UNMUNM
International Journal of Language EducationInternational Journal of Language EducationPenelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah kulit pisang sebagai bahan baku pembuatan kertas melalui metode organosolv. Kulit pisang mengandung selulosa tinggi sehingga berpotensi menjadi bahan baku kertas. Metode organosolv menggunakan pelarut etanol 60% pada suhu 170 °C selama 90 menit untuk menghilangkan lignin dan hemiselulosa. Hasil menunjukkan bahwa kertas yang dihasilkan memiliki kekuatan tarik 25,4 MPa, densitas 0,72 g/cm³, dan kadar air 7,8%, yang memenuhi standar kertas grafur. Karakterisasi dengan FTIR dan SEM membuktikan hilangnya lignin dan peningkatan permukaan serat. Kesimpulannya, kulit pisang dapat dimanfaatkan menjadi kertas berkualitas melalui metode organosolv.
Kulit pisang mampu menggantikan kayu sebagai bahan baku kertas.Kondisi organosolv optimum menghasilkan serat selulosa dengan sifat mekanis sesuai standar.Pemanfaatan limbah ini menurunkan pencemaran lingkungan sekaligus menambah nilai ekonomis.
Bisakah kita mencampur limbah kulit pisang dengan serat bambu lokal untuk membuat kertas yang lebih kuat namun tetap ramah lingkungan? Bagaimana jika kita coba ganti etanol dengan bio-etanol hasil fermentasi jerami padi agar prosesnya lebih berkelanjutan? Apakah penambahan enzim xilanase sebelum proses organosolv bisa menurunkan suhu dan waktu reaksi sehingga lebih hemat energi? Tiga ide ini bisa menjadi arah penelitian baru agar industri kertas kecil di desa mampu memproduksi kertas berkualitas dari limah pertanian tanpa modal mesin mahal.
| File size | 194.76 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNMUNM Metode yang digunakan melibatkan eksperimen kontrol di laboratorium dan lapang. Hasil menunjukkan bahwa peningkatan suhu di atas 30°C dan kelembapan relatifMetode yang digunakan melibatkan eksperimen kontrol di laboratorium dan lapang. Hasil menunjukkan bahwa peningkatan suhu di atas 30°C dan kelembapan relatif
UNMUNM Sampel terdiri atas 60 siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri di Bandung yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Data kemampuan pemecahan masalahSampel terdiri atas 60 siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri di Bandung yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Data kemampuan pemecahan masalah
UNMUNM Studi kuasi‑eksperimental ini menunjukkan adanya hubungan kuat antara aktivitas pengajaran berbasis Kecerdasan Majemuk dengan peningkatan pemahaman bacaanStudi kuasi‑eksperimental ini menunjukkan adanya hubungan kuat antara aktivitas pengajaran berbasis Kecerdasan Majemuk dengan peningkatan pemahaman bacaan
UNMUNM Pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap lima pertemuan kelas dan wawancara mendalam terhadap semua siswa. Rekaman disintesis, ditranskripsikan,Pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap lima pertemuan kelas dan wawancara mendalam terhadap semua siswa. Rekaman disintesis, ditranskripsikan,
Useful /
UNMUNM Hasil menunjukkan bahwa meskipun terdapat hubungan signifikan antara tingkat reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa, refleksiHasil menunjukkan bahwa meskipun terdapat hubungan signifikan antara tingkat reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa, refleksi
UNMUNM Kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Empat dimensi kualitas pelayanan yaitu reliability,Kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Empat dimensi kualitas pelayanan yaitu reliability,
UNMUNM Guru menulis sering menghadapi masalah dalam memilih materi yang sesuai bagi siswa. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan 1) hubungan teoretis antaraGuru menulis sering menghadapi masalah dalam memilih materi yang sesuai bagi siswa. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan 1) hubungan teoretis antara
UGMUGM Namun, terdapat keterbatasan dalam ketersediaan infrastruktur teknologi di daerah pedesaan yang memengaruhi penerapan model ini secara merata. Model pembelajaranNamun, terdapat keterbatasan dalam ketersediaan infrastruktur teknologi di daerah pedesaan yang memengaruhi penerapan model ini secara merata. Model pembelajaran