PERADABANPERADABAN
Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan MatematikaJurnal Dialektika Program Studi Pendidikan MatematikaPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan metode mind mapping. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan metode mind mapping dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 52 pada kondisi awal menjadi 72 siakhir siklus 1 atau sebesar 35%. Pada akhir siklus II rata‑rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari72 menjadi 81 atau sebesar 13%. Total kenaikan nilai rata‑rata dari kondisi awal hingga akhir siklus II sebesar 52%.
Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Linggapura 05.Peningkatan rata‑rata nilai dari 53 menjadi 72 pada akhir siklus I dan menjadi 81 pada akhir siklus II menunjukkan peningkatan signifikan (35 % dan 13 % berturut‑tururut).Secara keseluruhan, metode ini menghasilkan kenaikan total 52 % pada nilai rata‑rata siswa.
Pertama, penelitian dapat mempertimbangkan perbandingan efektivitas metode mind mapping dengan metode pembelajaran tradisional atau teknik visual lainnya pada beberapa kelas dan sekolah yang berbeda, guna mengevaluasi konsistensi dan rentabilitas penyebaran. Kedua, studi lanjutan dapat meneliti dampak penggunaan mind mapping terhadap pemahaman konsep matematika jangka panjang dengan mengevaluasi nilai siswa setelah beberapa bulan atau setahun setelah intervensi, sehingga dapat mengukur retensi pengetahuan. Ketiga, penelitian yang difokuskan pada aplikasi mind mapping digital, misalnya melalui aplikasi smartphone atau tablet, dapat mengeksplorasi peran teknologi dalam memfasilitasi kolaborasi kelompok kecil, meningkatkan keterlibatan siswa, dan memudahkan monitoring kemajuan secara real‑time. Kombinasi ketiga jalur ini akan memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai potensi mind mapping, mengatasi keterbatasan studi semasa berupa sampel terbatas, dan menambah bukti empiris yang dapat mendukung adopsi kebijakan pendidikan. Dengan memanfaatkan data kuantitatif dan kualitatif, peneliti dapat menggali persepsi guru dan siswa tentang penggunaan mind mapping, sehingga menambah kedalaman interpretasi hasil.
| File size | 241.35 KB |
| Pages | 6 |
| Short Link | https://juris.id/p-1kw |
| DMCA | Report |
Related /
ABULYATAMAABULYATAMA Kelas percepatan telah menjadi program penting di sekolah untuk siswa berbakat. Penelitian ini menganalisis perbedaan pencapaian antara siswa kelas percepatanKelas percepatan telah menjadi program penting di sekolah untuk siswa berbakat. Penelitian ini menganalisis perbedaan pencapaian antara siswa kelas percepatan
ABULYATAMAABULYATAMA Aktivitas siswa aktif dan siswa secara keseluruhan sudah terampil dalam menggunakan berbagai strategi, yakni dalam pemecahan masalah, mengecek dan memonitoring,Aktivitas siswa aktif dan siswa secara keseluruhan sudah terampil dalam menggunakan berbagai strategi, yakni dalam pemecahan masalah, mengecek dan memonitoring,
ABULYATAMAABULYATAMA Untuk mengumpulkan data, siswa diberikan 25 soal pilihan ganda tentang Kata Ganti Personalia. Kemudian, kertas ujian siswa dianalisis berdasarkan jenis-jenisUntuk mengumpulkan data, siswa diberikan 25 soal pilihan ganda tentang Kata Ganti Personalia. Kemudian, kertas ujian siswa dianalisis berdasarkan jenis-jenis
ABULYATAMAABULYATAMA Hasil analisis data diperoleh bahwa tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara individu dengan daya serap 70% adalah sebesar 30% sedangkan dari dataHasil analisis data diperoleh bahwa tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara individu dengan daya serap 70% adalah sebesar 30% sedangkan dari data
PERADABANPERADABAN Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi volume bangun ruang berdasarkanPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi volume bangun ruang berdasarkan
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Dimulai dengan mengidentifikasi kesenjangan keterampilan siswa, merancang kurikulum bertahap, dan memberikan pelatihan berbasis praktik langsung. SesiDimulai dengan mengidentifikasi kesenjangan keterampilan siswa, merancang kurikulum bertahap, dan memberikan pelatihan berbasis praktik langsung. Sesi
BERUGAKBACABERUGAKBACA Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi guru dengan peserta didik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMAN 5 BoneBerdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi guru dengan peserta didik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMAN 5 Bone
BERUGAKBACABERUGAKBACA Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah bahwa sebanyak 16 siswa menjawab angket yang berisi pernyataan mengenai pelaksanaan proses evaluasiKesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah bahwa sebanyak 16 siswa menjawab angket yang berisi pernyataan mengenai pelaksanaan proses evaluasi
Useful /
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Jumlah siswa yang dibina dalam kewirausahaan sebanyak 40 siswa. Pelatihan diawali dengan materi kewirausahaan dan Business model canvas kemudian dilaksanakanJumlah siswa yang dibina dalam kewirausahaan sebanyak 40 siswa. Pelatihan diawali dengan materi kewirausahaan dan Business model canvas kemudian dilaksanakan
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Workshop edukasi tentang kafein dan infused water telah berhasil meningkatkan kesadaran mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo mengenaiWorkshop edukasi tentang kafein dan infused water telah berhasil meningkatkan kesadaran mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo mengenai
UACUAC Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang di MTs Unggulan Hikmatul Amanah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif denganPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang di MTs Unggulan Hikmatul Amanah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan
UACUAC Konsep RSD telah berkontribusi pada model pembelajaran berbasis penelitian di kalangan siswa di Australia dan negara barat lainnya, baik di kalangan siswaKonsep RSD telah berkontribusi pada model pembelajaran berbasis penelitian di kalangan siswa di Australia dan negara barat lainnya, baik di kalangan siswa