UPGRIPLKUPGRIPLK

Meretas: Jurnal Ilmu PendidikanMeretas: Jurnal Ilmu Pendidikan

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan oleh sebagian masyarakat dunia untuk berkomunikasi secara global. Mata kuliah Bahasa Inggris di Universitas PGRI Palangka Raya khususnya di program studi Pendidikan Geografi merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Bahasa Inggris mempunyai peranan yang penting karena banyak digunakan dalam memenuhi syarat lulusan baik dan juga pekerjaan. Lulusan yang baik dalam pendidikan dimaksudkan melahirkan lulusan yang mampu menguasai Bahasa Inggris. Meskipun demikian banyak kendala yang ditemui dalam pembelajaran mata kuliah Bahasa Inggris di antaranya: (1) pandangan mahasiswa terhadap mata kuliah Bahasa Inggris; (2) kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran; (3) materi yang belum mencukupi; (4) tenaga pengajar atau dosen yang kurang memadai. Kondisi tersebut setidaknya memberi gambaran bahwa program studi Pendidikan Geografi belum maksimal. Permasalahan yang ditemukan menjadikan proses pembelajaran tidak optimal sehingga kualitas pendidikan di program studi Pendidikan Geografi tidak maksimal dan lulusan tidak mampu bersaing secara universal. Akibatnya lulusan tidak dapat bersaing dengan mahasiswa yang memiliki pendidikan non‑kejuruan. Dapat disimpulkan bahwa mata kuliah Bahasa Inggris memiliki peranan yang sangat penting dalam program studi Pendidikan Geografi di Universitas PGRI Palangka Raya.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan 20 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palangka Raya, mata kuliah Bahasa Inggris terbukti menjadi komponen wajib yang sangat berperan dalam meningkatkan kompetensi lulusan.Penguasaan Bahasa Inggris memberikan keunggulan kompetitif bagi lulusan Program Studi Pendidikan Geografi, baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan, maupun interaksi sosial.Oleh sebab itu, penguatan mata kuliah Bahasa Inggris diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan Geografi serta mempersiapkan lulusan untuk bersaing secara nasional maupun internasional.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi strategi pembelajaran yang paling efektif untuk mengintegrasikan Bahasa Inggris dalam mata kuliah Pendidikan Geografi, misalnya dengan membandingkan pendekatan komunikatif, berbasis proyek, dan blended learning dalam meningkatkan kemampuan bahasa mahasiswa. Selain itu, diperlukan studi yang menilai dampak pelatihan intensif bagi dosen pengampu mata kuliah Bahasa Inggris terhadap kualitas pengajaran dan pencapaian kompetensi bahasa mahasiswa, sehingga dapat diidentifikasi kebutuhan pelatihan yang tepat. Selanjutnya, penelitian dapat meneliti pemanfaatan sumber daya digital—seperti modul daring, aplikasi mobile, dan video interaktif—dalam mendukung proses belajar Bahasa Inggris di program studi tersebut, serta mengukur pengaruhnya terhadap motivasi belajar, keterlibatan mahasiswa, dan hasil akademik secara keseluruhan.

  1. #bahasa inggris#bahasa inggris
  2. #kompetensi bahasa mahasiswa#kompetensi bahasa mahasiswa
Read online
File size348.68 KB
Pages7
Short Linkhttps://juris.id/p-1pj
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test