ABULYATAMAABULYATAMA

Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui tentang . Fokus penelitian pada kebijakan, program, strategi dan disiplin terhadap Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Guru, Tenaga Kearsipan dan Komite Sekolah. Pendekatan naturalistik kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan alat pengumpul data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian adalah: 1) Kebijakan yang diambil oleh Kepala Sekolah dan Pengawas sama-sama mememilik keinginan untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah, namun tidak ada kerjasama. 2) Program dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sekolah tidak ada, namun para guru untuk menghadapi proses pembelajaran dengan kompetensi yang dimiliki, menyiapkan sendiri Rencana Pelaksanaan Program (RPP). 3) Strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah terletak pada penerapan disiplin yang ketat, sehingga semua guru disiplin untuk mengajar. Daya serap materi pelajaran tercapai. 4) Faktor pendukung dalam peningkatan mutu pendidikan sekolah, adanya tingkat keprofesionalan guru yang tinggi dan penerapan disiplin ketat. Membuat guru mengajar peserta didik dapat dilaksanakan dengan baik, kualitas proses pembelajaran tercipta yang berindikasi kepada standar kelulusan diperoleh maksimal (100%). Faktor penghambat dalam peningkatan mutu pendidikan sekolah tidak kelihatan walaupun sekolah tidak memiliki program.

Strategi peningkatan mutu pendidikan SDN 22 Banda Aceh berfokus pada penerapan disiplin ketat dan profesionalisme guru.Kebijakan dan program yang tidak terintegrasi menjadi hambatan utama.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan dan kompetensi guru menjadi faktor kunci dalam mencapai kelulusan 100%.

Berdasarkan hasil penelitian, beberapa saran penelitian lanjutan dapat dikembangkan. Pertama, penelitian tentang dampak penerapan teknologi informasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas metode pengajaran. Kedua, analisis peran komunitas dan orang tua dalam mendukung program sekolah melalui partisipasi aktif. Ketiga, evaluasi jangka panjang dari penerapan disiplin ketat terhadap kinerja guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dapat menghasilkan inovasi yang lebih berkelanjutan dan terstruktur untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara sistematis.

  1. #tahan kompetensi guru#tahan kompetensi guru
Read online
File size773.11 KB
Pages13
DMCAReport

Related /

ads-block-test