STITPEMALANGSTITPEMALANG
MadaniyahMadaniyahKurikulum mengandung isi, tujuan, metode, serta alat evaluasi pendidikan. Kurikulum pendidikan Islam bermakna sebagai rangkaian program yang mengarahkan kegiatan belajar mengajar secara terencana, sistematis, dan bertujuan untuk menggambarkan cita-cita ajaran Islam. Kurikulum pendidikan Islam memiliki tiga jenis, yaitu kurikulum pragmatis, kurikulum teoritis, dan kurikulum teologis. Keberhasilan pendidikan agama dilihat dari tiga indikasi utama, pertama, keberhasilan transfer ilmu; kedua, transfer nilai; ketiga, transfer keterampilan. Bagian pertama berkaitan dengan pengetahuan kognitif. Bagian kedua berkaitan dengan nilai baik dan buruk, di mana peserta didik diarahkan untuk mencintai kebaikan dan membenci kejahatan, sedangkan bagian ketiga berkaitan dengan perbuatan nyata.
Kurikulum pendidikan Islam merupakan alat penting untuk mencapai tujuan pendidikan Islam melalui perencanaan yang melibatkan tujuan, isi, metode, dan evaluasi.Keberhasilan pendidikan Islam dinilai dari transfer ilmu, nilai, dan keterampilan kepada peserta didik.Namun, problematika seperti materi yang padat namun minim nilai, dominasi aspek kognitif, serta pendekatan normatif menjadi tantangan yang perlu diatasi.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang lebih seimbang antara aspek agama dan umum, seperti mengintegrasikan teknologi digital untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Studi berikutnya bisa fokus pada evaluasi dampak kurikulum bervisi keberlanjutan terhadap moralitas siswa di era globalisasi. Bagaimana cara mengatasi dominasi metode hafalan dengan pendekatan aktif untuk membentuk keterampilan praktis siswa juga layak diteliti lebih mendalam. Penelitian terhadap model kurikulum inklusif yang melibatkan masyarakat lokal dapat meningkatkan relevansi pendidikan Islam. Eksplorasi dampak reposisi madrasah dalam sistem pendidikan nasional terhadap efek psikologis siswa perlu diperdalam. Bagaimana integrasi nilai-nilai multikultural dalam kurikulum pendidikan Islam dapat mencegah krisis moral generasi muda. Studi komparatif antara kurikulum pontok pesantren dan madrasah modern bisa memberikan wawasan baru. Pengembangan kurikulum berbasis kompetensi untuk peserta didik dengan kebutuhan khusus juga penting dipertimbangkan. Evaluasi efektivitas program pelatihan guru dalam implementasi kurikulum yang lebih dinamis perlu digelontorkan.
| File size | 123.59 KB |
| Pages | 15 |
| Short Link | https://juris.id/p-1px |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
STITPEMALANGSTITPEMALANG Dari berbagai uraian di atas, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut. (1) pelaksanaan penelitian agama ialah untuk melukiskan salah satuDari berbagai uraian di atas, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut. (1) pelaksanaan penelitian agama ialah untuk melukiskan salah satu
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) denganTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan
JOURNALWEBJOURNALWEB Faktor utama yang memengaruhi realisasi pembiayaan adalah laba bersih bulanan nasabah dan nilai agunan. Rekomendasi penelitian lanjutan mencakup evaluasiFaktor utama yang memengaruhi realisasi pembiayaan adalah laba bersih bulanan nasabah dan nilai agunan. Rekomendasi penelitian lanjutan mencakup evaluasi
SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER Implementasi balok huruf hijaiyah berhasil mengubah pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, yang secara signifikan meningkatkanImplementasi balok huruf hijaiyah berhasil mengubah pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, yang secara signifikan meningkatkan
JOURNAL LAAROIBAJOURNAL LAAROIBA LDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. BOPO dan NPL memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Variabel moderasi tipe bank terbuktiLDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. BOPO dan NPL memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Variabel moderasi tipe bank terbukti
UMKUMK Hal ini menggambarkan bahwa dalam proses pembelajaran dengan model pendekatan langsung yang dilakukan dapat memotivasi peserta didik dalam proses belajarHal ini menggambarkan bahwa dalam proses pembelajaran dengan model pendekatan langsung yang dilakukan dapat memotivasi peserta didik dalam proses belajar
STITPEMALANGSTITPEMALANG Pendidikan Agama Islam diberikan kepada anak sejak dini melalui pengenalan terhadap ciptaan Allah tentang alam dan seisinya. Selanjutnya, anak diperkenalkanPendidikan Agama Islam diberikan kepada anak sejak dini melalui pengenalan terhadap ciptaan Allah tentang alam dan seisinya. Selanjutnya, anak diperkenalkan
STITPEMALANGSTITPEMALANG Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan simpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sampai tindakan 2. Pada praPenelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan simpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sampai tindakan 2. Pada pra
Useful /
ALFA PUSTAKAALFA PUSTAKA Berdasarkan temuan dan diskusi yang disajikan dalam penelitian ini, implementasi strategi perbaikan (Fix-Up Strategy) dalam mengajar membaca teks laporanBerdasarkan temuan dan diskusi yang disajikan dalam penelitian ini, implementasi strategi perbaikan (Fix-Up Strategy) dalam mengajar membaca teks laporan
DINASTIRESDINASTIRES Good governance, transparency, accountability, and integrity are the primary mandates of bureaucratic reform, with information disclosure enabling activeGood governance, transparency, accountability, and integrity are the primary mandates of bureaucratic reform, with information disclosure enabling active
UMKUMK Dengan demikia dapat disebutkan bahwa interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia. Jika dua orang bertemu,Dengan demikia dapat disebutkan bahwa interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia. Jika dua orang bertemu,
STITPEMALANGSTITPEMALANG Penilaian merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas pendidikan, terutama penilaian dalam pelajaran fisika, khususnya penilaian praktikum fisikaPenilaian merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas pendidikan, terutama penilaian dalam pelajaran fisika, khususnya penilaian praktikum fisika