UNP KEDIRIUNP KEDIRI

EfektorEfektor

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, kenyamanan, dan kualitas informasi terhadap keputusan belanja produk fashion Islami melalui shopee dari perspektif ekonomi Islam di provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan mix methode, yaitu gabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif mengirimkan kuesioner kepada 100 responden terpilih dengan menggunakan teknik non-statistical sampling melalui purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS 4.0. Kualitatif dilakukan kepada 10 informan dari berbagai latar belakang (5 mahasiswa, 1 guru, 1 pegawai swasta, 2 pelajar, 1 ibu rumah tangga), yang juga merupakan pengguna aktif Shopee dan pernah membeli fashion Islami lebih dari dua kali. Hasil temuan menunjukkan bahwa kepercayaan tidak memiliki perngaruh terhadap keputusan membeli fashion Islami melalui shopee dari sudut pandang ekonomi Islam. Sedangkan, kemudahan dan kualitas informasi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion Islami melalui shopee dalam perspektif ekonomi Islam.

Variabel kepercayaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion Islami secara online, kemungkinan karena adanya faktor lain seperti harga.Variabel kemudahan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, di mana sistem yang mudah digunakan berpotensi meningkatkan keputusan pembelian online dalam perspektif ekonomi Islam.Variabel kualitas informasi juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, karena spesifikasi produk yang jelas membantu konsumen memenuhi ekspektasi mereka.

Berdasarkan keterbatasan wilayah penelitian hanya di Jawa Tengah, penelitian lanjutan dapat membandingkan faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian produk fashion Islami di berbagai provinsi Indonesia dengan karakteristik ekonomi dan budaya berbeda. Penelitian selanjutnya juga dapat mengidentifikasi faktor lain seperti harga, promosi, atau preferensi merek yang tidak diteliti dalam studi ini tetapi berpotensi memengaruhi keputusan pembelian konsumen Muslim. Selain itu, perlu dikembangkan penelitian tentang efektivitas implementasi label halal dan nilai-nilai syariah dalam membangun kepercayaan spiritual konsumen, bukan hanya kepercayaan fungsional terhadap platform e-commerce. Studi ini dapat menjelaskan bagaimana integrasi prinsip Islam yang lebih mendalam dalam transaksi online dapat memperkuat keputusan pembelian yang selaras dengan ekonomi Islam.

  1. Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online |... doi.org/10.33395/owner.v6i2.772Pengaruh Persepsi Keamanan Kualitas Informasi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online doi 10 33395 owner v6i2 772
  2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam : Studi... doi.org/10.56910/gemilang.v4i1.1025Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam Studi doi 10 56910 gemilang v4i1 1025
  3. Vol. 3 No. 4 (2022): Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi (Maret 2022) | Jurnal Ekonomi Manajemen... doi.org/10.31933/jemsi.v3i4Vol 3 No 4 2022 Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi Maret 2022 Jurnal Ekonomi Manajemen doi 10 31933 jemsi v3i4
  1. #integrasi prinsip islam#integrasi prinsip islam
File size510.14 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test