PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING
Journal Of Education And Teaching Learning (JETL)Journal Of Education And Teaching Learning (JETL)Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan self-efficacy siswa melalui pengembangan perangkat pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Ilmiah berbasis budaya Melayu. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian pengembangan dan memanfaatkan model 4‑D untuk merancang perangkat pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Teknologi Tambang Politeknik Negeri Ketapang pada kelas 1‑B, dengan partisipan 28 mahasiswa. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki kualitas baik dan memenuhi kriteria validitas, sehingga layak digunakan. Implementasi perangkat di kelas dinilai sangat baik, dengan lebih dari 80% respon siswa bersikap positif. Nilai kuisioner self‑efficacy siswa meningkat secara signifikan dari pre‑test (83,43) menjadi post‑test (119,32) pada Trial II, dengan skor maksimum 140. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa self‑efficacy siswa meningkat setelah penerapan perangkat pembelajaran berbasis model inkuiri ilmiah berlandaskan budaya Melayu.
Integrasi budaya Melayu ke dalam model inkuiri ilmiah menciptakan lingkungan belajar yang lebih kontekstual, bermakna, dan relevan bagi siswa.Faktor utama yang berkontribusi pada peningkatan self‑efficacy meliputi keterkaitan budaya dengan pengalaman belajar, penggunaan metode inkuiri yang mendorong eksplorasi aktif, serta dukungan sosial dan emosional yang diperkuat melalui nilai-nilai budaya Melayu.Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menerapkan keterampilan ilmiah di berbagai konteks, baik akademik maupun kehidupan sehari‑hari.
Pertama, lakukan studi perbandingan penerapan model inkuiri ilmiah berbasis budaya Melayu dengan model konvensional di berbagai institusi pendidikan tinggi untuk menilai perbedaan efektivitasnya. Kedua, teliti peran latar belakang socio‑ekonomi dan gaya belajar siswa dalam mempengaruhi adaptasi mereka terhadap perangkat pembelajaran berbasis budaya, sehingga dapat dikembangkan strategi personalisasi yang lebih tepat. Ketiga, evaluasi kesiapan dosen dalam menerapkan model ini melalui pelatihan dan pendemokan praktis, kemudian ukur dampaknya terhadap kualitas pengajaran dan motivasi mahasiswa. Dengan menggabungkan ketiga arah studi tersebut, penelitian dapat menyumbang panduan komprehensif bagi pemimpin pendidikan dalam mengoptimalkan integrasi budaya lokal ke dalam kurikulum STEM.
- 0. home browse journals resources submission books contact information aims scope editorial board guidelines... doi.org/10.13189/ujer.2016.0403190 home browse journals resources submission books contact information aims scope editorial board guidelines doi 10 13189 ujer 2016 040319
- Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Masalah untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Mahasiswa... doi.org/10.36655/jsp.v10i2.783Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Masalah untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Mahasiswa doi 10 36655 jsp v10i2 783
| File size | 381.45 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Aktivitas siswa mengalami peningkatan, dan minat belajar siswa juga meningkat setelah penerapan model pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaranAktivitas siswa mengalami peningkatan, dan minat belajar siswa juga meningkat setelah penerapan model pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran
IAIN UTUBANIAIN UTUBAN Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan self-esteem tinggi cenderung memiliki motivasi belajar yang kuat, mampu mengelola waktu, dan lebihHasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan self-esteem tinggi cenderung memiliki motivasi belajar yang kuat, mampu mengelola waktu, dan lebih
IIM JAMBIIIM JAMBI Aktivitas siswa meningkat di setiap siklus dengan terpenuhinya waktu ideal oleh kategori aktivitas siswa walaupun pada siklus III masih ada dua kategoriAktivitas siswa meningkat di setiap siklus dengan terpenuhinya waktu ideal oleh kategori aktivitas siswa walaupun pada siklus III masih ada dua kategori
IFRELIFREL The curriculum and learning of Islamic Religious Education (PAI) at the Senior High School (SMA) level face significant challenges in line with the dynamicsThe curriculum and learning of Islamic Religious Education (PAI) at the Senior High School (SMA) level face significant challenges in line with the dynamics
LARPAINSTITUTELARPAINSTITUTE Komplikasi utama abortus, seperti perdarahan dini, memerlukan penanganan cepat dan tepat serta intervensi medis yang komprehensif dan terintegrasi untukKomplikasi utama abortus, seperti perdarahan dini, memerlukan penanganan cepat dan tepat serta intervensi medis yang komprehensif dan terintegrasi untuk
INDOSCIENCEINDOSCIENCE Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen asesmen yang dikembangkan mampu mengidentifikasi dengan baik area-area di mana siswa masih memerlukan bantuan,Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen asesmen yang dikembangkan mampu mengidentifikasi dengan baik area-area di mana siswa masih memerlukan bantuan,
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Data dikumpulkan melalui observasi langsung sesuai panduan lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa persentaseData dikumpulkan melalui observasi langsung sesuai panduan lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa persentase
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Data yang dikumpulkan meliputi tes hasil belajar dan observasi aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran Generatif. Hasil penelitianData yang dikumpulkan meliputi tes hasil belajar dan observasi aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran Generatif. Hasil penelitian
Useful /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan Metode Role Playing dalam pembelajaran Seni Budaya di Kelas VII-5 SMP Negeri 1 PaturnbakTelah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan Metode Role Playing dalam pembelajaran Seni Budaya di Kelas VII-5 SMP Negeri 1 Paturnbak
POLMAN BABELPOLMAN BABEL Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kombinasi parameter-parameter proses untuk mencapai karakteristik kinerja yang diperlukan dalamTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kombinasi parameter-parameter proses untuk mencapai karakteristik kinerja yang diperlukan dalam
UNUUNU Sebagai novelti, Penulis menggagas Green Investment Acceleration Concept (GIAC) dalam rangka menciptakan iklim investasi berwawasan lingkungan yang terdiriSebagai novelti, Penulis menggagas Green Investment Acceleration Concept (GIAC) dalam rangka menciptakan iklim investasi berwawasan lingkungan yang terdiri
LARPAINSTITUTELARPAINSTITUTE Temuan menunjukkan bahwa pengetahuan yang terbatas tentang anemia serta kepatuhan yang rendah terhadap suplementasi zat besi menjadi faktor utama munculnyaTemuan menunjukkan bahwa pengetahuan yang terbatas tentang anemia serta kepatuhan yang rendah terhadap suplementasi zat besi menjadi faktor utama munculnya