STAIALAMISTAIALAMI

Al Amin: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan IslamAl Amin: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam

Penerapan metode pengajaran, meliputi: (1) penerapan metode pengajaran serba guna, guru IPS kelas 10 mampu meningkatkan motivasi siswa kelas 10 untuk mengikuti kelas IPS sudah mampu mempertimbangkan karakteristik siswa dalam memilih metode pengajaran, pelaksanaan penggunaan alat peraga yang meliputi: (1) penerapan multi media dalam pembelajaran, guru sudah mampu menerapkan multi media dalam pembelajaran untuk memotivasi siswa pada mata pelajaran IPS (IPS), (2) pelaksanaan pertimbangan dasar dalam memilih alat pengajaran, guru telah menggunakan karakteristik siswa sebagai dasar dalam memilih alat pengajaran. Penerapan pengelolaan kelas, meliputi: (1) pengelolaan tempat duduk dan alat pengajaran, guru sudah pandai memberantas kesalahpahaman siswa kelas 10, (2) mengklasifikasikan siswa, guru sudah mampu mengelola kelas dengan mengelompokkan siswa namun belum optimal. Pelaksanaan evaluasi siswa dan hasil belajar, meliputi : (1) penerapan teknik dan metode dalam mengevaluasi siswa, guru telah mampu memfungsikan evaluasi sebagai umpan balik bagi guru untuk memperbaiki metode pengajaran, (2) khusus untuk matematika dan guru mata pelajaran IPA sudah mampu mempersiapkan siswanya dalam mengikuti internasional, namun belum maksimal. Implementasi penggunaan bahasa Inggris dalam pembelajaran mata pelajaran matematika dan ilmu alam (MIPA), 9 orang guru sudah mampu menggunakan bahasa Inggris di kelas namun belum optimal seperti sembilan guru lainnya yang sudah melakukannya.

Pengembangan kinerja guru berhasil dilakukan melalui pendekatan motivasi, edukasi, interaksi, dan komunikasi, namun masih ada aspek yang belum sepenuhnya berhasil.Guru sudah menerapkan metode dan media pembelajaran serta evaluasi sebagai umpan balik, tetapi pemahaman program RSBI tidak menyeluruh dan penggunaan bahasa Inggris masih terbatas.Kepala sekolah perlu memperkuat pemahaman program, alokasi waktu remidi, dan motivasi guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan bermutu internasional.

Penelitian selanjutnya dapat meneliti efek intervensi pelatihan komunikasi antara kepala sekolah dan guru non‑MIPA mengenai program RSBI untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi guru dalam penggunaan metode pembelajaran yang sesuai. Selain itu, perlu dianalisis dampak penggunaan bahasa Inggris dalam pembelajaran MIPA terhadap kemampuan kosakata, pemahaman konsep, dan kesiapan ujian internasional pada siswa melalui studi longitudinal. Akhirnya, dapat dikaji hubungan antara alokasi waktu remidi dalam kurikulum dan pencapaian kompetensi pembelajaran, serta mengeksplorasi strategi alokasi waktu yang optimal melalui eksperimen kuasi eksperimental.

  1. #guru bahasa inggris#guru bahasa inggris
  2. #mahasiswa bahasa inggris#mahasiswa bahasa inggris
Read online
File size336.35 KB
Pages25
DMCAReport

Related /

ads-block-test