EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa kelas lima di SD Negeri Sosrowijayan setelah mengikuti pembelajaran matematika menggunakan model LOC-R (Literacy, Orientation, Collaboration, Reflection). Metode penelitian menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan 20 siswa sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis indikator dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dalam bentuk rata-rata skor, persentase, dan kategori kemampuan. Hasil menunjukkan rata-rata skor keterampilan berpikir kritis sebesar 85,2 (kategori tinggi). Indikator tertinggi adalah menghubungkan konsep (88%), sedangkan terendah adalah mengidentifikasi masalah (79%). Penelitian ini menegakkan bahwa model LOC-R efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, menjadi strategi pengajaran matematika alternatif dalam mewujudkan kompetensi abad ke-21.
Implementasi model LOC-R dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas lima dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dengan skor rata-rata 85,2%.Meski begitu, keterampilan mengidentifikasi masalah perlu perhatian khusus.Model LOC-R dapat menjadi strategi pengajaran alternatif bagi guru SD.
Untuk penelitian lanjutan, dapat dilakukan penelitian eksperimental dengan sampel yang lebih luas untuk menguji efektivitas model LOC-R secara lebih komprehensif. Selain itu, dapat dikaji penerapan model LOC-R pada materi matematika lainnya seperti geometri ruang atau pengukuran untuk melihat dampaknya. Penelitian juga bisa mengeksplorasi bagaimana integrasi teknologi dapat mendukung implementasi model LOC-R dalam kelas.
- Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika... doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1666Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS Higher Order Thinking Skills pada Pembelajaran Matematika doi 10 26737 jpdi v5i1 1666
- Literasi IPAS: Model Pembelajaran LOK-R pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah | Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan... doi.org/10.46963/mpgmi.v10i2.2104Literasi IPAS Model Pembelajaran LOK R pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mitra PGMI Jurnal Kependidikan doi 10 46963 mpgmi v10i2 2104
- PENGEMBANGAN PENILAIAN BERORIENTASI HOTS: UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI ERA GLOBAL... doi.org/10.59672/widyadari.v25i1.3660PENGEMBANGAN PENILAIAN BERORIENTASI HOTS UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI ERA GLOBAL doi 10 59672 widyadari v25i1 3660
| File size | 397.74 KB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-pq |
| DMCA | Report |
Related /
UIADUIAD menjadi sebuah gerakan penyadaran masyarakat untuk terus belajar sepanjang hayat dalam mengatasi tantanan kehidupan yang beubah-ubah semakin berat. Secaramenjadi sebuah gerakan penyadaran masyarakat untuk terus belajar sepanjang hayat dalam mengatasi tantanan kehidupan yang beubah-ubah semakin berat. Secara
FKIP UWGMFKIP UWGM Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi para pendidik dan pembuat kebijakan untuk mengembangkan kurikulum PAUD yang responsif budaya, mengintegrasikanPenelitian ini memberikan implikasi penting bagi para pendidik dan pembuat kebijakan untuk mengembangkan kurikulum PAUD yang responsif budaya, mengintegrasikan
ABULYATAMAABULYATAMA Berdasarkan hasil observasi dilapangan terhadap pembelajaran fisika, ditemukan permasalahan bahwa saat proses belajar mengajar berlangsung masih belumBerdasarkan hasil observasi dilapangan terhadap pembelajaran fisika, ditemukan permasalahan bahwa saat proses belajar mengajar berlangsung masih belum
ASSALAMASSALAM Penerapan PBL direkomendasikan sebagai strategi inovatif untuk memperkuat kesadaran moral dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di madrasah. PenelitianPenerapan PBL direkomendasikan sebagai strategi inovatif untuk memperkuat kesadaran moral dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di madrasah. Penelitian
IAIQHIAIQH Sedangkan kelas kontrol meningkat dari 47,39 menjadi 66,52. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H₁ diterima.Sedangkan kelas kontrol meningkat dari 47,39 menjadi 66,52. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H₁ diterima.
ULUMUNAULUMUNA Penelitian ini mengusulkan model konseptual untuk mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi dan pendekatan interdisipliner dalam kursus PengembanganPenelitian ini mengusulkan model konseptual untuk mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi dan pendekatan interdisipliner dalam kursus Pengembangan
IFRELIFREL Curriculum innovation is an urgent necessity to ensure that PAI learning can meet the demands of the times and strengthen students character. This studyCurriculum innovation is an urgent necessity to ensure that PAI learning can meet the demands of the times and strengthen students character. This study
UNUKALTIMUNUKALTIM Dengan demikian, layanan perpustakaan dapat dioptimalkan. Persepsi siswa dan guru terhadap pelayanan, fasilitas, dan peran perpustakaan dalam pembelajaranDengan demikian, layanan perpustakaan dapat dioptimalkan. Persepsi siswa dan guru terhadap pelayanan, fasilitas, dan peran perpustakaan dalam pembelajaran
Useful /
ASSALAMASSALAM (2) Faktor pendukung pelaksanaan P5 di MTsN 1 Bener Meriah karena semangat kerja sama dari semua warga madrasah. Faktor penghambatnya yaitu program P5(2) Faktor pendukung pelaksanaan P5 di MTsN 1 Bener Meriah karena semangat kerja sama dari semua warga madrasah. Faktor penghambatnya yaitu program P5
ASSALAMASSALAM Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara semi-terstruktur dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terhadap program sekolah yang berkaitanData dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara semi-terstruktur dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terhadap program sekolah yang berkaitan
STTAASTTAA Ix). Buku ini memberikan panduan komprehensif bagi pembina remaja di jemaat untuk memahami perkembangan remaja secara holistik, termasuk aspek fisik, sosial,Ix). Buku ini memberikan panduan komprehensif bagi pembina remaja di jemaat untuk memahami perkembangan remaja secara holistik, termasuk aspek fisik, sosial,
STTAASTTAA Artikel ini juga membahas metode-metode kontekstualisasi dan memberikan batasan-batasan dalam melakukan kontekstualisasi di Indonesia. Selain itu, artikelArtikel ini juga membahas metode-metode kontekstualisasi dan memberikan batasan-batasan dalam melakukan kontekstualisasi di Indonesia. Selain itu, artikel