IDEBAHASAIDEBAHASA
IdeBahasaIdeBahasaKebanyakan pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing di tingkat pemula menghadapi beberapa masalah dalam belajar bahasa Inggris. Mereka melakukan berbagai jenis kesalahan dan kekeliruan dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang disebabkan oleh pengetahuan tata bahasa yang kurang baik. Kebanyakan siswa menganggap bahwa tata bahasa sulit, sehingga motivasi mereka untuk belajar bahasa Inggris juga rendah. Selain itu, masalah dalam pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Inggris tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan umum dalam penggunaan tenses bahasa Inggris oleh siswa EFL di semester pertama di Universitas Putera Batam. Analisis data mencakup kategorisasi kesalahan tata bahasa berdasarkan teori Krashen (1982) di mana kesalahan tata bahasa dikategorikan sebagai bentuk kata kerja, preposisi, artikel, pluralitas, waktu, kata ganti, pertanyaan, dan urutan kata. Instrumen yang digunakan adalah tes tenses bahasa Inggris dasar dan data diambil dari 50 siswa. Sumber data diambil dari hasil tes siswa itu sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa adalah (1) Persetujuan subjek β auxiliar, (2) Kesalahan kata ganti atau subjek salah, sementara kata kerja auxiliar atau kata kerja benar, (3) Kata kerja auxiliar benar sementara kata kerja masih ditambahkan βes/s, (4) Kata kerja auxiliar salah dalam kalimat, (5) Subjek ganda dalam kalimat, (6) Kalimat tidak memiliki subjek atau kata kerja. Berdasarkan hasilnya, dapat disimpulkan bahwa beberapa kesalahan yang dibuat siswa disebabkan oleh ketidakmampuan mereka untuk memahami pola tenses bahasa Inggris secara penuh. Oleh karena itu, siswa harus diberikan lebih banyak perhatian dan motivasi untuk belajar berbagai tenses secara benar.
Berdasarkan analisis kesalahan umum yang dilakukan siswa, dapat dikatakan bahwa mereka memiliki masalah dalam menguasai dan memahami tata bahasa meskipun telah belajarnya.Masalah-masalah ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor seperti metode pengajaran yang tidak tepat, pengajaran yang mungkin membosankan karena diajarkan secara serius dan statis, serta situasi kompetitif yang dibuat siswa yang membuat motivasi rendah bagi siswa berprestasi rendah.Namun, motivasi adalah faktor penting yang memengaruhi pencapaian siswa dalam pengajaran bahasa Inggris di perguruan tinggi.
Untuk mengembangkan penelitian ini, satu ide riset baru adalah mengeksplorasi bagaimana pengintegrasian teknologi seperti aplikasi pembelajaran berbasis AI dapat mengurangi kesalahan tenses pada siswa EFL di universitas, dengan fokus pada studi longitudinal untuk mengukur dampak jangka panjang terhadap motivasi dan akurasi penggunaan grammar. Ide penelitian lanjutan selanjutnya melibatkan perbandingan antar budaya, yaitu menginvestigasi apakah pola kesalahan tenses yang serupa terjadi pada siswa EFL dari negara Asia Tenggara lain, dengan merancang studi komparatif untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan yang dapat membantu menyusun kurikulum tata bahasa yang lebih efektif. Selain itu, penelitian baru dapat dikembangkan untuk mengkaji role teacher training dalam mengatasi interlingual errors, dengan melakukan intervensi eksperimental dimana guru dilatih metode komunikatif terbaru dan dampaknya dievaluasi secara kuantitatif pada kemajuan siswa selama satu semester penuh, sehingga memberikan wawasan praktis untuk institusi pendidikan seperti Universitas Putera Batam. Pendekatan ini dapat melengkapi temuan saat ini yang berfokus pada analisis kesalahan dari tes kualitatif, dengan memperluas metodologi untuk mencakup survei motivasi dan observasi kelas langsung guna menjawab tantangan metode pengajaran yang statis dan kurang bervariasi. Dengan kombinasi itu, riset lanjutan bisa bertujuan untuk merancang model hybrid pembelajaran grammar yang menggabungkan saran dari penelitian sebelumnya tentang pentingnya aspek leksikal, sambil menguji efektivitasnya melalui uji kontrol random pada kelompok siswa tetap, untuk akhirnya mengatasi hambatan interlingual yang umum dihadapi siswa Indonesia.
