UNDIKSHAUNDIKSHA
Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan IndonesiaPenelitian ini bertujuan membandingkan tingkat kepercayaan diri siswa antara kelas khusus (kelas penuh hari) dan kelas reguler. Metode yang digunakan adalah studi kuantitatif dengan rancangan penelitian komparatif. Subjek penelitian terdiri dari 90 siswa, 30 siswa dari kelas khusus dan 60 siswa dari kelas reguler. Hasil penelitian ini memberikan gambaran perbedaan antara kelas khusus dan kelas reguler yang memengaruhi tingkat kepercayaan diri siswa, dimana siswa di kelas khusus memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa di kelas reguler. Selain itu dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri terbentuk dan berkembang melalui proses pembelajaran dalam interaksi siswa dengan lingkungan sehingga perbedaan kelas menimbulkan tingkat kepercayaan diri yang berbeda.
Penelitian ini mengonfirmasi perbedaan signifikan tingkat kepercayaan diri antara siswa di kelas khusus (kelas penuh hari) dan kelas reguler, yang disebabkan terutama oleh faktor lingkungan dan atmosfer akademik masing‑masing.Selama penelitian hanya difokuskan pada kelompok perbedaan kelas, sehingga faktor tambahan seperti jenis kelamin, variasi sekolah, dan efek jangka panjang belum dijelajahi.Dicekum pendapat bahwa penting melakukan penelitian lanjutan untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut guna memahami latar belakang perkembangan kepercayaan diri secara lebih holistik.
1. Penelitian selanjutnya dapat mengevaluasi dampak perbedaan jenis kelamin terhadap tingkat kepercayaan diri siswa, mengingat studi ini hanya melibatkan siswa perempuan di sekolah khusus. 2. Penerapan desain komparatif pada berbagai jenis institusi pendidikan—misalnya sekolah menengah umum, madrasah, dan sekolah multietnis—akan menambah pemahaman tentang bagaimana kebijakan kelas dan budaya sekolah memengaruhi kepercayaan diri. 3. Peneliti juga dapat menggunakan pendekatan longitudinal yang memantau siswa dari kelas satu hingga kelas enam, sehingga bisa melihat perkembangan kepercayaan diri seiring waktu dan apakah perbedaan kelas tetap konsisten. 4. Metode mixed‑methods, menggabungkan data kuantitatif dan wawancara mendalam, dapat mengidentifikasi mekanisme psikologis yang tersembunyi di balik perbedaan persepsi kepercayaan diri. 5. Analisis faktor‑faktor eksternal seperti hubungan guru‑siswa, kualitas materi ajar, dan fasilitas pendidikan juga layak diselidiki lebih lanjut. 6. Eksperimen intervensi, misalnya program peningkatan self‑efficacy dalam kelas reguler, dapat dijalankan untuk mengetahui apakah hasil yang mendekati kelas penuh hari dapat dicapai. 7. Untuk tujuan praktis, studi terintegrasi dengan data guru tentang strategi pengajaran yang digunakan dapat menilai keefektifan teknik pembelajaran sosial. 8. Sebagai tambahan, penting untuk menguji reliabilitas dan validitas instrumen self‑confidence yang digunakan di berbagai konteks budaya. 9. Studi kontekstual di lingkungan sekolah tua dan baru dapat membuka wawasan tentang peran infrastruktur fisik dalam membentuk kepercayaan diri. 10. Dengan kombinasi pendekatan ini, diharapkan dapat dipetakan rekomendasi kebijakan pendidikan yang mendukung pengembangan kepercayaan diri siswa secara berkelanjutan.
- Jurnal Pendidikan Indonesia. differences students self confidence full class regular elementary school... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.22356Jurnal Pendidikan Indonesia differences students self confidence full class regular elementary school doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 22356
- A STUDY ON LOCUS OF CONTROL AND SELF CONFIDENCE OF HIGH SCHOOL STUDENTS. study locus control self confidence... doi.org/10.5281/zenodo.841186A STUDY ON LOCUS OF CONTROL AND SELF CONFIDENCE OF HIGH SCHOOL STUDENTS study locus control self confidence doi 10 5281 zenodo 841186
- Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi | JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan... doi.org/10.29210/02017182Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor Faktor yang Mempengaruhi JPPI Jurnal Penelitian Pendidikan doi 10 29210 02017182
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012014Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1318 1 012014
| File size | 218.63 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian menghasilkan temuan bahwa penerapan sistem AI memperlihatkan potensi signifikan dalam penghematan energi. Namun diperlukan peningkatan kompatibilitasPenelitian menghasilkan temuan bahwa penerapan sistem AI memperlihatkan potensi signifikan dalam penghematan energi. Namun diperlukan peningkatan kompatibilitas
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil juga menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, terlihat dari rata-rata nilai posttest kelompokHasil juga menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, terlihat dari rata-rata nilai posttest kelompok
UNDIKSHAUNDIKSHA Guru sebagai inti pendidikan diharapkan dapat mengembangkan secara profesional keterampilan proses ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan menentukanGuru sebagai inti pendidikan diharapkan dapat mengembangkan secara profesional keterampilan proses ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan menentukan
UNDIKSHAUNDIKSHA Materi belajar yang digunakan saat ini, khususnya di sekolah dasar (SD), masih berupa teks penuh, sehingga menurunkan motivasi siswa untuk membacanya karenaMateri belajar yang digunakan saat ini, khususnya di sekolah dasar (SD), masih berupa teks penuh, sehingga menurunkan motivasi siswa untuk membacanya karena
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Siswa SMP masih kurang mengetahui jenis layanan bimbingan dan konseling, terutama di bidang karir. Karena bimbingan karir sangat berpengaruh, siswa diharuskanSiswa SMP masih kurang mengetahui jenis layanan bimbingan dan konseling, terutama di bidang karir. Karena bimbingan karir sangat berpengaruh, siswa diharuskan
UNDIKSHAUNDIKSHA Nilai N-Gain lapangan sebesar 0,73 (interpretasi tinggi) menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Temuan penelitian juga mengindikasikanNilai N-Gain lapangan sebesar 0,73 (interpretasi tinggi) menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Temuan penelitian juga mengindikasikan
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi resiliensi mahasiswa tidak hanya bergantung pada kompleksitas materi maupun perubahan prosesPenelitian ini menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi resiliensi mahasiswa tidak hanya bergantung pada kompleksitas materi maupun perubahan proses
UNDIKSHAUNDIKSHA Selain itu, perlu diteliti pengaruh jangka panjang dari teknik-teknik ini terhadap perkembangan keterampilan servis atas siswa selama beberapa tahun, apakahSelain itu, perlu diteliti pengaruh jangka panjang dari teknik-teknik ini terhadap perkembangan keterampilan servis atas siswa selama beberapa tahun, apakah