UNISMUHUNISMUH

Jurnal Pendidikan FisikaJurnal Pendidikan Fisika

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengintegrasian pendidikan karakter keagamaan pada pembelajaran hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerja di laboratorium, faktor pendukung dan penghambat di Madrasah Aliyah Puteri Aisyiah Palu. Hasil penelitian pengintegrasian pendidikan karakter keagamaan pada mata pelajaran fisika melalui pembelajaran hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerja di laboratorium dengan melakukan intervensi atau menanamkan nilai-nilai karakter keagamaan shiddiq, amanah, tabligh dan fathanah, akidah, akhlak, ibadah dan berwawasan luas , pada materi fisika yang diajarkan. Metode Pembelajaran menggunakan pendekatan Proses Ilmiah dengan metode Diskusi untuk memahami hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerja di laboratorium. didukung oleh manajemen madrasah berbasis pesantren yang semua peserta didik diasramakan yang berasal dari 10 kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah. Faktor penghambat didalam mengimplementasikan pendidikan karakter diantaranya masih terdapat guru mengajar yang tidak sesuai dengan kompetensi guru professional atau guru yang mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang sebenarnya.

Pengintegrasian pendidikan karakter keagamaan pada mata pelajaran fisika melalui pembelajaran hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerja di laboratorium dengan melakukan intervensi atau menanamkan nilai-nilai karakter keagamaan shiddiq, amanah, tabligh dan fathanah, akidah, akhlak, ibadah dan berwawasan luas , disiplin pada materi fisika yang diajarkan.

Penelitian selanjutnya dapat dikembangkan dengan mengeksplorasi penerapan model integrasi ini di berbagai konteks sekolah yang berbeda, seperti sekolah umum atau sekolah non-pesantren, untuk melihat efektivitas dan tantangannya di luar lingkungan madrasah khusus puteri. Studi ini bisa menjawab pertanyaan apakah model yang sama tetap relevan tanpa dukungan sistem asrama yang terintegrasi. Selanjutnya, sebuah penelitian dapat dilakukan untuk mengukur dampak nyata dari integrasi karakter ini terhadap perkembangan siswa secara komprehensif, bukan hanya sekadar menggambarkannya, misalnya dengan meneliti apakah ada hubungan signifikan antara penerapan nilai-nilai keagamaan dalam fisika dengan peningkatan sikap ilmiah, tingkat disiplin, dan juga prestasi akademik siswa dalam jangka panjang. Terakhir, untuk mengatasi keterbatasan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, penelitian berikutnya sangat penting untuk merancang dan mengembangkan sebuah model pembelajaran atau modul fisika berbasis karakter keagamaan yang terstruktur dan praktis, lengkap dengan panduan langkah demi langkah, contoh RPP, dan alat evaluasi, sehingga dapat menjadi acuan yang mudah diadopsi oleh guru di mana pun untuk mencapai tujuan pendidikan holistik tanpa harus merancang dari nol.

Read online
File size258.52 KB
Pages14
Short Linkhttps://juris.id/p-1l6
DMCAReport

Related /

ads-block-test