UISUUISU

Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language TeachingLanguage Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching

Selama beberapa dekade, para peneliti di Kurdistan Irak lebih banyak memfokuskan kajian pada mahasiswa, sementara penelitian mengenai gangguan bahasa pada anak-anak Kurdi masih terbatas. Penelitian ini berusaha menjelaskan dan menggambarkan pengaruh faktor‑faktor utama yang berperan dalam mempercepat kemampuan berbicara balita, serta mengidentifikasi gangguan‑gangguan yang muncul pada masa awal belajar berbicara. Metode yang digunakan meliputi kuesioner dan wawancara; sebanyak tiga puluh guru berpartisipasi dalam kuesioner, lima belas guru mengisi bagian demografis, dan tiga ibu terlibat dalam wawancara. Hasil menunjukkan bahwa balita memberikan respons positif terhadap membaca cerita oleh orang tua, yang terbukti membantu kemampuan berbicara mereka. Peran orang tua, khususnya interaksi verbal, terbukti signifikan, begitu pula dampak gender terhadap perkembangan bahasa. Temuan terpenting adalah bahwa penyebutan nama asli benda oleh orang tua secara konsisten dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak, sementara ibu yang lebih komunikatif mampu mempercepat kemampuan berbicara balita dibandingkan dengan orang tua yang kurang berinteraksi verbal.

Penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua yang bekerja lebih sering berbicara dengan balita, sehingga meningkatkan kemampuan berbicara mereka.memberi nama asli pada benda secara konsisten membantu mengurangi gangguan bicara serta meningkatkan pengucapan dan percepatan belajar bahasa.serta anak perempuan cenderung menguasai berbicara lebih cepat daripada anak laki‑laki, dan membaca cerita oleh orang tua memberikan dampak positif yang signifikan pada kemampuan berbicara anak.

Penelitian lanjutan dapat meneliti secara komparatif bagaimana pola komunikasi orang tua yang berbeda status pekerjaan (bekerja vs tidak bekerja) memengaruhi perkembangan bahasa balita dalam konteks sosio‑ekonomi yang beragam, untuk mengidentifikasi strategi komunikasi yang paling efektif. Selanjutnya, penelitian dapat mengevaluasi efektivitas pemberian nama asli benda dalam bahasa ibu dibandingkan dengan pemberian nama bilingual pada pengurangan gangguan bicara dan peningkatan pengucapan, dengan menggunakan desain eksperimental berkelanjutan. Terakhir, studi longitudinal dapat menggali perbedaan gender dalam akuisisi bahasa awal dengan mempertimbangkan faktor budaya, pola asuh keluarga, dan intervensi pendidikan, guna memahami mengapa anak perempuan cenderung menguasai bahasa lebih cepat dan bagaimana intervensi dapat menyeimbangkan perbedaan tersebut.

  1. LEARNING DISABILITY AND SPEECH DISORDER AMONG TODDLERS: A CASE STUDY ON KURDISH PRE-SCHOOL CHILDREN |... jurnal.uisu.ac.id/index.php/languageliteracy/article/view/1693LEARNING DISABILITY AND SPEECH DISORDER AMONG TODDLERS A CASE STUDY ON KURDISH PRE SCHOOL CHILDREN jurnal uisu ac index php languageliteracy article view 1693
  1. #bahasa bali modern#bahasa bali modern
  2. #akuisisi bahasa#akuisisi bahasa
Read online
File size364.01 KB
Pages12
DMCAReport

Related /

ads-block-test