UNTANUNTAN

Jurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanJurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan guru bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 6 Ketapang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan guru melalui bimbingan dan binaan kepala sekolah sangat dibutuhkan sebagai wadah untuk membantu guru memperoleh berbagai informasi dan pengetahuan mengenai proses pembelajaran. Kedisiplinan guru di SMP Negeri 6 Ketapang mengalami peningkatan yang mendukung perbaikan proses belajar mengajar, sehingga kewajiban dan tanggung jawab guru terpenuhi serta mampu mentransfer ilmu secara baik kepada peserta didik dengan memberikan contoh keteladanan. Kedisiplinan guru sangat penting karena perilaku guru memengaruhi kedisiplinan peserta didik, sehingga perlu ditingkatkan untuk menaati aturan sekolah dan memajukan karakter pendidikan.

Kedisiplinan guru bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 6 Ketapang telah menunjukkan peningkatan berkat pembinaan dari kepala sekolah.Faktor-faktor yang menghambat kedisiplinan guru meliputi kebijakan pimpinan, kurangnya kesadaran diri, dan jarak tempat tinggal guru terhadap sekolah.Kedisiplinan guru sangat penting karena berdampak langsung terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik.

Pertama, perlu diteliti efektivitas model pembinaan kepala sekolah terhadap peningkatan kedisiplinan guru dalam konteks sekolah di daerah pinggiran, dengan fokus pada pendekatan kepemimpinan yang digunakan dan respons guru terhadap sanksi serta penghargaan. Kedua, perlu dikaji pengaruh jarak tempat tinggal guru terhadap konsistensi kedisiplinan mengajar, termasuk eksplorasi solusi seperti fasilitas asrama guru atau insentif transportasi dalam mendukung kinerja guru. Ketiga, perlu dilakukan penelitian tentang hubungan antara kesadaran diri guru terhadap peran keteladanan dan tingkat kedisiplinan masuk kelas, serta bagaimana pelatihan mental atau pengembangan profesional berkelanjutan dapat membentuk komitmen internal guru terhadap disiplin kerja. Kombinasi ketiga aspek ini dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang strategi berkelanjutan untuk memperkuat kedisiplinan guru di sekolah-sekolah serupa.

  1. #guru bahasa inggris#guru bahasa inggris
  2. #pengembangan profesional guru#pengembangan profesional guru
File size313.39 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test