UNDIKSHAUNDIKSHA

Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan Indonesia

Guru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media flashcard digital yang layak dan efektif serta untuk mengetahui apakah media flashcard digital dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas I Sekolah Dasar. Media yang dikembangkan adalah flashcard digital. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli yang dikumpulkan dari penilaian tiga orang ahli, serta tanggapan seorang guru dan 20 siswa kelas 1 Sekolah Dasar dan lembar tes. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan, masukan dan saran validasi produk dari validator media, ahli materi, ahli bahasa serta masukan dan saran dari respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa, yang ditunjukkan oleh perbedaan nilai pretest dan posttest. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media flashcard digital dinilai layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa untuk meningkatakn penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar.

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media flashcard digital berbasis HTML yang mengikuti model ADDIE dengan lima tahap.Media tersebut terbukti sangat layak dan efektif untuk pembelajaran Bahasa Inggris kelas I, terbukti dari peningkatan nilai rata‑rata siswa sebesar 60% pada post‑test dibandingkan pre‑test.Analisis n‑gain menunjukkan nilai 0,6858 yang termasuk kategori sedang, menguatkan efektivitas media dalam meningkatkan penguasaan kosakata.

Penelitian selanjutnya dapat meneliti apakah format flashcard digital yang disederhanakan, tanpa ketergantungan pada HTML dan jaringan internet, tetap efektif meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas I di berbagai sekolah dasar dengan fasilitas teknologi terbatas. Selain itu, diperlukan studi yang membandingkan dampak variabel siswa seperti tingkat kemampuan Bahasa Inggris awal, motivasi belajar, dan latar belakang sosial‑ekonomi terhadap keberhasilan penggunaan media flashcard digital berbasis HTML, dengan melibatkan sampel yang lebih besar dan beragam. Selanjutnya, dapat dilakukan penelitian yang mengintegrasikan elemen gamifikasi—misalnya sistem poin, level, dan tantangan—ke dalam media flashcard HTML, untuk menguji apakah strategi tersebut meningkatkan retensi kosakata dan keterlibatan siswa dibandingkan versi standar. Penelitian-penelitian tersebut diharapkan memberikan panduan praktis bagi pengembang media pembelajaran yang ingin menyesuaikan desain dengan kondisi lapangan serta memperluas pemahaman tentang faktor‑faktor yang mempengaruhi efektivitas media digital dalam konteks pendidikan dasar. Dengan memperhatikan hasil temuan, kebijakan sekolah dapat diarahkan untuk mengadopsi media yang lebih inklusif dan menarik bagi semua kelompok siswa.

  1. Development Of Digital Based Flash Card Media On Thematic Learning In Ibtidaiyah Madrasah | Pedagogik... doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2583Development Of Digital Based Flash Card Media On Thematic Learning In Ibtidaiyah Madrasah Pedagogik doi 10 24256 pijies v5i1 2583
  2. Jurnal Pendidikan Indonesia. html based digital flashcard improve mastery english vocabulary grade jurnal... doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i3.78878Jurnal Pendidikan Indonesia html based digital flashcard improve mastery english vocabulary grade jurnal doi 10 23887 jpiundiksha v13i3 78878
  3. THE EFFECT OF USING FLASHCARDS MEDIA TO INCREASE VOCABULARY SIZE FOR THE SECOND-GRADE STUDENTS AT MTs... doi.org/10.24252/elstic-ij.v2i1.28388THE EFFECT OF USING FLASHCARDS MEDIA TO INCREASE VOCABULARY SIZE FOR THE SECOND GRADE STUDENTS AT MTs doi 10 24252 elstic ij v2i1 28388
  4. THE ANALYSIS OF USING TV (THEMATIC VOCABULARY) CARDS IN INCREASING THE STUDENTS’ ENGLISH VOCABULARY... doi.org/10.46244/geej.v8i1.1284THE ANALYSIS OF USING TV THEMATIC VOCABULARY CARDS IN INCREASING THE STUDENTSAo ENGLISH VOCABULARY doi 10 46244 geej v8i1 1284
  5. Using digital flashcards to improve English word reading skills in Thai primary school learners | Journal... doi.org/10.62819/jel.2024.346Using digital flashcards to improve English word reading skills in Thai primary school learners Journal doi 10 62819 jel 2024 346
File size403.65 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test