UIADUIAD
Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan PendidikanAl-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan PendidikanKemajuan ilmu agaknya tidak selalu diiringi dengan kesadaran akan nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi. Masyarakat di negara maju pun tidak luput dari persoalan yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu dan teknologi. Masyarakatnya cenderung bersifat materialistis, individualism, dan lebih longgar di dalam menerapkan nilai-nilai moral keagamaan. Pertimbangan “etika agama dalam aplikasi ilmu perlu dipikirkan dan diusahakan untuk menata kehidupan lebih baik. Berdasarkan hal itu, maka dalam tulisan ini dirumuskan dua permasalahan yaitu: Bagaimana definisi etika, agama, dan ilmu?; dan Bagaimana ?. Dalam hasil pembahasan dikemukakan bahwa Etika dalam Islam (bisa dikatakan) identik dengan ilmu akhlak, yakni ilmu tentang keutamaan-keutamaan dan bagaimana cara mendapatkannya agar manusia berhias dengannya; dan ilmu tentang hal yang hina dan bagaimana cara menjauhinya agar manusia terbebas daripadanya. Etika, dilain pihak, seringkali dianggap sama dengan akhlak.
Etika didefinisikan sebagai filsafat moral atau ilmu akhlak yang mengajarkan cara hidup bahagia serta berfungsi sebagai pengobatan spiritual.Agama dianggap sebagai kebutuhan esensial manusia yang universal, melibatkan kesadaran spiritual dan harapan kepada Tuhan yang tidak bisa dinafikan oleh siapa pun.Ilmu secara etimologis berarti kejelasan dan merupakan pengetahuan yang jelas tentang sesuatu, sementara etika dalam Islam identik dengan ilmu akhlak yang mencakup pencapaian keutamaan dan hindaran dari keburukan manusia.
Untuk melanjutkan penelitian ini, ada beberapa ide menarik yang bisa dijelajahi lebih dalam agar masyarakat awam bisa lebih memahami keseimbangan antara kemajuan ilmu dan nilai moral agama. Pertama, penelitian baru bisa menanyakan bagaimana cara mengukur dampak negatif teknologi modern seperti kecerdasan buatan terhadap perilaku manusia di masyarakat umum, dengan fokus pada pengintegrasian etika agama untuk mencegah individualisme yang semakin meningkat. Kedua, studi lanjutan dapat mengeksplorasi peran pendidikan agama dalam sekolah dan universitas sebagai alat untuk membentuk etika mahasiswa di era digital, di mana siswa diwawancai untuk melihat bagaimana nilai-nilai Islam memengaruhi aplikasi ilmu sehari-hari seperti penggunaan internet dan media sosial. Ketiga, penelitian empiris bisa dilakukan untuk mengetahui apakah masyarakat di negara berkembang mampu menerapkan akhlak positif dari ilmu pengetahuan tanpa terpengaruh materialisme, melalui survei lapangan yang melibatkan keluarga biasa untuk menggambarkan tantangan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggabungkan pendekatan literature dan data lapangan, riset ini bisa memberikan panduan konkret bagi orang-orang biasa tentang cara hidup yang lebih bermakna. Pada akhirnya, ini akan membantu mengatasi kesenjangan antara kemajuan ilmu dan kesejahteraan batin yang sering diabaikan. Penelitian lanjutan semacam ini tidak hanya memperluas pemahaman akademis, tetapi juga memberi solusi nyata untuk masalah sosial. Hal ini penting agar ilmu pengetahuan tidak hanya memajukan teknologi, tapi juga memanusiakan manusia. Dengan begitu, etika agama bisa menjadi landasan kuat untuk aplikasi ilmu yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan.
| File size | 851.78 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | Report |
Related /
IAINSORONGIAINSORONG Masa pemerintahan Bani Abbasiyah (750-848 M) menjadi periode penting dalam integrasi ilmu agama dan non-agama, di mana lembaga riset seperti Bait al-HikmahMasa pemerintahan Bani Abbasiyah (750-848 M) menjadi periode penting dalam integrasi ilmu agama dan non-agama, di mana lembaga riset seperti Bait al-Hikmah
ASSALAMASSALAM Penguatan kompetensi pedagogik dan spiritual guru menjadi kunci keberhasilan pembentukan karakter secara bermakna. Hasil penelitian ini memperkaya wacanaPenguatan kompetensi pedagogik dan spiritual guru menjadi kunci keberhasilan pembentukan karakter secara bermakna. Hasil penelitian ini memperkaya wacana
IAIQHIAIQH Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kelas tahfidz dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di MadrasahPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kelas tahfidz dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah
IAIQHIAIQH Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 49,09Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 49,09
IAIQHIAIQH Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan liteasi sains dari siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di Madrasah IbtidaiyahPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan liteasi sains dari siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah
IAIQHIAIQH Berlandaskan konsep Insan Kamil sebagai manusia ideal yang memantulkan atribut Ilahi, penelitian ini menekankan bahwa integrasi nilai-nilai tasawuf ibnuBerlandaskan konsep Insan Kamil sebagai manusia ideal yang memantulkan atribut Ilahi, penelitian ini menekankan bahwa integrasi nilai-nilai tasawuf ibnu
IAIQHIAIQH Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi sikap tadzim santri terhadap ustadz dalam pembelajaran kitab Talim Mutaallim tampak melalui beberapa perilaku,Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi sikap tadzim santri terhadap ustadz dalam pembelajaran kitab Talim Mutaallim tampak melalui beberapa perilaku,
IAINSORONGIAINSORONG Seiring dengan zaman, agama menyerukan agar manusia selalu menyesuaikan sistem sosial sesuai dengan kondisi sepanjang tidak melanggar ajaran agama. DimensiSeiring dengan zaman, agama menyerukan agar manusia selalu menyesuaikan sistem sosial sesuai dengan kondisi sepanjang tidak melanggar ajaran agama. Dimensi
Useful /
DDIPOLMANDDIPOLMAN Terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share, Model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Investigasi dan model pembelajaran konvensional terhadapTerdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share, Model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Investigasi dan model pembelajaran konvensional terhadap
DDIPOLMANDDIPOLMAN Tujuan dari penelitian ini: (1) untuk mengetahui peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, (2) untukTujuan dari penelitian ini: (1) untuk mengetahui peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, (2) untuk
IAINSORONGIAINSORONG Artikel ini mengkaji keberadaan Khalifah Fatimiyah yang berkaitan dengan sejarah dan asal usul nasab mereka. Para ahli memiliki perbedaan pendapat mengenaiArtikel ini mengkaji keberadaan Khalifah Fatimiyah yang berkaitan dengan sejarah dan asal usul nasab mereka. Para ahli memiliki perbedaan pendapat mengenai
IAINSORONGIAINSORONG Dialog yang berakar pada wahyu Allah menghasilkan kehidupan harmonis melalui saling menghormati. Dialog agama adalah titik tolak untuk memahami falsafahDialog yang berakar pada wahyu Allah menghasilkan kehidupan harmonis melalui saling menghormati. Dialog agama adalah titik tolak untuk memahami falsafah