UNIBUNIB

Journal of Applied Linguistics and LiteratureJournal of Applied Linguistics and Literature

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan log pendengaran melalui WhatsApp terhadap pemahaman mendengarkan siswa EFL di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Palangka Raya. Pemahaman mendengarkan siswa dikategorikan rendah yang menghambat kemampuan mereka dalam bahasa Inggris. Kemudian dilakukan percobaan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam keterampilan mendengarkan dengan menggunakan log pendengaran melalui aplikasi WhatsApp di smartphone. Percobaan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan membuat grup belajar WhatsApp dengan mengundang siswa untuk bergabung dengan grup tersebut. Percobaan ini diadakan selama tiga minggu yang melatih empat aspek pemahaman mendengarkan: (1) mengidentifikasi ide-ide utama atau inti utama, (2) mengidentifikasi detail pendukung, (3) mengidentifikasi suasana hati pesan, dan (4) mengembangkan kosakata baru. Terdapat 40 siswa (24 perempuan dan 16 laki-laki) yang memenuhi sampel penelitian yang diambil dari siswa EFL tahun kedua program studi bahasa Inggris di Universitas Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pra-eksperimen dengan memilih jenis desain satu kelompok pretest-posttest. Hasil evaluasi pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon Signed-ranks dengan analisis statistik dua sampel terkait untuk mengetahui signifikansi dari eksperimen yang diberikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa latihan mendengarkan melalui log pendengaran di WhatsApp memberikan peningkatan signifikan dalam pemahaman mendengarkan bagi peserta didik EFL.

Studi pra-eksperimen ini mengindikasikan bahwa dengan latihan mendengarkan melalui log pendengaran di WA, terdapat beberapa peningkatan signifikan dalam pemahaman mendengarkan yang dilakukan oleh peserta didik EFL.Secara umum, skor rata-rata peserta didik EFL dalam pemahaman mendengarkan meningkat secara signifikan setelah perlakuan.Dengan demikian, disarankan agar WA dapat digunakan untuk membantu peserta didik EFL dalam kegiatan mendengarkan ekstensif bersama dengan log pendengaran karena WA adalah media aplikasi paling populer di smartphone saat ini dalam hal menyampaikan pesan dan berbagi informasi.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi lebih dalam tentang bagaimana desain listening logs yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan listening comprehension, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti jenis audio yang digunakan, frekuensi pemberian tugas, dan umpan balik yang diberikan. Studi juga dapat difokuskan untuk menguji efektivitas penggunaan listening logs melalui WhatsApp pada konteks pembelajaran yang berbeda, misalnya pada tingkatan pendidikan yang lebih tinggi atau dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan khusus (ESP). Selain itu, perlu diteliti lebih lanjut mengenai pengaruh penggunaan listening logs terhadap motivasi dan otonomi belajar siswa, serta bagaimana teknologi lain selain WhatsApp dapat diintegrasikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan personal.

  1. Journal of Applied Linguistics and Literature. listening logs whatsapp improving students joall journal... ejournal.unib.ac.id/joall/article/view/6773Journal of Applied Linguistics and Literature listening logs whatsapp improving students joall journal ejournal unib ac joall article view 6773
  1. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
  2. #bahasa inggris siswa#bahasa inggris siswa
File size393.45 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test