UNUJAUNUJA
Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan IslamAl-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan IslamPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi eskalasi integrasi nilai-nilai spiritual ke dalam kurikulum dan penerapannya secara holistik melalui dukungan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif di empat madrasah, dimana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahannya, data yang terkumpul dibahas dalam FGD dengan 144 peserta secara daring dan luring. Hasil penelitian ini antara lain: 1) konvergensi pendapat di antara seluruh pemangku kepentingan sepakat memasukkan dan menggabungkan empat kategori spiritual yang esensial, yaitu tauhid (Keesaan Tuhan), akhlak (akhlak baik), Ibadah, dan Jihad (perjuangan), ke dalam kurikulum pendidikan, mengikuti keyakinan umum dan hasil musyawarah; 2) lima strategi yang secara praktis diimplementasikan ke dalam kegiatan holistik dan integratif berikut ini, antara lain; (1) menetapkan kebijakan eskalasi integrasi kurikulum; (2) terintegrasi dalam penerapan seluruh materi; (3) dilakukan secara bersama-sama antara sekolah dan orang tua; (4) dikontrol secara administratif melalui buku penghubung dan buku saku harian (amalul yaum); dan (5) dilakukan dalam berbagai tindakan nyata; 3) pemimpin mempunyai visi yang jelas dan menjadi panutan terbaik. Penelitian ini memberikan implikasi tentang pentingnya pemimpin visioner dalam memperkuat nilai‑nilai spiritual dalam kurikulumnya secara terencana, sistematis dan totalitas.
Integrasi nilai‑spiritual ke dalam kurikulum sekolah penting mengingat tantangan dan persaingan yang dihadapi siswa.Pendekatan holistik ini dapat meningkatkan pencapaian akademik serta kesejahteraan emosional dan sosial siswa.Penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner dan partisipasi komunitas menjadi faktor kunci dalam memperkuat nilai‑spiritual tersebut.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi dampak integrasi konten spiritual digital (misalnya video, aplikasi) terhadap pemahaman nilai spiritual siswa. Penelitian kuantitatif dapat menilai efektivitas pelatihan guru yang berfokus pada pengembangan modul integrasi spiritual agar materi dapat disampaikan secara kontekstual. Studi komparatif antara madrasah di wilayah perkotaan dan pedesaan dapat mengidentifikasi hambatan dan kelebihan dalam pelaksanaan kebijakan kewajiban spiritual. Analisis longitudinal tentang persepsi orang tua, guru, dan siswa terhadap strategi kepemimpinan kepala sekolah dapat menilai perubahan sikap seiring waktu. Pengembangan model evaluasi berbasis partisipatif untuk menilai interaksi sekolah‑kemasyarakatan dapat mempermudah peninjauan kebijakan. Penelitian eksploratif tentang penggunaan media sosial sebagai jalur penyebaran nilai spiritual dapat membuka pendekatan inovatif. Analisis kebijakan lembaga pendidikan dalam menyesuaikan fase pelatihan untuk para pemimpin dapat memberikan pedoman praktis. Kajian meta‑analisis terhadap literatur nasional mengenai integrasi spiritual dalam kurikulum dapat menegaskan titik kuat. Studi tindakan kolaboratif dapat mendorong perbaikan berkelanjutan. Akhirnya, pemantauan dan evaluasi berkelanjutan harus menjadi komponen inheren dalam setiap program integrasi spiritual.
- THE PRINCIPALS' EFFORTS IN FACILITATING THE FREEDOM TO LEARN BY ENHANCING COMMUNITY PARTICIPATION... doi.org/10.21831/cp.v40i1.36119THE PRINCIPALS EFFORTS IN FACILITATING THE FREEDOM TO LEARN BY ENHANCING COMMUNITY PARTICIPATION doi 10 21831 cp v40i1 36119
- The Importance of the Spiritual Dimension in Improving the Mental Well-Being of College Students | Studies... doi.org/10.46627/SILET.V5I2.382The Importance of the Spiritual Dimension in Improving the Mental Well Being of College Students Studies doi 10 46627 SILET V5I2 382
- COVID-19 and Remote Learning: Experiences of Parents with Children during the Pandemic. covid remote... ajqr.org/article/parents-experiences-with-remote-education-during-covid-19-school-closures-8471COVID 19 and Remote Learning Experiences of Parents with Children during the Pandemic covid remote ajqr article parents experiences with remote education during covid 19 school closures 8471
| File size | 279.33 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNUJAUNUJA Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang tata kelola pendidikan tinggi, menyoroti peran kepemimpinan adaptif, transparansi dalam pengambilan keputusan,Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang tata kelola pendidikan tinggi, menyoroti peran kepemimpinan adaptif, transparansi dalam pengambilan keputusan,
UNTANUNTAN Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan transformasional dalam pengelolaan administrasi sekolah di MAS Mathlaul Anwar Pontianak.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan transformasional dalam pengelolaan administrasi sekolah di MAS Mathlaul Anwar Pontianak.
OJS INDONESIAOJS INDONESIA Penelitian ini membantu masyarakat memahami peran media dalam konteks politik dan demokrasi, serta menekankan pentingnya integritas dan etika dalam komunikasiPenelitian ini membantu masyarakat memahami peran media dalam konteks politik dan demokrasi, serta menekankan pentingnya integritas dan etika dalam komunikasi
OJS INDONESIAOJS INDONESIA Persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya menjadi dasar pertimbangan hakim dalam sengketa merek MASTERTINT dan MasterTint. Putusan tersebut menggarisbawahiPersamaan pada pokoknya atau keseluruhannya menjadi dasar pertimbangan hakim dalam sengketa merek MASTERTINT dan MasterTint. Putusan tersebut menggarisbawahi
Useful /
UNIBUNIB Siswa hanya menggunakan Conventionally Inidirect Level ketika mereka mengungkapkan permintaan kepada lawan bicara, yaitu can, could, and would yang termasukSiswa hanya menggunakan Conventionally Inidirect Level ketika mereka mengungkapkan permintaan kepada lawan bicara, yaitu can, could, and would yang termasuk
OJS INDONESIAOJS INDONESIA Penelitian deskriptif adalah suatu metode penelitian yang menggambarkan semua data atau keadaan subjek atau objek penelitian kemudian dianalisis dan dibandingkanPenelitian deskriptif adalah suatu metode penelitian yang menggambarkan semua data atau keadaan subjek atau objek penelitian kemudian dianalisis dan dibandingkan
OJS INDONESIAOJS INDONESIA Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara yang disertai dokumentasi langsung. Peneliti mengidentifikasi lima informan: Kepala Desa,Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara yang disertai dokumentasi langsung. Peneliti mengidentifikasi lima informan: Kepala Desa,
ESDMESDM Model yang dibangun terbukti robust dan stabil, dengan nilai RMSE cross‑validation selalu di bawah 0,04, menegaskan keandalan teknik regresi untuk memprediksiModel yang dibangun terbukti robust dan stabil, dengan nilai RMSE cross‑validation selalu di bawah 0,04, menegaskan keandalan teknik regresi untuk memprediksi