UNDIKSHAUNDIKSHA
Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan IndonesiaDukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar siswa merupakan hal-hal yang siswa alami secara psikologis dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan sosial terhadap beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar, dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei. Subjek penelitian yaitu siswa SMP dengan besar sampel 377 dari populasi sebesar 6.658. Sampel dalam penelitian sebanyak 377 siswa yang didapat dari total anggota populasi 6658 siswa menggunakan teknik area proportional simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner untuk mengetahui kertekaitan tersebut. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), terdiri dari measurement model dan structural model melalui program Analysis of Moment Structure (AMOS) digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial memiliki pengaruh terhadap beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar, dan prestasi belajar matematika; beban belajar memiliki pengaruh terhadap kejenuhan belajar; kecerdasan emosional memiliki pengaruh terhadap beban belajar dan kejenuhan belajar. Simpulan penelitian menunjukkan hubungan antara dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan, dan prestasi belajar matematika saling terkait. Implikasi penelitian ini memberikan informasi kepada guru dan para pendidik bahwa dukungan sosial kepada siswa mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Emotional intelligence yang tinggi memungkinkan siswa mengatasi tekanan belajar serta mengurangi kebosanan, yang pada gilirannya meningkatkan prestasi belajar matematika.Hubungan antara dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, serta kebosanan bersifat saling terkait dan dapat dioptimalkan melalui program peningkatan kecerdasan emosional dan lingkungan sekolah yang suportif.Strategi manajemen beban belajar, seperti manajemen waktu dan pembelajaran adaptif, diperlukan untuk membantu siswa mengatasi tekanan belajar dan meningkatkan prestasi matematika.
Penelitian selanjutnya dapat dilakukan secara longitudinal untuk menelusuri bagaimana perubahan dukungan sosial dan kecerdasan emosional memengaruhi prestasi matematika siswa dari waktu ke waktu, sehingga dapat mengidentifikasi hubungan kausal yang lebih kuat. Selain itu, diperlukan percobaan intervensi yang dirancang khusus untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa, misalnya melalui pelatihan pengelolaan emosi, dan kemudian mengukur dampaknya terhadap beban belajar, kebosanan, dan pencapaian matematika. Terakhir, studi mixed‑methods yang menggabungkan survei kuantitatif dengan wawancara mendalam dapat mengeksplorasi faktor budaya dan konteksual yang memediasi peran dukungan sosial serta penyebab kebosanan, memberikan gambaran lebih lengkap bagi kebijakan pendidikan yang responsif.
| File size | 534.78 KB |
| Pages | 13 |
| Short Link | https://juris.id/p-4R |
| DMCA | Report |
Related /
UPIUPI Penelitian ini mengkaji kelayakan penggabungan sistem penyimpanan energi baterai lithium‑ion second‑life dengan sumber tenaga surya fotovoltaik untukPenelitian ini mengkaji kelayakan penggabungan sistem penyimpanan energi baterai lithium‑ion second‑life dengan sumber tenaga surya fotovoltaik untuk
UNDIKSHAUNDIKSHA Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasaImplikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa
UNDIKSHAUNDIKSHA Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaanPeningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaan
UNDIKSHAUNDIKSHA Adaptasi pembelajaran berbasis proyek daring, baik individual maupun kelompok, dapat meningkatkan resiliensi mahasiswa selama pandemi. Hasil ini diharapkanAdaptasi pembelajaran berbasis proyek daring, baik individual maupun kelompok, dapat meningkatkan resiliensi mahasiswa selama pandemi. Hasil ini diharapkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar guru belum menguasai PowerPoint. Hasil uji N-Gain dari skor pre-test dan post-test menunjukkan bahwa rata-rataBerdasarkan hasil observasi, sebagian besar guru belum menguasai PowerPoint. Hasil uji N-Gain dari skor pre-test dan post-test menunjukkan bahwa rata-rata
UNDIKSHAUNDIKSHA Implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kota Malang masih menghadapi kendala utama berupa koordinasi antar-instansi yang lemah dan partisipasi masyarakatImplementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kota Malang masih menghadapi kendala utama berupa koordinasi antar-instansi yang lemah dan partisipasi masyarakat
UNDIKSHAUNDIKSHA Ketidakmerataan pemahaman keterampilan proses ilmiah pada daerah seperti Kabupaten Sragen memerlukan perhatian khusus. Guru sebagai inti pendidikan diharapkanKetidakmerataan pemahaman keterampilan proses ilmiah pada daerah seperti Kabupaten Sragen memerlukan perhatian khusus. Guru sebagai inti pendidikan diharapkan
UPIUPI Kinetika adsorpsi mengikuti model orde kedua dengan koefisien 1,0497. dan 1,2571 g·mmol⁻¹·min⁻¹, sedangkan data keseimbangan sesuai dengan isothermKinetika adsorpsi mengikuti model orde kedua dengan koefisien 1,0497. dan 1,2571 g·mmol⁻¹·min⁻¹, sedangkan data keseimbangan sesuai dengan isotherm
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear sederhanaMetode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana
UNDIKSHAUNDIKSHA Pengembangan bahan ajar terintegrasi antara aritmatika sosial dan akuntansi dilakukan dengan tujuan membuat prototipe bahan ajar yang mengintegrasikanPengembangan bahan ajar terintegrasi antara aritmatika sosial dan akuntansi dilakukan dengan tujuan membuat prototipe bahan ajar yang mengintegrasikan
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik terhadap data energi selama 12 bulan yang dikumpulkan dari 50 gedung diMetode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik terhadap data energi selama 12 bulan yang dikumpulkan dari 50 gedung di
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini mengonfirmasi perbedaan signifikan tingkat kepercayaan diri antara siswa di kelas khusus (kelas penuh hari) dan kelas reguler, yang disebabkanPenelitian ini mengonfirmasi perbedaan signifikan tingkat kepercayaan diri antara siswa di kelas khusus (kelas penuh hari) dan kelas reguler, yang disebabkan