UNDIKSHAUNDIKSHA
Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan IndonesiaPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi teknologi artificial intelligence (AI) dalam meningkatkan efisiensi sistem manajemen energi pada bangunan perkantoran. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik terhadap data energi selama 12 bulan yang dikumpulkan dari 50 gedung di kawasan bisnis Jakarta. Hasil menunjukkan bahwa implementasi AI dapat mengurangi konsumsi energi sebesar 18,7% tanpa menurunkan kenyamanan lingkungan. Namun terdapat hambatan teknis dalam integrasi sistem terpadu antar perangkat sensor dan aplikasi AI.
Penelitian menghasilkan temuan bahwa penerapan sistem AI memperlihatkan potensi signifikan dalam penghematan energi.Namun diperlukan peningkatan kompatibilitas antar teknologi untuk optimasi hasil.Penelitian lanjutan dianjurkan untuk mengeksplorasi integrasi machine learning dengan big data analytics dalam sistem manajemen energi.
Penelitian lanjutan disarankan untuk mengembangkan model AI berbasis pemelajaran mendalam yang dapat beradaptasi dengan perubahan pola penggunaan energi. Studi komparatif antara berbagai algoritma machine learning juga diperlukan untuk menentukan solusi yang paling efisien. Di bidang penerapan, penelitian perlu dilakukan tentang implementasi sistem terpadu antara AI dengan manajemen kelembaban udara untuk pengoptimalan kenyamanan dan efisiensi energi secara bersamaan.
- Optimization of Speaking Ability in Early Childhood | Manurung | Early Childhood Research Journal (ECRJ).... doi.org/10.23917/ecrj.v2i2.7465Optimization of Speaking Ability in Early Childhood Manurung Early Childhood Research Journal ECRJ doi 10 23917 ecrj v2i2 7465
- The Development of a Quiet Book Media for Elementary School Students' Speaking Skills | International... doi.org/10.31695/IJASRE.2018.32814The Development of a Quiet Book Media for Elementary School Students Speaking Skills International doi 10 31695 IJASRE 2018 32814
- Jurnal Pendidikan Indonesia. influence hello book early childhood language skills jurnal pendidikan authors... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.28485Jurnal Pendidikan Indonesia influence hello book early childhood language skills jurnal pendidikan authors doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 28485
| File size | 203.85 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Selama penelitian hanya difokuskan pada kelompok perbedaan kelas, sehingga faktor tambahan seperti jenis kelamin, variasi sekolah, dan efek jangka panjangSelama penelitian hanya difokuskan pada kelompok perbedaan kelas, sehingga faktor tambahan seperti jenis kelamin, variasi sekolah, dan efek jangka panjang
UNDIKSHAUNDIKSHA Penguatan forum multi-pihak serta indikator kinerja yang jelas diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kebijakan. Pemanfaatan aplikasi berbasis smartphonePenguatan forum multi-pihak serta indikator kinerja yang jelas diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kebijakan. Pemanfaatan aplikasi berbasis smartphone
UNDIKSHAUNDIKSHA Berdasarkan hasil penelitian, profil keterampilan proses sains siswa SMA di Kabupaten Sragen termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata‑rata 19,22Berdasarkan hasil penelitian, profil keterampilan proses sains siswa SMA di Kabupaten Sragen termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata‑rata 19,22
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil menunjukkan skor rata-rata berikut: 4,49 untuk akses mudah ke GC, 3,93 untuk manfaat yang dirasakan, 3,63 untuk komunikasi dan interaksi, 4,10 untukHasil menunjukkan skor rata-rata berikut: 4,49 untuk akses mudah ke GC, 3,93 untuk manfaat yang dirasakan, 3,63 untuk komunikasi dan interaksi, 4,10 untuk
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Analisis data menggunakan regresi linear sederhana karena penelitian ini hanya mengukur apakah terdapat pengaruh dan hubungan antara penerapan materi danAnalisis data menggunakan regresi linear sederhana karena penelitian ini hanya mengukur apakah terdapat pengaruh dan hubungan antara penerapan materi dan
UNDIKSHAUNDIKSHA Peningkatan kompetensi guru terlihat signifikan pada semua indikator, terutama dalam penguasaan fitur lanjutan PowerPoint yang sebelumnya tidak dikuasai,Peningkatan kompetensi guru terlihat signifikan pada semua indikator, terutama dalam penguasaan fitur lanjutan PowerPoint yang sebelumnya tidak dikuasai,
UNDIKSHAUNDIKSHA Perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan menunjukkan peningkatan signifikan. Materi ini mengintegrasikan berbagai mata pelajaran ke dalamPerbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan menunjukkan peningkatan signifikan. Materi ini mengintegrasikan berbagai mata pelajaran ke dalam
UNDIKSHAUNDIKSHA Sementara sumbel dilakukannya hanya 92 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang sesuai dengan indikator‑resiliensi, yang kemudian diprosesSementara sumbel dilakukannya hanya 92 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang sesuai dengan indikator‑resiliensi, yang kemudian diproses