UNMUNM

International Journal of Language EducationInternational Journal of Language Education

Penelitian ini menyelidiki pemanfaatan humor dalam pengajaran Bahasa Inggris di sebuah kursus Bahasa Inggris di Indonesia. Tujuannya adalah mengetahui jenis-jenis humor yang digunakan oleh guru dan menggali perspektif siswa terhadapnya. Desain penelitian kualitatif diterapkan pada satu kelas beranggotakan tujuh siswa dan seorang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap lima pertemuan kelas dan wawancara mendalam terhadap semua siswa. Rekaman disintesis, ditranskripsikan, dan dianalisis menggunakan kerangka Wanzer & Frymier (1999). Hasil penelitian mengidentifikasi beberapa jenis humor yang diimplementasikan, di antaranya humor terkait, humor tidak terkait, humor menyela diri, dan humor tidak terencana, serta dua jenis baru yaitu humor tidak terjawab dan humor peringatan. Semua jenis humor ditemukan memberikan manfaat seperti memudahkan pemahaman materi, menurunkan ketegangan, menciptakan interaksi yang nyaman, meningkatkan antusiasme belajar, memperbanyak partisipasi, dan mengurangi rasa mengantuk. Temuan ini menyarankan guru untuk aktif memanfaatkan humor guna menciptakan interaksi yang efektif dalam pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia.

Studi ini menunjukkan bahwa penggunaan humor oleh guru meningkatkan pemahaman, kenyamanan, dan interaksi positif di kelas Bahasa Inggris.Humor membantu mengurangi ketegangan, meningkatkan antusiasme, serta menurunkan tingkat mengantuk dan meningkatkan partisipasi siswa.Oleh karena itu, humor menjadi strategi efektif bagi pengajar untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif.

Pertimbangkan memperluas studi ini dengan melibatkan lebih banyak guru dan kelas di beragam institusi Bahasa Inggris di Indonesia guna menilai keberagaman jenis humor serta dampak konteksnya. Selangkah berikutnya, lakukan penelitian kualitatif tetap tetapi tambahkan elemen perspektif guru melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif, sehingga dapat dibandingkan persepsi siswa dan guru terkait efektivitas humor. Secara terintegrasi, lakukan penelitian longitudinal dengan melacak nilai akademik dan motivasi belajar siswa selama satu semester menggunakan intervensi humor terstruktur, sehingga dapat memperoleh bukti kuantitatif mengenai perubahan jangka panjang dari penerapan humor dalam pengajaran Bahasa Inggris. Dengan demikian, penelitian lanjutan dapat memperkuat bukti tentang manfaat humor sebagai strategi pedagogikal yang adaptif dan kontekstual di Indonesia.

File size359.25 KB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test