IDEBAHASAIDEBAHASA

IdeBahasaIdeBahasa

Kebanyakan pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing di tingkat pemula menghadapi beberapa masalah dalam belajar bahasa Inggris. Mereka melakukan berbagai jenis kesalahan dan kekeliruan dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang disebabkan oleh pengetahuan tata bahasa yang kurang baik. Kebanyakan siswa menganggap bahwa tata bahasa sulit, sehingga motivasi mereka untuk belajar bahasa Inggris juga rendah. Selain itu, masalah dalam pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Inggris tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan umum dalam penggunaan tenses bahasa Inggris oleh siswa EFL di semester pertama di Universitas Putera Batam. Analisis data mencakup kategorisasi kesalahan tata bahasa berdasarkan teori Krashen (1982) di mana kesalahan tata bahasa dikategorikan sebagai bentuk kata kerja, preposisi, artikel, pluralitas, waktu, kata ganti, pertanyaan, dan urutan kata. Instrumen yang digunakan adalah tes tenses bahasa Inggris dasar dan data diambil dari 50 siswa. Sumber data diambil dari hasil tes siswa itu sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa adalah (1) Persetujuan subjek – auxiliar, (2) Kesalahan kata ganti atau subjek salah, sementara kata kerja auxiliar atau kata kerja benar, (3) Kata kerja auxiliar benar sementara kata kerja masih ditambahkan –es/s, (4) Kata kerja auxiliar salah dalam kalimat, (5) Subjek ganda dalam kalimat, (6) Kalimat tidak memiliki subjek atau kata kerja. Berdasarkan hasilnya, dapat disimpulkan bahwa beberapa kesalahan yang dibuat siswa disebabkan oleh ketidakmampuan mereka untuk memahami pola tenses bahasa Inggris secara penuh. Oleh karena itu, siswa harus diberikan lebih banyak perhatian dan motivasi untuk belajar berbagai tenses secara benar.

Berdasarkan analisis kesalahan umum yang dilakukan siswa, dapat dikatakan bahwa mereka memiliki masalah dalam menguasai dan memahami tata bahasa meskipun telah belajarnya.Masalah-masalah ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor seperti metode pengajaran yang tidak tepat, pengajaran yang mungkin membosankan karena diajarkan secara serius dan statis, serta situasi kompetitif yang dibuat siswa yang membuat motivasi rendah bagi siswa berprestasi rendah.Namun, motivasi adalah faktor penting yang memengaruhi pencapaian siswa dalam pengajaran bahasa Inggris di perguruan tinggi.

Untuk mengembangkan penelitian ini, satu ide riset baru adalah mengeksplorasi bagaimana pengintegrasian teknologi seperti aplikasi pembelajaran berbasis AI dapat mengurangi kesalahan tenses pada siswa EFL di universitas, dengan fokus pada studi longitudinal untuk mengukur dampak jangka panjang terhadap motivasi dan akurasi penggunaan grammar. Ide penelitian lanjutan selanjutnya melibatkan perbandingan antar budaya, yaitu menginvestigasi apakah pola kesalahan tenses yang serupa terjadi pada siswa EFL dari negara Asia Tenggara lain, dengan merancang studi komparatif untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan yang dapat membantu menyusun kurikulum tata bahasa yang lebih efektif. Selain itu, penelitian baru dapat dikembangkan untuk mengkaji role teacher training dalam mengatasi interlingual errors, dengan melakukan intervensi eksperimental dimana guru dilatih metode komunikatif terbaru dan dampaknya dievaluasi secara kuantitatif pada kemajuan siswa selama satu semester penuh, sehingga memberikan wawasan praktis untuk institusi pendidikan seperti Universitas Putera Batam. Pendekatan ini dapat melengkapi temuan saat ini yang berfokus pada analisis kesalahan dari tes kualitatif, dengan memperluas metodologi untuk mencakup survei motivasi dan observasi kelas langsung guna menjawab tantangan metode pengajaran yang statis dan kurang bervariasi. Dengan kombinasi itu, riset lanjutan bisa bertujuan untuk merancang model hybrid pembelajaran grammar yang menggabungkan saran dari penelitian sebelumnya tentang pentingnya aspek leksikal, sambil menguji efektivitasnya melalui uji kontrol random pada kelompok siswa tetap, untuk akhirnya mengatasi hambatan interlingual yang umum dihadapi siswa Indonesia.

  1. #pembelajaran bahasa jawa#pembelajaran bahasa jawa
  2. #tata bahasa lokal#tata bahasa lokal
Read online
File size575.95 KB
Pages10
DMCAReport

Related /

ads-block-test