UNMUNM
International Journal of Language EducationInternational Journal of Language EducationPenelitian ini menyelidiki pemanfaatan humor dalam pengajaran Bahasa Inggris di sebuah kursus Bahasa Inggris di Indonesia. Tujuannya adalah mengetahui jenis-jenis humor yang digunakan oleh guru dan menggali perspektif siswa terhadapnya. Desain penelitian kualitatif diterapkan pada satu kelas beranggotakan tujuh siswa dan seorang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap lima pertemuan kelas dan wawancara mendalam terhadap semua siswa. Rekaman disintesis, ditranskripsikan, dan dianalisis menggunakan kerangka Wanzer & Frymier (1999). Hasil penelitian mengidentifikasi beberapa jenis humor yang diimplementasikan, di antaranya humor terkait, humor tidak terkait, humor menyela diri, dan humor tidak terencana, serta dua jenis baru yaitu humor tidak terjawab dan humor peringatan. Semua jenis humor ditemukan memberikan manfaat seperti memudahkan pemahaman materi, menurunkan ketegangan, menciptakan interaksi yang nyaman, meningkatkan antusiasme belajar, memperbanyak partisipasi, dan mengurangi rasa mengantuk. Temuan ini menyarankan guru untuk aktif memanfaatkan humor guna menciptakan interaksi yang efektif dalam pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia.
Studi ini menunjukkan bahwa penggunaan humor oleh guru meningkatkan pemahaman, kenyamanan, dan interaksi positif di kelas Bahasa Inggris.Humor membantu mengurangi ketegangan, meningkatkan antusiasme, serta menurunkan tingkat mengantuk dan meningkatkan partisipasi siswa.Oleh karena itu, humor menjadi strategi efektif bagi pengajar untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif.
Pertimbangkan memperluas studi ini dengan melibatkan lebih banyak guru dan kelas di beragam institusi Bahasa Inggris di Indonesia guna menilai keberagaman jenis humor serta dampak konteksnya. Selangkah berikutnya, lakukan penelitian kualitatif tetap tetapi tambahkan elemen perspektif guru melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif, sehingga dapat dibandingkan persepsi siswa dan guru terkait efektivitas humor. Secara terintegrasi, lakukan penelitian longitudinal dengan melacak nilai akademik dan motivasi belajar siswa selama satu semester menggunakan intervensi humor terstruktur, sehingga dapat memperoleh bukti kuantitatif mengenai perubahan jangka panjang dari penerapan humor dalam pengajaran Bahasa Inggris. Dengan demikian, penelitian lanjutan dapat memperkuat bukti tentang manfaat humor sebagai strategi pedagogikal yang adaptif dan kontekstual di Indonesia.
| File size | 359.25 KB |
| Pages | 16 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNMUNM Penelitian dilaksanakan di Jurusan Kebidanan Poltekkes Mataram, Indonesia, melibatkan mahasiswa, dosen Bahasa Inggris, dosen bidang studi, dan manajemen.Penelitian dilaksanakan di Jurusan Kebidanan Poltekkes Mataram, Indonesia, melibatkan mahasiswa, dosen Bahasa Inggris, dosen bidang studi, dan manajemen.
UNMUNM Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara perilaku reflektif guru EFL dan keyakinan mereka tentang pembelajaran dan pengajaran bahasa.Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara perilaku reflektif guru EFL dan keyakinan mereka tentang pembelajaran dan pengajaran bahasa.
UNMUNM Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran genre karakter multistatus sosial pada mata kuliah Speaking di Program Studi Bahasa Jawa UniversitasPenelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran genre karakter multistatus sosial pada mata kuliah Speaking di Program Studi Bahasa Jawa Universitas
UNMUNM Instrumen yang digunakan terutama instrumen manusia dan dokumentasi. Hasil tinjauan pustaka yang ekstensif menunjukkan bahwa 1) salah satu ciri utama Content-BasedInstrumen yang digunakan terutama instrumen manusia dan dokumentasi. Hasil tinjauan pustaka yang ekstensif menunjukkan bahwa 1) salah satu ciri utama Content-Based
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), terdiri dari measurement model dan structural model melalui program Analysis of MomentTeknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), terdiri dari measurement model dan structural model melalui program Analysis of Moment
UNMUNM Model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Peningkatan ini ditandai dengan nilai n-gainModel pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Peningkatan ini ditandai dengan nilai n-gain
UNMUNM Kulit pisang mampu menggantikan kayu sebagai bahan baku kertas. Kondisi organosolv optimum menghasilkan serat selulosa dengan sifat mekanis sesuai standar.Kulit pisang mampu menggantikan kayu sebagai bahan baku kertas. Kondisi organosolv optimum menghasilkan serat selulosa dengan sifat mekanis sesuai standar.
UNMUNM Fusarium menyebar optimal dalam kondisi panas dan lembap, sehingga pengendalian lingkungan menjadi kunci. Penerapan pengeringan tanaman saat malam hariFusarium menyebar optimal dalam kondisi panas dan lembap, sehingga pengendalian lingkungan menjadi kunci. Penerapan pengeringan tanaman saat malam hari