STITPEMALANGSTITPEMALANG
MadaniyahMadaniyahTidak dapat dipungkiri lagi bahwa agama merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh manusia. Dimana agama dijadikan sebagai tolak ukur dan pedoman bagi keberlangsungan hidupnya. Oleh karena itu, sangat diperlukan pelaksanaan tentang penelitian agama yang dapat memberikan kontribusi besar dalam memahami apa itu sebenarnya agama. Di Indonesia sendiri sudah mulai banyak bermunculan penelitian agama, namun hasil-hasilnya kurang memberikan kontribusi dalam memahami tentang apa itu agama. Hal ini diungkapkan oleh H. A. Mukti Ali yang menjelaskan bahwa penelitian agama selama ini tidak menggunakan metode yang tepat dalam pelaksanaannya. Sehingga ia merumuskan sebuah metode yang disebut dengan metode sintesis sebagai jawaban dari kegelisahannya terhadap kekurangan dari penelitian agama selama ini. Melalui metode sintesis yang dikembangkan oleh Mukti Ali ini dapat menelurkan hasil-hasil penelitian yang mutakhir tentang agama, termasuk agama Islam. Karena yang diperoleh bukan saja bersifat doktriner, melainkan juga bersifat ilmiah dalam mengkaji hal ikhwal tentang agama. Dengan demikian, penelitian agama dapat memberikan kontribusi atau sumbangan terhadap berbagai disiplin ilmu yang lain, seperti sosial, budaya, politik, ekonomi, termasuk juga dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap pengembangan konsep pendidikan Islam.
Dari berbagai uraian di atas, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut.(1) pelaksanaan penelitian agama ialah untuk melukiskan salah satu kelompok sosial, gejala-gejala dalam masyarakat atau salah satu kelompok agama, bukan untuk memperkembangkan teori-teori baru tentang agama, umat beragama dan sebagainya.(2) terdapat metode yang khas dari penelitian agama, yakni metode sintesis yang merupakan gabungan dari metode doktriner dengan metode ilmiah, (3) perlunya kerjasama yang baik antara penelitian agama dengan penelitian lain, karena sedikit banyaknya dalam penelitian agama membutuhkan data yang berasal dari penelitian lain tersebut, dan (4) hasil penelitian agama memberikan kontribusi yang besar terhadap berbagai disiplin ilmu, termasuk pengembangan konsep pendidikan Islam, dimana hasilnya dapat dijadikan sebagai acuan atau paradigma alternatif dalam usaha pengembangannya.
Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas metode sintesis H.A. Mukti Ali dalam konteks penelitian agama di era digital saat ini, dengan mempertimbangkan perubahan sosial dan teknologi yang pesat. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan indikator keberhasilan penelitian agama yang tidak hanya mengukur aspek kuantitatif, tetapi juga aspek kualitatif, seperti dampak penelitian terhadap perubahan sosial dan pemahaman agama masyarakat. Ketiga, penelitian dapat mengeksplorasi bagaimana hasil penelitian agama dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat.
| File size | 170.4 KB |
| Pages | 16 |
| Short Link | https://juris.id/p-1pz |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Peran ibu sebagai pendidik sangat penting yaitu ibu yang menyusui, ibu sebagai pelindung, ibu sebagai pendidik. Seorang ibu telah hadir pada awal pertumbuhanPeran ibu sebagai pendidik sangat penting yaitu ibu yang menyusui, ibu sebagai pelindung, ibu sebagai pendidik. Seorang ibu telah hadir pada awal pertumbuhan
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Hal ini terlihat karena guru hanya memperhatikan siswa yang pandai saja. Pelaksanaannya dalam pembelajaran PAI belum terlaksana secara maksimal, karenaHal ini terlihat karena guru hanya memperhatikan siswa yang pandai saja. Pelaksanaannya dalam pembelajaran PAI belum terlaksana secara maksimal, karena
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Hasil menunjukkan: (1) 81,35% siswa mengikuti muhadarah karena dorongan internal; (2) Faktor dominan adalah keinginan sendiri (52,54%) dan faktor eksternalHasil menunjukkan: (1) 81,35% siswa mengikuti muhadarah karena dorongan internal; (2) Faktor dominan adalah keinginan sendiri (52,54%) dan faktor eksternal
SHARIAJOURNALS UINJAMBISHARIAJOURNALS UINJAMBI Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian adalah konsep fiqh mawaris. Hasilnya, pembagian warisan kepadaMetode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian adalah konsep fiqh mawaris. Hasilnya, pembagian warisan kepada
STITPEMALANGSTITPEMALANG Nilai-nilai inklusif pendidikan pesantren mampu membuat masyarakat pesantren mempunyai tradisi yang khas. Sistem pendidikan dan tradisi pesantren melahirkanNilai-nilai inklusif pendidikan pesantren mampu membuat masyarakat pesantren mempunyai tradisi yang khas. Sistem pendidikan dan tradisi pesantren melahirkan
STITPEMALANGSTITPEMALANG Kurikulum pendidikan Islam bermakna sebagai rangkaian program yang mengarahkan kegiatan belajar mengajar secara terencana, sistematis, dan bertujuan untukKurikulum pendidikan Islam bermakna sebagai rangkaian program yang mengarahkan kegiatan belajar mengajar secara terencana, sistematis, dan bertujuan untuk
STITPEMALANGSTITPEMALANG Selain itu, juga diajarkan pembiasaan-pembiasaan bernuansa Islami agar terbentuk akhlak karimah. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus disesuaikanSelain itu, juga diajarkan pembiasaan-pembiasaan bernuansa Islami agar terbentuk akhlak karimah. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus disesuaikan
STITPEMALANGSTITPEMALANG Banyaknya konsep dan rumus tekanan yang harus dikuasai siswa pada Mata Pelajaran IPA sangat memberatkan peserta didik bilamana proses pembelajaran hanyaBanyaknya konsep dan rumus tekanan yang harus dikuasai siswa pada Mata Pelajaran IPA sangat memberatkan peserta didik bilamana proses pembelajaran hanya
Useful /
UMKUMK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan motivasi Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan langsung pada siswa kelas XIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan motivasi Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan langsung pada siswa kelas XI
UMKUMK Maka aktivitas semacam itu merupakan bentuk interaksi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis di SMPN II Sulamu yang penulis kaji tentangMaka aktivitas semacam itu merupakan bentuk interaksi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis di SMPN II Sulamu yang penulis kaji tentang
UMKUMK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Intensitas Ibadah dengan Adversity Quotient dalam penyusunan tugas akhir mahasiswa Fakultas AgamaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Intensitas Ibadah dengan Adversity Quotient dalam penyusunan tugas akhir mahasiswa Fakultas Agama
STITPEMALANGSTITPEMALANG Penilaian merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas pendidikan, terutama penilaian dalam pelajaran fisika, khususnya penilaian praktikum fisikaPenilaian merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas pendidikan, terutama penilaian dalam pelajaran fisika, khususnya penilaian praktikum fisika