INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM
TA'DIBAN: Journal of Islamic EducationTA'DIBAN: Journal of Islamic EducationKajian ini mendeskripsikan pemikiran pendidikan Islam Al-Abrasyi dalam kitab At-Tarbiyah Al-Islamiyyah wa Falasifatuha dan kitab Beliau lainnya dan relevansinya dengan konsep pendidikan kekinian yang meliputi definisi, tujuan, dasar-dasar dan juga menyangkut pendidik dan peserta didik, pendidikan wanita dalam Islam yang masih sangat relevan dengan pendidikan dewasa ini. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Al-Abrasyi adalah seorang cendekiawan, tokoh pendidikan, ulama dan seorang guru besar yang hidup pada abad XX di Mesir. Secara umum pemikirannya tentang pendidikan Islam banyak dipengaruhi oleh pemikiran Ibnu Sina, Ibnu Miskawaih, Imam al-Ghazali dan Ibnu Khaldun. Hasil dari kajian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Islam memang mengutamakan pendidikan akhlak yang merupakan ruhnya, tetapi tidak mengabaikan masalah mempersiapkan seseorang untuk hidup, mencari rezeki dan tidak pula melupakan pendidikan jasmani, akal, hati, kemauan, cita-cita, keterampilan tangan, lisan dan kepribadian. Pendidikan Islam memiliki prinsip yang komprehensif yang kuat, adil dan demokratis. Pendidik dan peserta didik sama mulianya, sehingga banyak aspek yang harus diperhatikan dan dijaga dan terakhir dinamika pendidikan wanita, Albrasyi sangat luas dan komprehensif membahas pokok-pokok pendidikan Islam, dalam tulisan ini hanya bagian sedikit saja yang diulas.
Dari paparan dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan pokok-pokok penting pemikiran pendidikan Muhammad Atiyah Al-Abrasy.Pertama, pendidikan Islam adalah mempersiapkan manusia supaya hidup dengan sempurna dan berbahagia, mencintai tanah air, tegap jasmaninya, sempurna budi pekertinya (akhlaknya), teratur pikirannya, halus perasaannya, mahir dalam pekerjaannya, manis tutur katanya baik dengan lisan maupun tulisan.Kedua, tujuan Pendidikan yang dikemukakan oleh Al-Abrasyi adalah lebih konsen kepada jiwa dan akhlak, namun segi-segi kehidupan yang lain juga menjadi tujuan yang tidak dapat dilupakan dan diabaikan.Ketiga, Dasar-dasar pendidikan yang dimaksud oleh Abrasyi adalah prinsip-prinsip dasar dalam pendidikan Islam.
Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana prinsip-prinsip pendidikan Al-Abrasyi dapat diimplementasikan dalam konteks pendidikan modern, khususnya dalam pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan peserta didik abad ke-21. Kedua, penelitian kualitatif mendalam dapat dilakukan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam menerapkan pendidikan akhlak sesuai dengan pemikiran Al-Abrasyi di berbagai lingkungan sosial dan budaya. Ketiga, penelitian komparatif dapat dilakukan untuk membandingkan pemikiran Al-Abrasyi dengan tokoh-tokoh pendidikan Islam lainnya, guna menghasilkan sintesis pemikiran yang lebih komprehensif dan relevan dengan perkembangan pendidikan saat ini. Dengan demikian, diharapkan penelitian lanjutan ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Islam yang berlandaskan pada nilai-nilai universal dan relevan dengan tantangan zaman.
| File size | 1 MB |
| Pages | 15 |
| Short Link | https://juris.id/p-1mR |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Masa dalam kandungan merupakan masa keemasan yang perlu kita asah, untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan anak terutama mengenai akhlak danMasa dalam kandungan merupakan masa keemasan yang perlu kita asah, untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan anak terutama mengenai akhlak dan
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru telah mengintegrasikan Pendidikan Berbasis Akidah (PBA) dengan mata pelajaran dalam proses belajar mengajar, meskipunPenelitian ini menyimpulkan bahwa guru telah mengintegrasikan Pendidikan Berbasis Akidah (PBA) dengan mata pelajaran dalam proses belajar mengajar, meskipun
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Salah satu dimensi tersebut adalah institusi keluarga. Dalam Islam, pendidikan keluarga yang teraplikasi dalam struktur rumah tangga memiliki posisi yangSalah satu dimensi tersebut adalah institusi keluarga. Dalam Islam, pendidikan keluarga yang teraplikasi dalam struktur rumah tangga memiliki posisi yang
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Pelaksanaannya dalam pembelajaran PAI belum terlaksana secara maksimal, karena guru sering atau cenderung hanya kepada siswa yang bisa saja tanpa memperhatikanPelaksanaannya dalam pembelajaran PAI belum terlaksana secara maksimal, karena guru sering atau cenderung hanya kepada siswa yang bisa saja tanpa memperhatikan
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi siswa mengikuti pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler muhadarah di Pondok Pesantren ArrummaniPenelitian ini bertujuan mengetahui motivasi siswa mengikuti pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler muhadarah di Pondok Pesantren Arrummani
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, saran yang dapat disampaikan kepada guru, kepala sekolah, dan orang tua yaitu untuk memperhatikan kesulitanBerdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, saran yang dapat disampaikan kepada guru, kepala sekolah, dan orang tua yaitu untuk memperhatikan kesulitan
IPTSIPTS Mahasiswa dinilai sopan, santun, dan memiliki semangat belajar tinggi. Mereka juga mampu menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan. Namun, berdasarkanMahasiswa dinilai sopan, santun, dan memiliki semangat belajar tinggi. Mereka juga mampu menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan. Namun, berdasarkan
UNYUNY Namun, literatur yang membahas strategi untuk mempromosikan literasi digital siswa masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian kualitatif ini bertujuanNamun, literatur yang membahas strategi untuk mempromosikan literasi digital siswa masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian kualitatif ini bertujuan
Useful /
UNYUNY Mahasiswa pendidikan olahraga menilai kualitas hidup lebih tinggi, khususnya pada dimensi fisik dan lingkungan, sedangkan mahasiswa non‑pendidikan olahragaMahasiswa pendidikan olahraga menilai kualitas hidup lebih tinggi, khususnya pada dimensi fisik dan lingkungan, sedangkan mahasiswa non‑pendidikan olahraga
UNYUNY Studi ini menyarankan bahwa penting untuk meneliti lebih lanjut hal ini dan membantu guru dalam menggunakan L1 secara sistematis di kelas L2. PenelitianStudi ini menyarankan bahwa penting untuk meneliti lebih lanjut hal ini dan membantu guru dalam menggunakan L1 secara sistematis di kelas L2. Penelitian
UNYUNY Peningkatan kualitas guru telah menjadi tantangan global, dan pemerintah merespon masalah ini dengan menyediakan berbagai program untuk peningkatan kapasitasPeningkatan kualitas guru telah menjadi tantangan global, dan pemerintah merespon masalah ini dengan menyediakan berbagai program untuk peningkatan kapasitas
UNYUNY Desain penelitian eks‑post‑faktum dengan pendekatan kuantitatif diterapkan; sebanyak 262 responden dipilih secara purposive random sampling dan dataDesain penelitian eks‑post‑faktum dengan pendekatan kuantitatif diterapkan; sebanyak 262 responden dipilih secara purposive random sampling dan data