UBBGUBBG

Getsempena English Education JournalGetsempena English Education Journal

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan efektivitas Tugas Menulis Tematik Berrespons dalam pengajaran menulis teks deskriptif untuk mengembangkan kelancaran menulis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan desain pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah 32 mahasiswa semester 2A Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Hamzanwadi tahun ajaran 2021-2022. Tes menulis digunakan untuk mengumpulkan data. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, dan uji-t sampel berpasangan digunakan untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, skor rata-rata pretest adalah 63,28 sementara posttest adalah 78,75. Hal ini menunjukkan bahwa skor rata-rata posttest lebih tinggi dari skor rata-rata pretest. Selain itu, skor sig adalah 0,00 < 0,05, sehingga hipotesis (Ha) penelitian ini diterima. Ini berarti Tugas Menulis Tematik Berrespons secara signifikan efektif dalam mengembangkan kelancaran menulis teks deskriptif siswa. Disarankan agar guru Bahasa Inggris menggunakan Tugas Menulis Tematik Berrespons sebagai teknik alternatif dalam pengajaran menulis.

Berdasarkan temuan, disimpulkan bahwa tugas menulis tematik berrespons signifikan efektif terhadap kemampuan menulis teks deskriptif pembelajar EFL.Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kelancaran menulis teks deskriptif siswa berkembang lebih baik.Respons tersebut memotivasi dan membantu mereka memperbaiki pilihan kata dalam tulisan mereka.

Bagaimana pengaruh umpan balik guru yang berbeda (lisan versus tulis) dalam tugas menulis tematik terhadap motivasi dan kemampuan menulis siswa EFL? Selain itu, perlu diteliti efektivitas model ini pada jenis teks lain seperti narasi atau argumentatif untuk menggeneralisasi hasilnya. Penelitian juga dapat mengkaji pengaruh durasi dan frekuensi pemberian respons terhadap perkembangan jangka panjang kemampuan menulis siswa. Studi komparatif antara metode ini dengan pendekatan pembelajaran kooperatif atau berbasis teknologi akan memberikan wawasan berharga tentang strategi pengajaran menulis yang paling optimal di kelas EFL.

  1. #pengajaran menulis#pengajaran menulis
Read online
File size216.25 KB
Pages7
DMCAReport

Related /

ads-block-test