ALFA PUSTAKAALFA PUSTAKA

Jurnal Alfa: Penelitian, Pendidikan, dan BahasaJurnal Alfa: Penelitian, Pendidikan, dan Bahasa

Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa menjadi pembicara yang lebih percaya diri dan mengevaluasi efektivitas pendekatan Teaching Language Communicative (CLT) dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Pendekatan CLT berfokus pada komunikasi sebagai tujuan utama pembelajaran bahasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, refleksi, dokumentasi, serta penilaian (pre-test dan post-test). Implementasi CLT pada siklus pertama menunjukkan peningkatan bertahap dalam kemampuan berbicara siswa. Pada siklus kedua, peningkatan signifikan terlihat, khususnya dalam penguasaan kosakata. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan CLT efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII-1.

Implementasi pendekatan CLT dilakukan dalam dua siklus penelitian tindakan kelas.Pada siklus pertama, pencapaian siswa mencapai 50%, sementara pada siklus kedua, skor meningkat sebesar 37% dan berhasil mencapai target kriteria 87%.Hasil ini menunjukkan bahwa CLT efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa.Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan hasil linguistik tetapi juga mendorong berpikir kritis, keterlibatan, dan kemandirian belajar.Peningkatan kemampuan berbicara siswa terlihat dari peningkatan kepercayaan diri, partisipasi aktif, dan penggunaan bahasa yang lebih percaya diri.

Penelitian lanjutan dapat fokus pada integrasi teknologi seperti aplikasi berbasis AI untuk latihan berbicara interaktif, penggunaan media pembelajaran beragam seperti video dan permainan untuk meningkatkan keterlibatan siswa, serta evaluasi dampak jangka panjang pendekatan CLT terhadap keterampilan bahasa lain seperti mendengarkan dan menulis. Selain itu, studi tentang perbedaan efektivitas CLT di antara kelompok siswa dengan latar belakang budaya berbeda juga bisa menjadi arah penelitian yang menarik. Penelitian ini juga bisa menggabungkan pendekatan CLT dengan teknik evaluasi berbasis proyek untuk melihat pengaruhnya terhadap kemampuan berkomunikasi dalam konteks nyata.

  1. Implementing the Communicative Language Teaching (CLT) Approach to Enhance Speaking Ability of Grade... jurnal.alfa-pustaka.id/index.php/jap2b/article/view/119Implementing the Communicative Language Teaching CLT Approach to Enhance Speaking Ability of Grade jurnal alfa pustaka index php jap2b article view 119
Read online
File size678.82 KB
Pages14
Short Linkhttps://juris.id/p-1pt
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test