UNP KEDIRIUNP KEDIRI

EfektorEfektor

Kemampuan numerasi memainkan peran krusial dalam kehidupan keseharian, termasuk bagi anak usia dini. Berdasarkan observasi awal di TK Putera Bhakti didapatkan adanya permasalahan rendahnya kemampuan numerasi anak dan kurangnya stimulasi yang diberikan oleh guru, sehingga peneliti menerapkan media Edugame Star untuk meningkatkan kemampuan numerasi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan guna menciptakan pengaruh penerapan multimedia interaktif Edugame Star dalam meningkatan kemampuan numerasi anak usia dini dan menganalisis perbedaannya dengan media pembelajaran konvensional. Peneliti memilih metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu dan desain Posttest-only design with nonequivalent groups untuk melakukan pembuktian. Populasi dalam penelitian mencakup keseluruhan peserta didik di TK Putera Bhakti dengan 2 kelompok sampel, diantaranya kelompok eksperimen (B3) dan kelompok kontrol (B1). Hasil penelitian berdasarkan uji Mann U Whitney Test menunjukkann bahwa nilai Exact Sig. [2*(1-tailed Sig.)] sebesar 0,009 < 0,05, maka H0 dinyatakan ditolak, yang berarti terdapat pengaruh penerapan multimedia interaktif Edugame Star terhadap kemampuan numerasi anak usia dini. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan nilai pada hasil mean rank, yaitu kelompok kontrol mencapai 13,97 dan kelompok eksperimen 23,03 yang menghasilkan selisih sebesar 9,06. Selisih yang cukup signifikan ini menyebabkan H0 ditolak, yang berarti bahwa terdapat perbedaan penerapan multimedia interaktif Edugame Star dengan penerapan media konvensional.

Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,009 < 0,05 pada hasil posttest kemampuan numerasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Penggunaan media Edugame Star terbukti memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan numerasi dibandingkan media konvensional.Implementasi multimedia interaktif Edugame Star secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan numerasi pada anak usia dini.

Pertama, perlu diteliti efektivitas Edugame Star pada usia anak yang lebih dini, misalnya kelompok usia 3-4 tahun, untuk mengetahui apakah media ini juga mampu merangsang perkembangan numerasi sejak dini. Kedua, penelitian lanjutan dapat mengembangkan versi Edugame Star yang mencakup aspek emosional dan sosial anak, sehingga tidak hanya fokus pada keterampilan kognitif tetapi juga membentuk karakter melalui permainan edukatif. Ketiga, sebaiknya dilakukan studi perbandingan antara penggunaan Edugame Star di lingkungan sekolah dan di rumah dengan keterlibatan orang tua, untuk mengevaluasi pengaruh setting dan pendampingan terhadap efektivitas pembelajaran numerasi. Penelitian-penelitian ini dapat memperluas aplikasi media tersebut dan menilai dampak jangka panjangnya terhadap perkembangan anak. Selain itu, pengembangan konten Edugame Star dalam berbagai tema numerasi lanjutan seperti pengukuran, pola kompleks, dan konsep waktu perlu dieksplorasi. Studi tentang daya tarik jangka panjang media ini terhadap anak juga penting untuk dicek. Penelitian yang melibatkan sampel lebih luas dari berbagai daerah juga dapat menguji generalisasi hasil temuan. Dengan demikian, Edugame Star dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran yang lebih komprehensif dan adaptif. Kolaborasi dengan ahli teknologi pendidikan untuk membangun versi aplikasi mandiri dari Edugame Star juga layak dikaji. Hal ini akan memudahkan akses dan penggunaan media di luar lingkungan sekolah.

  1. Star Interactive Multimedia Edugame: A Solution to Enhance Numeracy in Early Childhood | Efektor. star... ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/24612Star Interactive Multimedia Edugame A Solution to Enhance Numeracy in Early Childhood Efektor star ojs unpkediri ac index php efektor e article view 24612
  2. PENTINGNYA UJI ASUMSI KLASIK PADA ANALISIS REGRESI LINIER BERGANDA (STUDI KASUS PENYUSUNAN PERSAMAAN... doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342PENTINGNYA UJI ASUMSI KLASIK PADA ANALISIS REGRESI LINIER BERGANDA STUDI KASUS PENYUSUNAN PERSAMAAN doi 10 30598 barekengvol14iss3pp333 342
  3. Home Page. home page foundation profit organization govern digital object identifier system behalf agencies... Doi.OrgHome Page home page foundation profit organization govern digital object identifier system behalf agencies Doi Org
  1. #sosial anak usia#sosial anak usia
  2. #usia anak#usia anak
File size422.28 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test