IPTSIPTS

JURNAL KEWARGANEGARAANJURNAL KEWARGANEGARAAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru PKn dalam mengembangkan karakter, kendala yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan oleh guru PKn dalam mengembangkan karakter untuk siswa kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PKn berperan sebagai teladan, inspirator, motivator, dinamisator, dan evaluator dalam mengembangkan karakter siswa. Kendala yang dihadapi meliputi pengaruh lingkungan keluarga dan masyarakat, serta perilaku negatif dari teman sebaya. Upaya yang dilakukan antara lain mematuhi peraturan sekolah, mengintegrasikan nilai-nilai karakter melalui diskusi, studi kasus, dan penguatan nilai moral.

Guru PKn memiliki peran penting dalam mengembangkan karakter siswa melalui berbagai strategi seperti menjadi teladan dan motivator.Kendala utama meliputi pengaruh lingkungan dan motivasi siswa yang rendah.Upaya yang dilakukan mencakup penerapan metode pembelajaran aktif dan kerjasama dengan orang tua serta guru BK.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan metode pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan karakter, mengingat pengaruh media sosial yang signifikan. Selain itu, perlu dilakukan studi tentang peran kolaboratif antara guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Terakhir, penelitian tentang dampak jangka panjang pendidikan karakter terhadap perilaku siswa di lingkungan sosial dapat memberikan wawasan lebih mendalam.

Read online
File size178.82 KB
Pages10
Short Linkhttps://juris.id/p-1mV
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

Useful /

ads-block-test