UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanTujuan penelitian untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran berbasis proyek pendidikan kewirausahaan; dan (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan nonakademik (sikap, minat, perilaku wirausaha), dan kemampuan akademik siswa SMK. Pengembangan model dengan menggunakan Four-D model meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Rancangan model dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Penjualan, guru ekonomi, dan guru kewirusahaan. Pengumpulan data lewat angket, dokumentasi, dan observasi, sedang analisis data dengan teknik deskriptif dan Multivariate Analysis of Covariance (Mancova). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tersedianya model hipotetik pembelajaran berbasis proyek pendidikan kewirausahaan yang layak digunakan di di SMK; dan (2) model yang diterapkan dalam kelas eksperimen lebih efektif untuk meningkatkan sikap kewirausahan, minat berwirausaha, dan prestasi belajar, namun dalam hal meningkatkan perilaku kewirusahaan model yang diterapkan di kelompok kontrol dan eksperimen tidak berbeda efektivitasnya.
Penelitian ini mengembangkan model hipotetik pembelajaran berbasis projek pendidikan kewirausahaan yang terbukti layak.Penerapan model pembelajaran komprehensif berbasis proyek pendidikan kewirausahaan meningkatkan sikap kewirausahaan, minat berwirausaha, dan prestasi belajar siswa SMK.Namun, efektivitas model tidak berbeda signifikan dalam meningkatkan perilaku kewirausahaan antara kelompok kontrol dan eksperimen.
Penelitian lanjutan dapat difokuskan pada beberapa aspek penting. Pertama, studi lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kontekstual yang memengaruhi efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan perilaku kewirausahaan siswa, seperti lingkungan keluarga, dukungan masyarakat, atau karakteristik kepribadian siswa. Hal ini dapat dieksplorasi melalui studi kualitatif mendalam untuk memahami nuansa yang lebih kaya. Kedua, penelitian dapat diperluas untuk menguji efektivitas model ini dalam jangka waktu yang lebih panjang dan dengan sampel yang lebih beragam, termasuk sekolah dengan sumber daya dan karakteristik siswa yang berbeda. Studi longitudinal akan memberikan wawasan tentang dampak jangka panjang dari model ini terhadap perkembangan kewirausahaan siswa. Ketiga, eksplorasi implementasi model pembelajaran berbasis proyek yang lebih personalisasi, dengan mempertimbangkan gaya belajar individu dan minat siswa, dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil pembelajaran secara keseluruhan dan menumbuhkan semangat kewirausahaan yang lebih kuat.
| File size | 1.23 MB |
| Pages | 12 |
| Short Link | https://juris.id/p-8o |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY 3)/, serta pengaruh negatif bahasa ibu yang tidak membedakan bunyi alveolar dan alveopalatal secara ketat. Di Vietnam, terutama di Hanoi, bunyi-bunyi seperti3)/, serta pengaruh negatif bahasa ibu yang tidak membedakan bunyi alveolar dan alveopalatal secara ketat. Di Vietnam, terutama di Hanoi, bunyi-bunyi seperti
UNYUNY Penelitian melibatkan 60 peserta yang dipilih melalui cluster random sampling dengan desain faktorial 2 × 2. Hasil menunjukkan bahwa anak yang menggunakanPenelitian melibatkan 60 peserta yang dipilih melalui cluster random sampling dengan desain faktorial 2 × 2. Hasil menunjukkan bahwa anak yang menggunakan
UNYUNY Hasil menunjukkan bahwa deep learning memberikan akurasi yang lebih tinggi namun membutuhkan waktu proses yang lebih lama. Penelitian ini dilakukan denganHasil menunjukkan bahwa deep learning memberikan akurasi yang lebih tinggi namun membutuhkan waktu proses yang lebih lama. Penelitian ini dilakukan dengan
UNYUNY Permainan daring semakin populer di kalangan remaja maupun orang dewasa. Studi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraanPermainan daring semakin populer di kalangan remaja maupun orang dewasa. Studi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraan
UNYUNY Pandangan guru tentang iklim sekolah umumnya pada tingkat sedang, dengan perilaku kepala sekolah yang suportif memiliki dampak positif terbesar. TerdapatPandangan guru tentang iklim sekolah umumnya pada tingkat sedang, dengan perilaku kepala sekolah yang suportif memiliki dampak positif terbesar. Terdapat
UNYUNY Kompleksitas menjelaskan dan menggambarkan fenomena pendidikan menjadi tantangan signifikan bagi pendidik untuk menyampaikan informasi secara efektif melaluiKompleksitas menjelaskan dan menggambarkan fenomena pendidikan menjadi tantangan signifikan bagi pendidik untuk menyampaikan informasi secara efektif melalui
UNYUNY Untuk memahami secara menyeluruh pendidikan Ethiopia, diperlukan pemahaman terhadap sejarahnya. Oleh karena itu, artikel ini menelaah pendidikan EthiopiaUntuk memahami secara menyeluruh pendidikan Ethiopia, diperlukan pemahaman terhadap sejarahnya. Oleh karena itu, artikel ini menelaah pendidikan Ethiopia
UNYUNY Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan disabilitas belajar menggunakan strategi Know‑Want‑Learned (KWL). Dengan desainPenelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan disabilitas belajar menggunakan strategi Know‑Want‑Learned (KWL). Dengan desain
Useful /
UNYUNY Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas kualitatif di Universitas Pendidikan Indonesia, 48 mahasiswa dari latar budaya dan tingkat pendidikanDengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas kualitatif di Universitas Pendidikan Indonesia, 48 mahasiswa dari latar budaya dan tingkat pendidikan
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak internalisasi nilai‑nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah terhadap literasi budaya dan sikapPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak internalisasi nilai‑nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah terhadap literasi budaya dan sikap
UNUSAUNUSA Penyimpanan serum pada suhu 4°C selama maksimal 3 jam dianggap mempertahankan stabilitas elektrolit, sesuai dengan temuan penelitian sebelumnya yang menunjukkanPenyimpanan serum pada suhu 4°C selama maksimal 3 jam dianggap mempertahankan stabilitas elektrolit, sesuai dengan temuan penelitian sebelumnya yang menunjukkan
UNYUNY Penelitian ini menunjukkan perbedaan signifikan dalam hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran seminar Socrates dan model pembelajaranPenelitian ini menunjukkan perbedaan signifikan dalam hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran seminar Socrates dan model pembelajaran