UNISMUHUNISMUH
Jurnal Pendidikan FisikaJurnal Pendidikan FisikaPenelitian ini adalah penilitian pengembangan menggunakan model 4D yang diadaptasi dari model 4D Thiagarajan. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah multimedia pembelajaran fisika interaktif. Adapun tahapan yang dilalui dalam penelitian ini adalah tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyeberan (desiminate). Dalam penelitian ini tahap penyebaran (desiminate) dilakukan namun tidak sampai pada melihat hasilnya hanya pada sebatas pengemasan produk. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan pembagian angket dengan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar validasi multimedia pembelajaran fisika interaktif, dan lembar tanggapan guru. Hasil uji coba dalam tahap pengembangan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran fisika interaktif valid, dengan presentase tanggapan guru sebesar 74,8% dan respon siswa terhadap multimedia pembelajaran fisika interaktif positif dengan presentase 75,1%.
Multimedia pembelajaran fisika interaktif yang dikembangkan telah dinyatakan valid oleh ahli dan praktisi, serta dirancang untuk digunakan secara offline dalam membantu siswa memahami materi gelombang secara mandiri.Perangkat pembelajaran tersebut dinilai layak dan sesuai untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi guru maupun siswa.Tanggapan positif dari siswa menunjukkan bahwa multimedia ini memiliki daya tarik tinggi dan dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik.
Penelitian ini telah berhasil menciptakan multimedia pembelajaran fisika yang interaktif, namun masih terdapat banyak ruang untuk penelitian lanjutan yang lebih mendalam. Pertama, bagaimana jika media yang sama diuji coba pada skala yang lebih luas, misalnya di beberapa sekolah dengan latar belakang berbeda seperti sekolah di perkotaan versus pedesaan, atau pada siswa dengan tingkat pemahaman awal yang bervariasi? Penelitian semacam ini akan mengungkap apakah keefektifan media ini konsisten atau hanya berlaku untuk lingkungan tertentu. Kedua, produk yang ada bersifat offline, sehingga sebuah penelitian baru bisa mengembangkan versi online yang memungkinkan siswa belajar secara kolaboratif dan mendapatkan umpan balik instan. Akan lebih menarik lagi untuk membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan versi online dengan versi offline. Ketiga, pengembangan multimedia ini hanya terfokus pada satu topik fisika, yaitu gelombang. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi apakah model pengembangan 4D ini dapat diadaptasi secara sukses untuk menciptakan multimedia interaktif pada materi fisika lain yang dianggap sulit, seperti listrik statis, atau bahkan untuk mata pelajaran sains yang sama sekali berbeda seperti kimia. Menjawab ketiga pertanyaan ini akan memberikan pemahaman yang jauh lebih komprehensif tentang potensi dan keterbatasan pengembangan multimedia interaktif dalam pendidikan sains di Indonesia.
| File size | 810.76 KB |
| Pages | 14 |
| Short Link | https://juris.id/p-1lb |
| DMCA | Report |
Related /
ABULYATAMAABULYATAMA Hal ini dikarenakan, (1) hasil belajar siswa tuntas, (2) aktivitas siswa aktif, dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan (4) kemampuan guruHal ini dikarenakan, (1) hasil belajar siswa tuntas, (2) aktivitas siswa aktif, dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan (4) kemampuan guru
ABULYATAMAABULYATAMA Diskusi kelompok fokus dilakukan untuk memperoleh data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat dimensi pengetahuan wirausahawan, yaitu tingkatDiskusi kelompok fokus dilakukan untuk memperoleh data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat dimensi pengetahuan wirausahawan, yaitu tingkat
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan Metode Role Playing dalam pembelajaran Seni Budaya di Kelas VII-5 SMP Negeri 1 PatumbakTelah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan Metode Role Playing dalam pembelajaran Seni Budaya di Kelas VII-5 SMP Negeri 1 Patumbak
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Subjek uji coba penelitian yaitu peserta didik kelas X AKL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan memperoleh persentaseSubjek uji coba penelitian yaitu peserta didik kelas X AKL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan memperoleh persentase
UNWUNW Media pembelajaran ini ditujukan untuk kalangan anak dan orang tua. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyampaikan informasi tentang dampakMedia pembelajaran ini ditujukan untuk kalangan anak dan orang tua. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyampaikan informasi tentang dampak
UNYUNY Proses pembelajaran yang memprioritaskan aktivitas siswa melalui penggunaan modul dan lembar kerja kelompok memungkinkan mereka mengidentifikasi masalah,Proses pembelajaran yang memprioritaskan aktivitas siswa melalui penggunaan modul dan lembar kerja kelompok memungkinkan mereka mengidentifikasi masalah,
UNISMUHUNISMUH Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa banyaknya siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Pakue 77 % yang menguasai pemahaman konsep tingkat translasi, 71%Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa banyaknya siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Pakue 77 % yang menguasai pemahaman konsep tingkat translasi, 71%
UNISMUHUNISMUH Angket terdiri dari 22 pernyataan yang mencakup 3 indikator, dengan pernyataan positif sebanyak 12 dan negatif 10 pernyataan. Penelitian menggunakan analisisAngket terdiri dari 22 pernyataan yang mencakup 3 indikator, dengan pernyataan positif sebanyak 12 dan negatif 10 pernyataan. Penelitian menggunakan analisis
Useful /
ABULYATAMAABULYATAMA Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan penerjemah dalam bahasa penerima yaitu bahasa Indonesia. Rendahnya itu tampak pada struktur kalimat yang rumit,Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan penerjemah dalam bahasa penerima yaitu bahasa Indonesia. Rendahnya itu tampak pada struktur kalimat yang rumit,
ABULYATAMAABULYATAMA Penelitian ini berjudul “Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan bacaan al-Quran pada siswa di SMP 2 Negeri Pulo Aceh. PenelitianPenelitian ini berjudul “Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan bacaan al-Quran pada siswa di SMP 2 Negeri Pulo Aceh. Penelitian
UNYUNY Penelitian ini mengungkap pengalaman dan makna pengajaran pendidikan jasmani inklusif di sekolah reguler, menekankan pentingnya pengetahuan latar belakangPenelitian ini mengungkap pengalaman dan makna pengajaran pendidikan jasmani inklusif di sekolah reguler, menekankan pentingnya pengetahuan latar belakang
UNYUNY 416 siswa non-madrasah. Data dianalisis menggunakan pemodelan persamaan struktural tingkat ganda (SEM). Hasil menunjukkan bahwa (a) terdapat kesenjangan416 siswa non-madrasah. Data dianalisis menggunakan pemodelan persamaan struktural tingkat ganda (SEM). Hasil menunjukkan bahwa (a) terdapat kesenjangan