ABULYATAMAABULYATAMA

Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi Pendidikan

Penelitian ini berjudul “Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan bacaan al-Quran pada siswa di SMP 2 Negeri Pulo Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan yang dicapai oleh siswa/i dalam membaca al-Quran dari kelas VII, VII serta kelas IX yang berjumlah 58 orang. Dari hasil penelitian dilapangan, diketahui kemampuan baca al-Quran siswa SMP Negeri 2 Pulo Aceh belum maksimal seperti yang diinginkan. Namun guru telah berupaya agar anak didiknya bisa membaca al-Quran dengan baik dan benar dengan cara memberikan les atau jam tambahan diluar jam mata pelajaran PAI, dan juga guru memberikan nasihat kepada siswa agar rajin serta giat dalam mempelajari al-Quran.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran al-Quran yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran pada siswa belum maksimal.Namun, guru telah berupaya untuk lebih mendalami strategi-strategi yang harus digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran pada siswa.Hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan bacaan al-Quran pada siswa, yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia, seperti buku paket, al-Quran serta minat siswa tersebut dalam membaca al-Quran.

Berdasarkan latar belakang, metode, hasil, keterbatasan, dan saran penelitian lanjutan yang ada, berikut adalah beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan: Pertama, perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas berbagai strategi pembelajaran Al-Quran, seperti metode talaqi atau metode hafalan, untuk mengidentifikasi pendekatan yang paling sesuai dengan karakteristik siswa SMP. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa dalam membaca Al-Quran, termasuk peran lingkungan keluarga, teman sebaya, dan guru, untuk merancang program yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Ketiga, penelitian kualitatif dapat dilakukan untuk menggali lebih dalam pengalaman guru PAI dalam menghadapi tantangan dan hambatan dalam meningkatkan kemampuan bacaan Al-Quran siswa, serta mengidentifikasi strategi-strategi inovatif yang telah mereka terapkan. Dengan menggabungkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama.

  1. #hasil belajar siswa#hasil belajar siswa
  2. #siswa kelas v#siswa kelas v
Read online
File size1.02 MB
Pages15
Short Linkhttps://juris.id/p-1ma
DMCAReport

Related /

ads-block-test