UNTANUNTAN
Jurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanJurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanKurangnya pengetahuan tentang bagaimana mengimplikasikan matematika di dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran matematika dan kurangnya kemampuan matematika guru, menjadi kendala di dalam pembelajaran matematika. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi, bentuk RPP dan skenario pembelajaran Matematika di kelas VI SDN 001 Teluk Sebong, dengan menerapkan model pembelajaran STAD, dengan tahapan sebagai berikut; (1) Guru membentuk kelompok, anggotanya 3 orang secara heterogen; (2) Guru menyajikan pelajaran; (3) Guru memberi tugas pada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. (4) peserta didik yang bisa mengerjakan soal, menjelaskan kepada anggota kelompok lainnya sehingga semua anggota dalam kelompok itu mengerti. ; (5) Guru memberi kuis kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu. (6) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki nilai/poin; (7) Guru memberikan evaluasi; (8) Penutup. Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif STAD, dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran.
Siswa kelas VI SDN 001 Teluk Sebong 2019/2020 memerlukan model pembelajaran kooperatif, dimana siswa yang berkemampuan di atas rata-rata berk kerjasama bersama siswa yang berkemampuan di bawah rata-rata, dalam memahami materi luas trapesium dan lingkaran.Selanjutnya, diharapkan memiliki kemudahan dalam memahami konsep.RPP Matematika pada materi menghitung luas trapesium dan lingkaran dengan Model Pembelajaran STAD di kelas VI SDN 001 Teluk Sebong, pada kegiatan inti tahapan sebagai berikut.(1) Guru membentuk kelompok, anggotanya 3 orang secara heterogen (2) Guru menyajikan pelajaran.(3) Guru memberi tugas pada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.(4) peserta didik yang bisa mengerjakan soal, menjelaskan kepada anggota kelompok lainnya sehingga semua anggota dalam kelompok itu mengerti.(5) Guru memberi kuis kepada seluruh peserta didik.Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.(6) Guru memberikan penghargaan (rewards) kepada kelompok yang memiliki nilai/poin.Dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD, dimungkinkan dapat menciptakan pembelajaran aktif.Hal ini disebabkan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dalam kelompok sehingga siswa lebih dominan dalam proses pembelajaran.Siswa dapat menjadi termotivasi dalam pembelajaran karena menggunakan sistem kooperatif dan kompetitif.
Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan di atas, dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut: 1. Mengajar menggunakan model pembelajaran STAD, ketepatan pembagian anggota kelompok siswa yang heterogen dari segi kemampuan intelektual, maupun kemampuan kerjasamanya. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran tersebut dapat maksimal. 2. Guru hendaknya menguasai materi pembelajaran dan benar-benar memahami model pembelajaran yang diterapkannya, agar dapat mengatasi kendala yang mungkin terjadi di dalam kegiatan pembelajaran. 3. Perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk menginvestigasi pengaruh penerapan model STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar, dengan fokus pada bagaimana siswa mengembangkan strategi pemecahan masalah secara kolaboratif dalam kelompok.
| File size | 522.46 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP PERSADASTKIP PERSADA The results of the study showed that the application of the STAD cooperative learning model had a significant effect on improving students entrepreneurialThe results of the study showed that the application of the STAD cooperative learning model had a significant effect on improving students entrepreneurial
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah Peranan kegiatan koperasi sekolah dalam membentuk jiwa berwirausaha pada siswa SMA Negeri Depok KabupatenAdapun hasil penelitian yang diperoleh adalah Peranan kegiatan koperasi sekolah dalam membentuk jiwa berwirausaha pada siswa SMA Negeri Depok Kabupaten
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perubahan harga jual Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit memengaruhi tingkat kemakmuran masyarakatPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perubahan harga jual Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit memengaruhi tingkat kemakmuran masyarakat
UNDIKSHAUNDIKSHA Sampel dalam penelitian sebanyak 377 siswa yang didapat dari total anggota populasi 6658 siswa menggunakan teknik area proportional simple random sampling.Sampel dalam penelitian sebanyak 377 siswa yang didapat dari total anggota populasi 6658 siswa menggunakan teknik area proportional simple random sampling.
Useful /
MKRIMKRI Penafsiran original intent pada dasarnya berorientasi rigid dan tidak berubah selama konstitusi tidak mengalami amandemen, namun perkembangan pemikiranPenafsiran original intent pada dasarnya berorientasi rigid dan tidak berubah selama konstitusi tidak mengalami amandemen, namun perkembangan pemikiran
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal iniHasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal ini
UNMUNM Model ini membatasi kreativitas dosen karena tugas ditetapkan secara formal dan mengurangi inisiatif individu. Oleh karena itu, perlu dikembangkan kolaborasiModel ini membatasi kreativitas dosen karena tugas ditetapkan secara formal dan mengurangi inisiatif individu. Oleh karena itu, perlu dikembangkan kolaborasi
ESDMESDM Secara lokal, lapangan gas Jatirangon dan Cicauh berada pada sayap struktur hidung Tinggian Pangkalan-Bekasi, sedangkan lapangan gas dan minyak CilamayaSecara lokal, lapangan gas Jatirangon dan Cicauh berada pada sayap struktur hidung Tinggian Pangkalan-Bekasi, sedangkan lapangan gas dan minyak Cilamaya