UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Tujuan penelitian untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran berbasis proyek pendidikan kewirausahaan; dan (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan nonakademik (sikap, minat, perilaku wirausaha), dan kemampuan akademik siswa SMK. Pengembangan model dengan menggunakan Four-D model meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Rancangan model dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Penjualan, guru ekonomi, dan guru kewirusahaan. Pengumpulan data lewat angket, dokumentasi, dan observasi, sedang analisis data dengan teknik deskriptif dan Multivariate Analysis of Covariance (Mancova). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tersedianya model hipotetik pembelajaran berbasis proyek pendidikan kewirausahaan yang layak digunakan di di SMK; dan (2) model yang diterapkan dalam kelas eksperimen lebih efektif untuk meningkatkan sikap kewirausahan, minat berwirausaha, dan prestasi belajar, namun dalam hal meningkatkan perilaku kewirusahaan model yang diterapkan di kelompok kontrol dan eksperimen tidak berbeda efektivitasnya.

Penelitian ini mengembangkan model hipotetik pembelajaran berbasis projek pendidikan kewirausahaan yang terbukti layak.Penerapan model pembelajaran komprehensif berbasis proyek pendidikan kewirausahaan meningkatkan sikap kewirausahaan, minat berwirausaha, dan prestasi belajar siswa SMK.Namun, efektivitas model tidak berbeda signifikan dalam meningkatkan perilaku kewirausahaan antara kelompok kontrol dan eksperimen.

Penelitian lanjutan dapat difokuskan pada beberapa aspek penting. Pertama, studi lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kontekstual yang memengaruhi efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan perilaku kewirausahaan siswa, seperti lingkungan keluarga, dukungan masyarakat, atau karakteristik kepribadian siswa. Hal ini dapat dieksplorasi melalui studi kualitatif mendalam untuk memahami nuansa yang lebih kaya. Kedua, penelitian dapat diperluas untuk menguji efektivitas model ini dalam jangka waktu yang lebih panjang dan dengan sampel yang lebih beragam, termasuk sekolah dengan sumber daya dan karakteristik siswa yang berbeda. Studi longitudinal akan memberikan wawasan tentang dampak jangka panjang dari model ini terhadap perkembangan kewirausahaan siswa. Ketiga, eksplorasi implementasi model pembelajaran berbasis proyek yang lebih personalisasi, dengan mempertimbangkan gaya belajar individu dan minat siswa, dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil pembelajaran secara keseluruhan dan menumbuhkan semangat kewirausahaan yang lebih kuat.

File size1.23 MB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test