| File size | 575.95 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
POLNAMPOLNAM Pada aspek terakhir, kepuasan diri, siswa tidak dalam kepuasan yang sangat rendah, tetapi mereka juga tidak dalam kepuasan tinggi untuk belajar bahasaPada aspek terakhir, kepuasan diri, siswa tidak dalam kepuasan yang sangat rendah, tetapi mereka juga tidak dalam kepuasan tinggi untuk belajar bahasa
MIFTAHUL ULUMMIFTAHUL ULUM Kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil mendirikan Gugus Depan Pramuka melalui pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) yang mencakup limaKegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil mendirikan Gugus Depan Pramuka melalui pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) yang mencakup lima
STAISAMSTAISAM Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik. Dengan bahasaHasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik. Dengan bahasa
ELTAORGANIZATIONELTAORGANIZATION Artikel ini juga menjelaskan penggunaan permainan edukatif berbasis Android sebagai salah satu inovasi pengajaran yang menyenangkan guna mendukung guruArtikel ini juga menjelaskan penggunaan permainan edukatif berbasis Android sebagai salah satu inovasi pengajaran yang menyenangkan guna mendukung guru
UNISLAUNISLA Ia sering menggunakan kata great karena kosakatanya rendah, ia bingung memahami orang lain, ia mengalami echolalia, artikulasinya terlambat, dan ia menyukaiIa sering menggunakan kata great karena kosakatanya rendah, ia bingung memahami orang lain, ia mengalami echolalia, artikulasinya terlambat, dan ia menyukai
IDEBAHASAIDEBAHASA Fiksi populer adalah karya yang tidak bisa dilepaskan dari penonton dan formula khusus sehingga dapat menjadi tempat pelarian dari semua kelelahan manusiaFiksi populer adalah karya yang tidak bisa dilepaskan dari penonton dan formula khusus sehingga dapat menjadi tempat pelarian dari semua kelelahan manusia
IDEBAHASAIDEBAHASA Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif yang membandingkan teks sumber (Wikipedia Indonesia) dan teks target (Wikipedia Inggris). TokohPenelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif yang membandingkan teks sumber (Wikipedia Indonesia) dan teks target (Wikipedia Inggris). Tokoh
UNSIQUNSIQ Konsep inilah yang sebetulnya menentukan fungsi dan kehadiran alun-alun di pulau Jawa. Yang menjadikan hal ini lebih menarik lagi untuk dijadikan sebagaiKonsep inilah yang sebetulnya menentukan fungsi dan kehadiran alun-alun di pulau Jawa. Yang menjadikan hal ini lebih menarik lagi untuk dijadikan sebagai
Useful /
POLNAMPOLNAM Game Online juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan anak maupun jiwa seseorang, yang mendominasi memainkan game online adalah kalanganGame Online juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan anak maupun jiwa seseorang, yang mendominasi memainkan game online adalah kalangan
PTTIPTTI Aktivitas ini berhasil meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi di kalangan anak-anak PAUD Pereng Dawe. Hal ini menjadiAktivitas ini berhasil meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi di kalangan anak-anak PAUD Pereng Dawe. Hal ini menjadi
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Setelah melakukan penelitian dengan beberapa data yang diperoleh, maka peneliti menyimpulkan bahwa transliterasi nilai-nilai pendidikan moral agama yangSetelah melakukan penelitian dengan beberapa data yang diperoleh, maka peneliti menyimpulkan bahwa transliterasi nilai-nilai pendidikan moral agama yang
STAISAMSTAISAM Siswa dilibatkan dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga mereka merasa senang dan nyaman dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dapat ditempuhSiswa dilibatkan dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga mereka merasa senang dan nyaman dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dapat ditempuh