INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM

TA'DIBAN: Journal of Islamic EducationTA'DIBAN: Journal of Islamic Education

Penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi siswa mengikuti pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler muhadarah di Pondok Pesantren Arrummani Kampar. Jenis penelitian adalah lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi berjumlah 59 siswa, kepala sekolah, guru pembina, dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Hasil menunjukkan: (1) 81,35% siswa mengikuti muhadarah karena dorongan internal; (2) Faktor dominan adalah keinginan sendiri (52,54%) dan faktor eksternal seperti lingkungan serta keluarga (47,45%); (3) Upaya guru meliputi mendatangkan pembina berpengalaman, pemberian amplus, dan hadian bagi kelas berkinerja baik.

Motivasi siswa mengikuti muhadarah utama berasal dari dalam diri.Faktor internal lebih dominan, namun lingkungan dan keluarga tetap berperan.Guru berhasil meningkatkan motivasi melalui pembinaan berkelanjutan, reward, serta perlombaan.

Bagaimana pengaruh peran serta orang tua dalam mempertahankan motivasi berbicara di depan umum siswa pesantun selama kegiatan muhadarah? Apakah model mentoring kakak-beradik dapat memperkuat minat berbahasa Arab dan Inggris sekaligus menumbuhkan rasa tanggung jawab sosial? Selanjutnya, apakah pemanfaatan media video self-reflection berbasis ponsel pintar efektif meningkatkan kepercayaan diri dan kualitas performa muhadarah secara berkelanjutan?.

  1. THE INTELLIGENT MEANING IN THE QUR'AN: Nalysis Of The Sure Potential In The Al-Qur'an As A... doi.org/10.24014/jiik.v9i2.8388THE INTELLIGENT MEANING IN THE QURAN Nalysis Of The Sure Potential In The Al Quran As A doi 10 24014 jiik v9i2 8388
Read online
File size669.77 KB
Pages16
Short Linkhttps://juris.id/p-1mS
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test