UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Saat ini, banyak mahasiswa menghabiskan waktu mereka di internet. Mereka melakukan kegiatan seperti membuat blog, mengunduh, mengunggah, chatting, dan berinteraksi melalui facebook. Mahasiswa sekarang ini hidup dengan teknologi. Penelitian menunjukkan bahwa weblog dan facebook berpotensi mendukung belajar dan mengajar. Guru dan pendidik menggunakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas weblog dan facebook ketika digunakan secara integratif untuk melengkapi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari halaman-halaman facebook yang diamati dari responden yang mengambil mata kuliah Introduction of Second Language Acquisition (SLA). Data kemudian dideskripsikan dan dianalisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa weblog dan facebook dapat digunakan secara efektif untuk melengkapi kegiatan belajar.

Media jejaring sosial Facebook masih menjadi media jejaring sosial yang paling populer di kalangan mahasiswa, yang memanfaatkannya untuk kegiatan sosial maupun pembelajaran.Integrasi weblog dan Facebook, dengan dosen menyediakan materi di blog dan diskusi di grup Facebook, efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.Hal ini didukung oleh partisipasi mahasiswa dalam diskusi dan hasil kuesioner yang menunjukkan akses lebih baik terhadap materi dan diskusi.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi lebih dalam tentang jenis interaksi spesifik yang paling efektif dalam meningkatkan pemahaman materi perkuliahan melalui integrasi weblog dan platform media sosial lainnya. Studi lanjutan bisa berfokus pada bagaimana desain antarmuka weblog dan grup Facebook yang lebih intuitif dan menarik dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa secara signifikan. Selain itu, perlu diteliti juga mengenai pengaruh integrasi ini terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah mahasiswa. Investigasi juga diperlukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan efektivitas integrasi weblog dan Facebook pada berbagai kelompok usia dan tingkat kemampuan mahasiswa, serta bagaimana cara menyesuaikan pendekatan ini agar sesuai dengan kebutuhan belajar masing-masing. Penelitian juga penting untuk meneliti dampak jangka panjang dari pembelajaran terintegrasi ini terhadap retensi informasi dan penerapan pengetahuan di luar lingkungan akademik.

File size633.19 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test