ALFA PUSTAKAALFA PUSTAKA

Jurnal Alfa: Penelitian, Pendidikan, dan BahasaJurnal Alfa: Penelitian, Pendidikan, dan Bahasa

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sibabangun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan strategi perbaikan (fix up strategy) terhadap kemampuan menulis laporan siswa. Peneliti melakukan penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI, yaitu 183 siswa. Peneliti menggunakan teknik cluster sampling untuk mendapatkan sampel. Sampel yang didapatkan adalah 30 siswa. Penerapan membaca teks laporan digunakan sebagai instrumen, dan peneliti menggunakan formula “t test. Berdasarkan data yang dianalisis, ditemukan bahwa (1) skor rata-rata siswa dalam membaca teks laporan sebelum menggunakan strategi perbaikan dapat dikatakan cukup, (2) skor rata-rata siswa dalam membaca teks laporan yang diajarkan dengan menggunakan strategi perbaikan dapat dikatakan baik, dan (3) terdapat pengaruh signifikan strategi perbaikan dalam membaca teks laporan pada kelas XI SMA Negeri 1 Sibabangun. Hal ini berarti hipotesis diterima.

Berdasarkan temuan dan diskusi yang disajikan dalam penelitian ini, implementasi strategi perbaikan (Fix-Up Strategy) dalam mengajar membaca teks laporan kepada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sibabangun menghasilkan hasil yang positif.(1) Hasil deskripsi data menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa dalam membaca teks laporan sebelum menggunakan strategi perbaikan adalah 68,5.Hal ini dapat disimpulkan bahwa kriteria pemahaman siswa dalam fitur bahasa teks laporan perlu ditingkatkan agar mencapai tingkat yang memuaskan.(2) Hasil deskripsi data menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa dalam membaca teks laporan yang diajarkan dengan menggunakan strategi perbaikan adalah 75,5.Hal ini dapat dikatakan bahwa kriteria pemahaman siswa dalam fitur bahasa teks laporan sudah memuaskan.(3) Terdapat pengaruh signifikan strategi perbaikan dalam membaca teks laporan pada kelas XI SMA Negeri 1 Sibabangun.Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Berdasarkan latar belakang, metode, hasil, keterbatasan, dan saran penelitian lanjutan yang ada, berikut adalah beberapa saran penelitian lanjutan yang baru: Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menginvestigasi efektivitas strategi perbaikan dalam meningkatkan kemampuan menulis laporan siswa, dengan fokus pada aspek-aspek spesifik seperti struktur teks, penggunaan bahasa, dan analisis data. Kedua, penelitian dapat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan penerapan strategi perbaikan, seperti tingkat kemampuan awal siswa, gaya belajar, dan motivasi belajar. Ketiga, penelitian dapat mengeksplorasi potensi penggunaan teknologi dalam mendukung penerapan strategi perbaikan, misalnya melalui pengembangan aplikasi atau platform pembelajaran interaktif yang menyediakan latihan dan umpan balik otomatis. Dengan menggabungkan ketiga saran ini, diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang bagaimana strategi perbaikan dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan siswa, serta bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan menarik.

  1. The Role of Reading in Enhancing EFL Learners’ Language Proficiency | QALAAI ZANIST SCIENTIFIC... journal.lfu.edu.krd/ojs/index.php/qzj/article/view/1123The Role of Reading in Enhancing EFL LearnersAo Language Proficiency QALAAI ZANIST SCIENTIFIC journal lfu edu krd ojs index php qzj article view 1123
  1. #siswa kelas vii#siswa kelas vii
Read online
File size888.25 KB
Pages11
Short Linkhttps://juris.id/p-1ps
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test