PERADABANPERADABAN

Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan MatematikaJurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan metode mind mapping. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan metode mind mapping dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 52 pada kondisi awal menjadi 72 siakhir siklus 1 atau sebesar 35%. Pada akhir siklus II rata‑rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari72 menjadi 81 atau sebesar 13%. Total kenaikan nilai rata‑rata dari kondisi awal hingga akhir siklus II sebesar 52%.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Linggapura 05.Peningkatan rata‑rata nilai dari 53 menjadi 72 pada akhir siklus I dan menjadi 81 pada akhir siklus II menunjukkan peningkatan signifikan (35 % dan 13 % berturut‑tururut).Secara keseluruhan, metode ini menghasilkan kenaikan total 52 % pada nilai rata‑rata siswa.

Pertama, penelitian dapat mempertimbangkan perbandingan efektivitas metode mind mapping dengan metode pembelajaran tradisional atau teknik visual lainnya pada beberapa kelas dan sekolah yang berbeda, guna mengevaluasi konsistensi dan rentabilitas penyebaran. Kedua, studi lanjutan dapat meneliti dampak penggunaan mind mapping terhadap pemahaman konsep matematika jangka panjang dengan mengevaluasi nilai siswa setelah beberapa bulan atau setahun setelah intervensi, sehingga dapat mengukur retensi pengetahuan. Ketiga, penelitian yang difokuskan pada aplikasi mind mapping digital, misalnya melalui aplikasi smartphone atau tablet, dapat mengeksplorasi peran teknologi dalam memfasilitasi kolaborasi kelompok kecil, meningkatkan keterlibatan siswa, dan memudahkan monitoring kemajuan secara real‑time. Kombinasi ketiga jalur ini akan memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai potensi mind mapping, mengatasi keterbatasan studi semasa berupa sampel terbatas, dan menambah bukti empiris yang dapat mendukung adopsi kebijakan pendidikan. Dengan memanfaatkan data kuantitatif dan kualitatif, peneliti dapat menggali persepsi guru dan siswa tentang penggunaan mind mapping, sehingga menambah kedalaman interpretasi hasil.

  1. #siswa kela ii#siswa kela ii
  2. #hasil belajar biologi#hasil belajar biologi
Read online
File size241.35 KB
Pages6
Short Linkhttps://juris.id/p-1kw
DMCAReport

Related /

ads-block-test