IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI
Infinity JournalInfinity JournalPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan keefektifan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TPS pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperimen yang didesain menggunakan bentuk kelompok eksperimen pretes-postes (pretest-postest group design) kepada siswa yang akan diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Tipe TPS pada pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP di Ternate, sedangkan sampel diambil 60 orang siswa secara acak yang memiliki karakteristik yang sama dengan populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TPS sangat efektif jika diterapkan pada pembelajaran matematika. Kedua model pembelajaran kooperatif learning kelas tipe STAD dan tipe kelas TPS dilihat keefektifannya, lebih efektif kelas tipe STAD dibandingkan dengan kelas tipe TPS dilihat dari ketercapaian Standar Kompetensi, kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan berpikir matematis siswa SMP.
Berdasarkan ketercapaian Standar Kompetensi, kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan berpikir matematis siswa SMP, model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dan efisien dibandingkan tipe TPS.Hasil penelitian ini sejalan dengan studi terdahulu yang menunjukkan keunggulan STAD.Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam jumlah pertemuan dan generalisasi materi penelitian.
Penelitian lanjutan dapat mengukur dampak penerapan pembelajaran kooperatif STAD dan TPS pada lebih banyak pertemuan untuk memahami efektivitas jangka panjang. Selain itu, peneliti bisa menguji model-model pembelajaran ini pada materi geometri lain seperti segitiga atau lingkaran untuk memperluas generalisasi hasil. Terakhir, penelitian dapat membandingkan STAD dan TPS dengan model pembelajaran kooperatif lainnya seperti Jigsaw atau Think-Pair-Square untuk memperkaya wawasan tentang strategi pembelajaran terbaik di kelas.
| File size | 723.53 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Interaksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian memperlihatkan bahwa GI dan TAPPS menguntungkan siswa artisan dan rasional, sedangkan pada tipeInteraksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian memperlihatkan bahwa GI dan TAPPS menguntungkan siswa artisan dan rasional, sedangkan pada tipe
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Model pembelajaran kooperatif cukup baik dalam meningkatkan interaksi antara siswa dengan siswa atau dengan guru untuk menganalisis, memecahkan masalah,Model pembelajaran kooperatif cukup baik dalam meningkatkan interaksi antara siswa dengan siswa atau dengan guru untuk menganalisis, memecahkan masalah,
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Analisis data dilakukan dengan merujuk pada teori *Educating for Character* tentang pengajaran sikap hormat dan tanggung jawab yang dikembangkan oleh ThomasAnalisis data dilakukan dengan merujuk pada teori *Educating for Character* tentang pengajaran sikap hormat dan tanggung jawab yang dikembangkan oleh Thomas
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Mata pelajaran Matematika di SD/MI sangat membutuhkan media dan model pembelajaran yang nyata dalam penyampaiannya. Hal ini dikarenakan anak tingkat sekolahMata pelajaran Matematika di SD/MI sangat membutuhkan media dan model pembelajaran yang nyata dalam penyampaiannya. Hal ini dikarenakan anak tingkat sekolah
Useful /
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Puisi-puisi Widi Nugrahani memiliki hubungan intertekstual dengan puisi Sutardji Calzoum Bachri, terutama dalam hal tipografi, permainan kata, dan tema.Puisi-puisi Widi Nugrahani memiliki hubungan intertekstual dengan puisi Sutardji Calzoum Bachri, terutama dalam hal tipografi, permainan kata, dan tema.
IPBIPB Motif ekonomi dan persepsi masyarakat yang baik atas pentingnya fungsi lindung hutan dapat menjadi modal dasar dalam pengembangan konservasi berbasis masyarakatMotif ekonomi dan persepsi masyarakat yang baik atas pentingnya fungsi lindung hutan dapat menjadi modal dasar dalam pengembangan konservasi berbasis masyarakat
UKSWUKSW Penelitian ini mengeksplorasi peran kewirausahaan hijau dalam mendukung keberlanjutan ekonomi global melalui tinjauan literatur sistematis dan analisisPenelitian ini mengeksplorasi peran kewirausahaan hijau dalam mendukung keberlanjutan ekonomi global melalui tinjauan literatur sistematis dan analisis
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penelitian ini fokus pada prinsip efisiensi, keadilan, dan kelengkapan yang mendasari skema kredit tersebut. Ditemukan bahwa kedua wilayah memiliki perbedaanPenelitian ini fokus pada prinsip efisiensi, keadilan, dan kelengkapan yang mendasari skema kredit tersebut. Ditemukan bahwa kedua wilayah memiliki perbedaan