UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanSaat ini, banyak mahasiswa menghabiskan waktu mereka di internet. Mereka melakukan kegiatan seperti membuat blog, mengunduh, mengunggah, chatting, dan berinteraksi melalui facebook. Mahasiswa sekarang ini hidup dengan teknologi. Penelitian menunjukkan bahwa weblog dan facebook berpotensi mendukung belajar dan mengajar. Guru dan pendidik menggunakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas weblog dan facebook ketika digunakan secara integratif untuk melengkapi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari halaman-halaman facebook yang diamati dari responden yang mengambil mata kuliah Introduction of Second Language Acquisition (SLA). Data kemudian dideskripsikan dan dianalisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa weblog dan facebook dapat digunakan secara efektif untuk melengkapi kegiatan belajar.
Media jejaring sosial Facebook masih menjadi media jejaring sosial yang paling populer di kalangan mahasiswa, yang memanfaatkannya untuk kegiatan sosial maupun pembelajaran.Integrasi weblog dan Facebook, dengan dosen menyediakan materi di blog dan diskusi di grup Facebook, efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.Hal ini didukung oleh partisipasi mahasiswa dalam diskusi dan hasil kuesioner yang menunjukkan akses lebih baik terhadap materi dan diskusi.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi lebih dalam tentang jenis interaksi spesifik yang paling efektif dalam meningkatkan pemahaman materi perkuliahan melalui integrasi weblog dan platform media sosial lainnya. Studi lanjutan bisa berfokus pada bagaimana desain antarmuka weblog dan grup Facebook yang lebih intuitif dan menarik dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa secara signifikan. Selain itu, perlu diteliti juga mengenai pengaruh integrasi ini terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah mahasiswa. Investigasi juga diperlukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan efektivitas integrasi weblog dan Facebook pada berbagai kelompok usia dan tingkat kemampuan mahasiswa, serta bagaimana cara menyesuaikan pendekatan ini agar sesuai dengan kebutuhan belajar masing-masing. Penelitian juga penting untuk meneliti dampak jangka panjang dari pembelajaran terintegrasi ini terhadap retensi informasi dan penerapan pengetahuan di luar lingkungan akademik.
| File size | 633.19 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Model PLP PGSD Penjas hasil pengembangan lebih efektif dibandingkan model konvensional, dengan peningkatan signifikan dalam pengelolaan pembelajaran yangModel PLP PGSD Penjas hasil pengembangan lebih efektif dibandingkan model konvensional, dengan peningkatan signifikan dalam pengelolaan pembelajaran yang
UNYUNY Budaya organisasi secara langsung berpengaruh positif terhadap kepemimpinan, komunikasi interpersonal, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi kepala SMKBudaya organisasi secara langsung berpengaruh positif terhadap kepemimpinan, komunikasi interpersonal, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi kepala SMK
UNYUNY Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran seminar SocratesHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran seminar Socrates
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran teknik draping berbantuan video (MPTDBV) di perguruan tinggi dan perangkatnya.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran teknik draping berbantuan video (MPTDBV) di perguruan tinggi dan perangkatnya.
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Hubungan antara dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, serta kebosanan bersifat saling terkait dan dapat dioptimalkan melalui program peningkatanHubungan antara dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, serta kebosanan bersifat saling terkait dan dapat dioptimalkan melalui program peningkatan
UNYUNY Sampel dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester III Akbid Estu Utomo Boyolali sejumlah 90 orang, yang dibagi dalam kelompok ekperimen (metodeSampel dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester III Akbid Estu Utomo Boyolali sejumlah 90 orang, yang dibagi dalam kelompok ekperimen (metode
UNYUNY Tema-tema karakter gender yang berperspektif demokratis yang dikembangkan dalam penelitian ini, sesuai dengan prinsip liberty, egality, dan fraternity,Tema-tema karakter gender yang berperspektif demokratis yang dikembangkan dalam penelitian ini, sesuai dengan prinsip liberty, egality, dan fraternity,
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, moral kerja guru, dan kepuasan kerja guruPenelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, moral kerja guru, dan kepuasan kerja guru