UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanSaat ini, banyak mahasiswa menghabiskan waktu mereka di internet. Mereka melakukan kegiatan seperti membuat blog, mengunduh, mengunggah, chatting, dan berinteraksi melalui facebook. Mahasiswa sekarang ini hidup dengan teknologi. Penelitian menunjukkan bahwa weblog dan facebook berpotensi mendukung belajar dan mengajar. Guru dan pendidik menggunakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas weblog dan facebook ketika digunakan secara integratif untuk melengkapi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari halaman-halaman facebook yang diamati dari responden yang mengambil mata kuliah Introduction of Second Language Acquisition (SLA). Data kemudian dideskripsikan dan dianalisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa weblog dan facebook dapat digunakan secara efektif untuk melengkapi kegiatan belajar.
Media jejaring sosial Facebook masih menjadi media jejaring sosial yang paling populer di kalangan mahasiswa, yang memanfaatkannya untuk kegiatan sosial maupun pembelajaran.Integrasi weblog dan Facebook, dengan dosen menyediakan materi di blog dan diskusi di grup Facebook, efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.Hal ini didukung oleh partisipasi mahasiswa dalam diskusi dan hasil kuesioner yang menunjukkan akses lebih baik terhadap materi dan diskusi.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi lebih dalam tentang jenis interaksi spesifik yang paling efektif dalam meningkatkan pemahaman materi perkuliahan melalui integrasi weblog dan platform media sosial lainnya. Studi lanjutan bisa berfokus pada bagaimana desain antarmuka weblog dan grup Facebook yang lebih intuitif dan menarik dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa secara signifikan. Selain itu, perlu diteliti juga mengenai pengaruh integrasi ini terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah mahasiswa. Investigasi juga diperlukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan efektivitas integrasi weblog dan Facebook pada berbagai kelompok usia dan tingkat kemampuan mahasiswa, serta bagaimana cara menyesuaikan pendekatan ini agar sesuai dengan kebutuhan belajar masing-masing. Penelitian juga penting untuk meneliti dampak jangka panjang dari pembelajaran terintegrasi ini terhadap retensi informasi dan penerapan pengetahuan di luar lingkungan akademik.
| File size | 633.19 KB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-8u |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Pengguna dan pembelajar bahasa Inggris asal Vietnam sering membuat kesalahan pelafalan akibat kurangnya pengetahuan tentang cara dan tempat artikulasiPengguna dan pembelajar bahasa Inggris asal Vietnam sering membuat kesalahan pelafalan akibat kurangnya pengetahuan tentang cara dan tempat artikulasi
UNYUNY Penelitian menekankan pentingnya mengintegrasikan media literat serta aktivitas yang mempromosikan kemampuan asosiasi dalam pendidikan anak usia dini untukPenelitian menekankan pentingnya mengintegrasikan media literat serta aktivitas yang mempromosikan kemampuan asosiasi dalam pendidikan anak usia dini untuk
UNYUNY Pendekatan deep learning lebih cocok untuk dataset besar dengan kompleksitas tinggi.meskipun performa lebih baik, faktor waktu eksekusi perlu diperhatikanPendekatan deep learning lebih cocok untuk dataset besar dengan kompleksitas tinggi.meskipun performa lebih baik, faktor waktu eksekusi perlu diperhatikan
UNYUNY Kesimpulannya, permainan daring tidak serta-merta merugikan kesejahteraan sosial dan psikologis; manajemen waktu bermain dan kualitas interaksi sosialKesimpulannya, permainan daring tidak serta-merta merugikan kesejahteraan sosial dan psikologis; manajemen waktu bermain dan kualitas interaksi sosial
UNYUNY Perilaku kepala sekolah yang suportif secara positif memengaruhi persepsi keamanan kerja. Persepsi keamanan kerja guru sekolah swasta berada di bawah tingkatPerilaku kepala sekolah yang suportif secara positif memengaruhi persepsi keamanan kerja. Persepsi keamanan kerja guru sekolah swasta berada di bawah tingkat
UNYUNY Peningkatan tersebut terlihat pada dimensi konseptual, prosedural, dan afektif, di mana kelompok eksperimen menunjukkan retensi materi yang lebih tinggiPeningkatan tersebut terlihat pada dimensi konseptual, prosedural, dan afektif, di mana kelompok eksperimen menunjukkan retensi materi yang lebih tinggi
UNYUNY Ethiopia menghadapi peluang yang sangat besar serta tantangan signifikan dalam membentuk sistem pendidikan nasionalnya. Untuk memahami secara menyeluruhEthiopia menghadapi peluang yang sangat besar serta tantangan signifikan dalam membentuk sistem pendidikan nasionalnya. Untuk memahami secara menyeluruh
UNYUNY Feedback kualitatif juga menunjukkan bahwa siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi selama aktivitas membaca, karena strategi KWL memacu mereka menggunakanFeedback kualitatif juga menunjukkan bahwa siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi selama aktivitas membaca, karena strategi KWL memacu mereka menggunakan
Useful /
UNYUNY Sampel terdiri dari 61 siswa SMA di Kabupaten Buleleng, Bali, yang dipilih secara acak dan dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkanSampel terdiri dari 61 siswa SMA di Kabupaten Buleleng, Bali, yang dipilih secara acak dan dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan
UNYUNY Siswa yang belajar dengan PBL menunjukkan kemampuan berpikir kritis lebih baik dibandingkan siswa yang belajar dengan model konvensional. Oleh karena itu,Siswa yang belajar dengan PBL menunjukkan kemampuan berpikir kritis lebih baik dibandingkan siswa yang belajar dengan model konvensional. Oleh karena itu,
UNYUNY Metode yang digunakan meliputi pulping, bleaching, dan pembuatan lembaran kertas, kemudian dibandingkan dengan kertas komersial. Hasilnya menunjukkan bahwaMetode yang digunakan meliputi pulping, bleaching, dan pembuatan lembaran kertas, kemudian dibandingkan dengan kertas komersial. Hasilnya menunjukkan bahwa
UNYUNY Pengumpulan data lewat angket, dokumentasi, dan observasi, sedang analisis data dengan teknik deskriptif dan Multivariate Analysis of Covariance (Mancova).Pengumpulan data lewat angket, dokumentasi, dan observasi, sedang analisis data dengan teknik deskriptif dan Multivariate Analysis of Covariance (Mancova).