan Islam selalu selaras dengan periodesasiSejarah pendidikan Islam pada hakekatnya sangat berkaitan erat dengan sejarah Islam. Periodesasi sejarah pendidikan Islam selalu selaras dengan periodesasi
UINSAIZUUINSAIZU Alternatif penyelesaian sengketa atau ADR merupakan metode untuk menyelesaikan konflik secara damai dan sepakat yang telah menjadi tradisi panjang di Indonesia.Alternatif penyelesaian sengketa atau ADR merupakan metode untuk menyelesaikan konflik secara damai dan sepakat yang telah menjadi tradisi panjang di Indonesia.
STAINUSANTARASTAINUSANTARA Suara yang dihasilkan memengaruhi sistem saraf, persepsi, emosi, dan karakter individu, dengan aktivitas pernapasan dan vokal selama dhikrullah menunjukkanSuara yang dihasilkan memengaruhi sistem saraf, persepsi, emosi, dan karakter individu, dengan aktivitas pernapasan dan vokal selama dhikrullah menunjukkan
STAI MIFDASTAI MIFDA Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di era globalisasi. HasilPenelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di era globalisasi. Hasil
ULUMUNAULUMUNA Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter Islami dalam cerita rakyat lokal Si Kabayan Saba Kota dan mengeksplorasiPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter Islami dalam cerita rakyat lokal Si Kabayan Saba Kota dan mengeksplorasi
STAINUSANTARASTAINUSANTARA Penyebaran ideologi ini melalui media sosial yang digunakan untuk menyebarkan propaganda serta narasi intoleran kepada masyarakat Indonesia, untuk mengatasiPenyebaran ideologi ini melalui media sosial yang digunakan untuk menyebarkan propaganda serta narasi intoleran kepada masyarakat Indonesia, untuk mengatasi
UNIKSUNIKS ). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Benai Kecil, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi, selama empat bulan (April-Juli). Metode penelitian yang). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Benai Kecil, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi, selama empat bulan (April-Juli). Metode penelitian yang
UINSAIZUUINSAIZU Metode yang dipakai meliputi pengumpulan sampel darah, rambut, dan saliva, serta analisis DNA inti sel menggunakan teknik STR dan RFLP. Hasil menunjukkanMetode yang dipakai meliputi pengumpulan sampel darah, rambut, dan saliva, serta analisis DNA inti sel menggunakan teknik STR dan RFLP. Hasil menunjukkan
Useful /
STAI MIFDASTAI MIFDA Secara simultan, variabel total pembiayaan, CAR, dan FDR berpengaruh signifikan terhadap total aset perbankan syariah dengan nilai probabilitas F-statistikSecara simultan, variabel total pembiayaan, CAR, dan FDR berpengaruh signifikan terhadap total aset perbankan syariah dengan nilai probabilitas F-statistik
STAINUPASTAINUPA Guru sebagai fasilitator nilai menjadi kunci keberhasilan transformasi moral santri. Model ini dapat direplikasi di madrasah lain sebagai pendidikan karakterGuru sebagai fasilitator nilai menjadi kunci keberhasilan transformasi moral santri. Model ini dapat direplikasi di madrasah lain sebagai pendidikan karakter
LAPANLAPAN Semakin tinggi viskositas dan berat molekul HTPB, semakin lama gel time dan semakin rendah kekerasan, sedangkan peningkatan TDI mempercepat gel time danSemakin tinggi viskositas dan berat molekul HTPB, semakin lama gel time dan semakin rendah kekerasan, sedangkan peningkatan TDI mempercepat gel time dan
LAPANLAPAN Hasil pengujian menunjukkan nilai ultimate tensile strength 1011,67 MPa, modulus elastisitas 59074,96 MPa, dan failure mode SGV (Long Spliting, Gage, Various).Hasil pengujian menunjukkan nilai ultimate tensile strength 1011,67 MPa, modulus elastisitas 59074,96 MPa, dan failure mode SGV (Long Spliting, Gage, Various).