UNDIKSHAUNDIKSHA
Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan IndonesiaDukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar siswa merupakan hal-hal yang siswa alami secara psikologis dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan sosial terhadap beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar, dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei. Subjek penelitian yaitu siswa SMP dengan besar sampel 377 dari populasi sebesar 6.658. Sampel dalam penelitian sebanyak 377 siswa yang didapat dari total anggota populasi 6658 siswa menggunakan teknik area proportional simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner untuk mengetahui kertekaitan tersebut. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), terdiri dari measurement model dan structural model melalui program Analysis of Moment Structure (AMOS) digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial memiliki pengaruh terhadap beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar, dan prestasi belajar matematika; beban belajar memiliki pengaruh terhadap kejenuhan belajar; kecerdasan emosional memiliki pengaruh terhadap beban belajar dan kejenuhan belajar. Simpulan penelitian menunjukkan hubungan antara dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan, dan prestasi belajar matematika saling terkait. Implikasi penelitian ini memberikan informasi kepada guru dan para pendidik bahwa dukungan sosial kepada siswa mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Emotional intelligence yang tinggi memungkinkan siswa mengatasi tekanan belajar serta mengurangi kebosanan, yang pada gilirannya meningkatkan prestasi belajar matematika.Hubungan antara dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, serta kebosanan bersifat saling terkait dan dapat dioptimalkan melalui program peningkatan kecerdasan emosional dan lingkungan sekolah yang suportif.Strategi manajemen beban belajar, seperti manajemen waktu dan pembelajaran adaptif, diperlukan untuk membantu siswa mengatasi tekanan belajar dan meningkatkan prestasi matematika.
Penelitian selanjutnya dapat dilakukan secara longitudinal untuk menelusuri bagaimana perubahan dukungan sosial dan kecerdasan emosional memengaruhi prestasi matematika siswa dari waktu ke waktu, sehingga dapat mengidentifikasi hubungan kausal yang lebih kuat. Selain itu, diperlukan percobaan intervensi yang dirancang khusus untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa, misalnya melalui pelatihan pengelolaan emosi, dan kemudian mengukur dampaknya terhadap beban belajar, kebosanan, dan pencapaian matematika. Terakhir, studi mixed‑methods yang menggabungkan survei kuantitatif dengan wawancara mendalam dapat mengeksplorasi faktor budaya dan konteksual yang memediasi peran dukungan sosial serta penyebab kebosanan, memberikan gambaran lebih lengkap bagi kebijakan pendidikan yang responsif.
| File size | 534.78 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
ECOJOINECOJOIN Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018 sampai 2022, menggunakan jenis data kausalitas. SampelPenelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018 sampai 2022, menggunakan jenis data kausalitas. Sampel
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulanPenelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan pendekatan laporan keuangan berupa rasio keuangan yaitu Current Ratio (CR), Debt to Equity RatioMetode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan pendekatan laporan keuangan berupa rasio keuangan yaitu Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio
UPIUPI Analisis morfologi permukaan dengan SEM mengungkapkan bahwa karbon aktif fisik (CAP) memiliki morfologi serupa dengan karbon aktif komersial (CACm) danAnalisis morfologi permukaan dengan SEM mengungkapkan bahwa karbon aktif fisik (CAP) memiliki morfologi serupa dengan karbon aktif komersial (CACm) dan
Useful /
ETDCIETDCI Namun, terlalu banyaknya metode yang terfokus pada pelaporan dan penegakan hukum juga memiliki efek buruk. Pencegahan dan penanganan penyimpangan perilakuNamun, terlalu banyaknya metode yang terfokus pada pelaporan dan penegakan hukum juga memiliki efek buruk. Pencegahan dan penanganan penyimpangan perilaku
UNHASUNHAS Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa meski keduanya sesuai dan dapat diterapkan untuk ADR, masih terdapat beberapa aspek penting yang perlu didefinisikan,Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa meski keduanya sesuai dan dapat diterapkan untuk ADR, masih terdapat beberapa aspek penting yang perlu didefinisikan,
UNHASUNHAS Imunitas tidak hanya melindungi troika tetapi juga pejabat lain yang terlibat dalam fungsi berdaulat bagi negara masing-masing, kecuali atas pencapaianImunitas tidak hanya melindungi troika tetapi juga pejabat lain yang terlibat dalam fungsi berdaulat bagi negara masing-masing, kecuali atas pencapaian
UPIUPI Artikel ini membahas versi ketiga dari ruang Weak Orlicz–Morrey sebagai perluasan dari versi ketiga ruang Orlicz–Morrey kuat. Penelitian selanjutnyaArtikel ini membahas versi ketiga dari ruang Weak Orlicz–Morrey sebagai perluasan dari versi ketiga ruang Orlicz–Morrey kuat. Penelitian selanjutnya