INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM

TA'DIBAN: Journal of Islamic EducationTA'DIBAN: Journal of Islamic Education

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui . Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan awal pembelajaran agama dengan asumsi bahwa anak didik dapat belajar dengan baik dan sepenuhnya memahami materi pelajaran dengan strategi atau pendekatan yang diberikan guru, namun belum terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat karena guru hanya memperhatikan siswa yang pandai saja. Pelaksanaannya dalam pembelajaran PAI belum terlaksana secara maksimal, karena guru sering atau cenderung hanya kepada siswa yang bisa saja tanpa memperhatikan perbedaan dari masing-masing individu siswa.

1) Perencanaan pembelajaran didasarkan pada asumsi bahwa siswa dapat belajar dengan baik dan memahami materi pelajaran dengan strategi yang diberikan guru.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pendekatan individual dalam pembelajaran PAI, seperti pelatihan guru, dukungan sekolah, dan karakteristik siswa. Hal ini penting untuk memahami bagaimana pendekatan individual dapat diimplementasikan secara lebih efektif di berbagai konteks sekolah. Kedua, penelitian dapat dilakukan untuk mengembangkan model pendekatan individual yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di daerah pedesaan, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti akses ke sumber daya dan tingkat pendidikan orang tua. Model ini dapat menjadi panduan bagi guru dalam merancang pembelajaran yang lebih personal dan relevan bagi siswa. Ketiga, penelitian dapat mengeksplorasi peran teknologi dalam mendukung pendekatan individual dalam pembelajaran PAI, misalnya melalui penggunaan platform pembelajaran adaptif atau aplikasi yang dapat memantau kemajuan belajar siswa secara individual. Dengan memanfaatkan teknologi, guru dapat memberikan umpan balik yang lebih personal dan membantu siswa belajar dengan kecepatan dan gaya belajar masing-masing.

Read online
File size210.15 KB
Pages6
Short Linkhttps://juris.id/p-1mQ
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test