ASSALAMASSALAM

Journal of Multicultural Education and Social StudiesJournal of Multicultural Education and Social Studies

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penentu motivasi mahasiswa pada Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAIN Takengon, dengan fokus pada aspek sosial, ekonomi, dan akademik pada angkatan 2023–2024. Motivasi merupakan faktor psikologis penting yang memengaruhi ketekunan, pencapaian, serta orientasi profesional mahasiswa dalam pendidikan tinggi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional, melibatkan 120 mahasiswa pascasarjana yang dipilih melalui teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala motivasi standar yang diadaptasi dari kerangka Self-Determination Theory (SDT) oleh Deci dan Ryan, kemudian dianalisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial (β = 0,36, p < 0,01), efikasi diri akademik (β = 0,42, p < 0,001), dan stabilitas ekonomi (β = 0,29, p < 0,05) berpengaruh signifikan terhadap motivasi mahasiswa untuk melanjutkan studi magister di bidang Pendidikan Agama Islam. Di antara ketiga faktor tersebut, aspek akademik memberikan pengaruh paling besar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi mahasiswa dalam pendidikan tinggi Islam merupakan konstruksi multidimensional yang dipengaruhi oleh aspirasi pribadi, latar belakang sosial-ekonomi, dan iklim akademik. Penelitian ini merekomendasikan kebijakan institutional yang menekankan bantuan finansial, program pendampingan, dan keterlibatan sosial untuk mempertahankan motivasi intrinsik mahasiswa.

Motivasi mahasiswa dalam pendidikan tinggi Islam, khususnya di Program Magister Pendidikan Agama Islam IAIN Takengon, dipengaruhi oleh faktor sosial, ekonomi, dan akademik.Faktor akademik memberikan kontribusi terbesar, diikuti oleh faktor sosial dan ekonomi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi motivasi ini multidimensional dan dipengaruhi oleh aspirasi pribadi, latar belakang sosial-ekonomi, serta iklim akademik.Kebijakan institusi yang menekankan bantuan finansial, program mentoring, dan keterlibatan masyarakat diperlukan untuk menjaga motivasi intrinsik mahasiswa.

Penelitian lanjutan dapat menggali dampak penerapan teknologi belajar digital terhadap motivasi mahasiswa pascasarjana dalam konteks pendidikan tinggi Islam. Selain itu, penting untuk menguak mekanisme keterlibatan masyarakat dalam mendukung motivasi mahasiswa melalui program komunitas yang berbasis nilai-nilai keagamaan. Studi juga perlu memperkuat analisis tentang bagaimana kebijakan kesejahteraan ekonomi pemerintah dapat diintegrasikan ke dalam sistem pendidikan tinggi Islam untuk mengurangi beban finansial mahasiswa secara berkelanjutan.

  1. 0. endobj font procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs jfif 48g9 bybgnptut3... e-iji.net/dosyalar/iji_2021_3_10.pdf0 endobj font procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs jfif 48g9 bybgnptut3 e iji dosyalar iji 2021 3 10 pdf
  2. Fostering Scientific Creativity in the Classroom: The Concept of Flex-Based Learning | Haim | International... ijlter.org/index.php/ijlter/article/view/4969/pdfFostering Scientific Creativity in the Classroom The Concept of Flex Based Learning Haim International ijlter index php ijlter article view 4969 pdf
  1. #agama islam siswa#agama islam siswa
  2. #peran agama islam#peran agama islam
Read online
File size284.21 KB
Pages10
DMCAReport

Related /

ads-block-test