Control Group Design Files
UKIUKI Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran juga tergolong positif. Model Problem Based Learning yang dibantu e-modul secara signifikan meningkatkanSelain itu, respon siswa terhadap pembelajaran juga tergolong positif. Model Problem Based Learning yang dibantu e-modul secara signifikan meningkatkan
IPBIPB Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan pada kelas eksperimen setelah diterapkan modelHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan pada kelas eksperimen setelah diterapkan model
UPIUPI Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruhData dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 42,3%, sedangkan pada kelas kontrol hanya 18,7%. Berdasarkan hasil uji-t diperolehPeningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 42,3%, sedangkan pada kelas kontrol hanya 18,7%. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran biologi. Peningkatan kemampuanModel Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran biologi. Peningkatan kemampuan
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT The results reveal statistically significant improvements in SPS for both inquiry-based groups compared to the conventional group (p < 0. 001). Gender-basedThe results reveal statistically significant improvements in SPS for both inquiry-based groups compared to the conventional group (p < 0. 001). Gender-based
IAINPTKIAINPTK Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan melalui tes essay yang telah divalidasi, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari tes akhir semester. HasilData kemampuan berpikir kritis dikumpulkan melalui tes essay yang telah divalidasi, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari tes akhir semester. Hasil
UINUIN Penerapan model ini memerlukan perencanaan yang matang dan keterlibatan aktif guru dalam membimbing proses inkuiri. Rekomendasi untuk guru adalah mengintegrasikanPenerapan model ini memerlukan perencanaan yang matang dan keterlibatan aktif guru dalam membimbing proses inkuiri. Rekomendasi untuk guru adalah mengintegrasikan
UNPAMUNPAM Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis etnosains secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis (gain ternormalisasi 0,70) danHasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis etnosains secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis (gain ternormalisasi 0,70) dan
APTKLHIAPTKLHI Data kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui tes essay yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikirData kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui tes essay yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir
UNYUNY Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupaSampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa
UNDIKSHAUNDIKSHA Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian sebanyak 10 soal kemudian diukur menggunakan uji t dua sisi sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkanTeknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian sebanyak 10 soal kemudian diukur menggunakan uji t dua sisi sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkan