LITERASIKITAINDONESIALITERASIKITAINDONESIA

Jurnal LiterasiologiJurnal Literasiologi

Ada peningkatan yang signifikan pada penguasaan materi pembelajaran, hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes formatif pada siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada siklus III ada 23 siswa dari jumlah 26 siswa atau sebesar 88,46% yang memperoleh nilai ≥65. Ini berarti batas tuntas belajar telah terpenuhi karena jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥65 lebih dari 75%. Dengan adanya tindakan perbaikan pembelajaran ini, motivasi siswa untuk memahami dan menguasai materi pelajaran sangat tinggi. Di samping itu menumbuhkan sikap siswa untuk meningkatkan belajarnya, berani mengungkapkan pendapat atau bertanya serta tidak ragu-ragu lagi dalam menghadapi berbagai persoalan materi pelajaran.

Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa (1) ada peningkatan signifikan pada penguasaan materi pembelajaran dengan 88,46% siswa mencapai nilai ≥65 di siklus III, (2) perubahan perilaku positif terlihat pada minat dan motivasi belajar siswa, serta (3) penerapan metode tugas efektif meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi dampak integrasi teknologi digital dalam aktivitas percakapan sederhana, menguji efektivitas kombinasi metode tugas dengan strategi pembelajaran aktif lainnya, serta mengidentifikasi faktor psikologis yang memengaruhi motivasi belajar siswa dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia. Studi komparatif antara kelas yang menerapkan metode tradisional dan inovatif juga dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan kurikulum pendidikan.

  1. #motivasi siswa#motivasi siswa
Read online
File size239.12 KB
Pages19
Short Linkhttps://juris.id/p-1nm
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test